Portofolio Project Manager : Tips dan Cara Membuatnya

Contoh portofolio project manager
Pengembangan Diri

Sebagai orang yang ingin berkarir sebagai project manager, membuat portofolio yang menarik dan informatif dapat menjadi kunci untuk membuat recruiter lebih tertarik dengan kamu. Namun, membuat portofolio yang efektif bisa menjadi tantangan tersendiri.

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat portofolio project manager yang efektif dan menarik.

Untuk membuat portofolio yang menarik, kamu harus mempertimbangkan beberapa poin. Berikut ini merupakan tips cara membuatnya

Masukkan Foto Profil

Gambar profil adalah elemen penting yang dapat meningkatkan kredibilitas kamu. Pastikan foto yang kamu gunakan terlihat profesional dan menyampaikan kepribadian kamu dengan baik.

Gunakan foto terbaik yang kamu punya karena itu akan membuat impression kamu menjadi awal yang baik.

Masukan Detail Kontak

Pastikan informasi kontak kamu ditampilkan dengan jelas di halaman portofolio kamu. Ini memudahkan orang untuk menghubungi kamu dan memberikan kesempatan untuk melakukan percakapan pribadi tentang proyek yang ingin mereka kerjakan.

Kamu bisa menambahkan detail kontak ini di akhir portofolio kamu. Jangan lupa juga untuk lampirkan akun yang dapat menunjang pekerjaan kamu.

Baca Juga : Cara Menjadi Project Manager Dari Pemula (Panduan Project Manager)

Buatlah deskripsi diri kamu semenarik mungkin

Deskripsi diri harus menyoroti keterampilan dan pengalaman kerja kamu. Pastikan deskripsi singkat, padat dan menarik untuk dibaca.

Buat deskripsi yang dapat meyakinkan recruiter tetapi juga tidak melebih-lebihkan. Deskripsi diri yang baik akan memberikan kesan yang baik dimata recruiter.

Sertakan proyek yang telah kamu kerjakan

Daftar proyek yang telah kamu kerjakan memberikan gambaran yang jelas tentang pengalaman kerja kamu. Pastikan untuk memberikan informasi tentang proyek, termasuk jenis proyek, ruang lingkup dan durasi.

Gambarkan secara singkat mengenai proyek yang kamu kerjakan sehingga recruiter dapat memahami hal itu secara singkat.

Jelaskan setiap fase proyek

Jangan lupa untuk mendeskripsikan setiap langkah proyek yang sedang kamu kerjakan. Ini akan memberi kamu pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana mengelola dan berhasil menyelesaikan proyek.

Ikuti kursus untuk menambah portofolio kamu

Memperbarui keterampilan kamu dengan kursus manajemen proyek menambah nilai portofolio kamu. Selain itu, kamu akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru yang dapat membantu kamu mewujudkan proyek baru.

CTA Project Management

Dengan mengikuti tips di atas, kamu dapat membuat portofolio manajer proyek yang efektif dan menarik. Pastikan portofolio kamu memberikan gambaran yang jelas tentang pengalaman dan keahlian kamu sebagai manajer proyek, merinci fase proyek yang kamu kerjakan.