5 Skill yang Harus Kamu Kuasai untuk Menjadi Market Analyst

skill yang harus dikuasai market analyst
Pengembangan Diri

Selain memiliki peran penting, untuk mengisi posisi ini setidaknya kamu harus menguasai beberapa skill yang harus dimiliki oleh setiap market analyst seperti market research, competitor research hingga pengolahan data.

Dengan banyaknya skill yang harus dikuasai, tidak heran jika untuk menjadi seorang market analyst memerlukan persiapan yang matang.

Dalam artikel ini, setidaknya kamu akan belajar tentang skill yang harus dimiliki oleh market analyst,

Skill Market Analyst

skill market analyst yang harus dikuasai

#1. Data Analyst

Sebagai Market Analyst, kamu akan sering sekali berurusan dengan data dan informasi penting yang harus diolah dan dianalisis. Oleh karena itu, kamu harus memahami teknik analisis data, termasuk bagaimana mengumpulkan data yang akurat dan valid, serta menggali informasi dari data yang ada dan menyajikan data tersebut untuk pengambilan keputusan.

#2. Eksperimen Desain

Kamu perlu memahami bagaimana membuat dan menguji sebuah desain atau ide untuk meningkatkan kinerja bisnis. Dalam hal ini, kamu sangat perlu memahami prinsip-prinsip desain dan teknik pengujian yang tepat.

Baca Juga : Mengenal Market Analyst, Tugas, Hingga Skill yang Dibutuhkan

#3. Membuat dan Melaporkan

Seorang Market Analyst harus mampu membuat laporan dan presentasi yang jelas dan mudah dimengerti. Hal ini memerlukan kemampuan dalam pengorganisasian informasi, analisis data, serta kemampuan berkomunikasi yang efektif. Setiap pelaporan yang dilakukan akan menjadi pertimbangan dalam pengambilan keputusan terbaik.

#4. Forecasting

Kemampuan dalam meramalkan (forecasting) sangat penting bagi seorang Market Analyst. Kamu harus mampu mengidentifikasi tren dan pola dalam data serta memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan. Skill ini sangat diperlukan untuk mempersiapkan kemungkinan yang akan terjadi sehingga akan meningkatkan peluang kesuksesan dalam sebuah strategi marketing.

#5. SQL

Selain soft skill, seorang market analyst harus menguasi setidaknya software pengolahan data. Seorang Market Analyst harus memiliki pemahaman yang baik tentang bahasa pemrograman SQL untuk memanipulasi dan mengolah data dalam skala besar. Hal ini akan membantu dalam proses pengolahan data.

#6. Project Management

Kemampuan project management hampir sangat diperlukan untuk banyak posisi, salah satunya adalah market analyst. Kamu harus mampu merencanakan dan mengelola proyek secara efisien dan efektif. Hal ini akan meningkatkan kesuksesan dalam project yang sedang dijalankan.

Selain itu dengan adanya skill project management ini akan lebih mudah dalam proses pembuatan strategi marketing campaign yang akan dijalankan.

#7. Market Research

Seorang Market Analyst harus memahami bagaimana melakukan riset pasar untuk mendapatkan informasi dan data yang akurat dan valid. Hal ini meliputi pemahaman tentang metode riset, teknik pengambilan sampel, serta kemampuan analisis data yang baik.

Data yang didapatkan kemudian akan diolah untuk disajikan dalam sebuah laporan yang digunakan dalam proses pengambilan sebuah keputusan.

Baca Juga : Apa itu Market Research , Ini dia Penjelasan Lengkapnya

#8. Creative

Terakhir, seorang Market Analyst harus kreatif dan berpikiran terbuka. Kamu harus mampu berpikir di luar kotak, menemukan ide-ide baru, serta menciptakan solusi yang inovatif dan efektif untuk membantu perusahaan untuk mencapai tujuannya.

Dalam dunia bisnis yang semakin kompleks dan kompetitif, memiliki keterampilan sebagai seorang Market Analyst sangatlah penting. Dengan mengembangkan keterampilan dan kemampuan yang tepat, kamu dapat membangun karir yang sukses dan membantu perusahaan dalam mencapai kesuksesan jangka panjang.

Dengan pentingnya posisi tersebut maka meningkatkan skill merupakan hal yang sangat penting. Terdapat berbagai macam cara untuk menjadi seorang market analyst, kamu dapat mulai dengan belajar fundamental mengenai market analyst hingga metode cara market research.

Kamu dapat belajar melalui artikel atau mengikuti kursus yang menyediakan kelas market analyst. Arkademi merupakan lembaga pelatihan yang sudah teruji dan terdapat ratusan kelas didalamnya termasuk kelas market analyst.

Dalam kursus market analyst kamu akan belajar mulai dari fundamental hingga metode yang digunakan untuk market research. Skill yang kamu dapatkan akan sangat berguna untuk membantu kamu dalam mendaptkan karir impian sebagai seorang market analyst.