Perjalanan Karier Ajeng Larrasati Menjadi Seorang Supply Chain

pelatihan prakerja supply chain
Prakerja

Ajeng Larrasati telah menjadi inspirasi bagi banyak orang yang ingin mengejar karier di dunia Supply Chain. Ia memiliki perjalanan karier yang inspiratif dan penuh pencapaian. Dari awal kariernya melalui daftar Prakerja hingga menjadi ahli dalam manajemen rantai pasokan.

Menjadi seorang profesional dalam dunia Supply Chain adalah sebuah perjalanan yang penuh tantangan, namun juga membawa prestasi yang memuaskan. 

Tugas dan tanggung jawab yang kompleks menjadikan pekerjaan dalam rantai pasokan ini sebagai ujian sejati bagi keahlian dan ketangguhan seseorang. Inilah kisah perjalanan karier yang menginspirasi dari Ajeng.

Perjalanan Singkat Karier Ajeng Larrasati

Ajeng Larrasati merupakan seorang Supply Chain yang memiliki pengalam kerja lebih dari 5 tahun. Sebagai lulusan marketing management, Ajeng memiliki dasar pengetahuan yang kuat untuk berkarier sebagai seorang supply chain.

Ajeng memulai kariernya menjadi seorang Barista selama 1 tahun di perusahaan Anomali Coffee. Selama di perusahaan tersebut Ajeng memiliki job deskripsi untuk menjadi kasir, membuat makanan dan minuman yang ada di Anomali Coffee. Singkat waktu Ajeng memutuskan pindah kerja untuk mencari pengalaman baru sebagai seorang supply chain internship. 

Dari sinilah pengalaman kerja sebagai seorang supply chain Ajeng di mulai. Di posisi ini Ajeng menjadi seorang specialist di bidang purchasing officer. Sebagai seorang  purchasing officer Ajeng bertanggung jawab untuk mengerjakan:

  1. Memastikan kebutuhan perusahaan yang harus dibeli
  2. Memastikan setiap apapun yang dibeli harus disetujui oleh manajemen
  3. Menjaga hubungan baik dengan vendor
  4. Mediasi pembayaran dan memastikan pembayaran tepat waktu
  5. Dokumentasi invoice, faktur, purchase order atau work order
  6. Memastikan barang tiba dengan kondisi baik dan tepat waktu

Dengan pengalaman yang lebih dari 5 tahun tersebut di berbagai industri, Ajeng Larrasati saat ini menjadi seorang mentor di Arkademi. Untuk memberikan informasi seputar supply chain.

Baca Juga: Kisah Alumni Prakerja: Merintis Karir Sebagai Front-end Developer

Tips Menjadi Seorang Supply Chain

Menjadi seorang profesional di bidang Supply Chain bukanlah tugas yang mudah, tetapi dengan beberapa langkah yang tepat, Arkawan dapat meraih kesuksesan dalam karier ini. Berikut adalah 7 tips yang dapat membantumu menjadi seorang Supply Chain:

1. Pahami Seluk-Beluk Supply Chain

Sebelum memulai karier dalam Supply Chain, penting untuk memahami secara mendalam bagaimana setiap tahap dan komponen bekerja. Pahami peran masing-masing elemen untuk membangun dasar yang kuat.

2. Kembangkan Keterampilan Analitis

Kemampuan untuk menganalisis data dengan cermat sangat penting dalam Supply Chain. Pelajari keterampilan analitis untuk membuat keputusan berdasarkan informasi yang akurat dan relevan.

3. Bangun Jaringan dan Hubungan yang Kuat

Jalin hubungan dengan sesama profesional di industri ini. Partisipasi dalam acara networking, seminar, dan konferensi dapat membantu Anda membangun jaringan yang berharga dan mendapatkan wawasan baru.

4. Terapkan Teknologi Terkini

Manfaatkan kemajuan teknologi untuk meningkatkan efisiensi Supply Chain. Pelajari dan terapkan perangkat lunak serta solusi teknologi terkini yang dapat meningkatkan proses operasional.

5. Kuasai Keterampilan Komunikasi

Seorang ahli Supply Chain harus memiliki keterampilan komunikasi yang kuat. Bekerja sama dengan tim, pemasok, dan mitra bisnis memerlukan komunikasi yang efektif dan jelas.

6. Selalu Belajar dan Beradaptasi

Industri Supply Chain terus berkembang. Selalu terbuka untuk belajar dan beradaptasi dengan perubahan. Pemahaman yang mendalam tentang tren terkini akan membuat Anda tetap relevan.

7. Investasikan Diri dalam Pendidikan yang Relevan

Pendidikan adalah kunci untuk kesuksesan. Ambillah kursus atau gelar yang relevan dengan manajemen Supply Chain untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik dan meningkatkan peluang karier.

Salah satunya, kamu bisa mengikuti kursus Supply Chain Management yang tersedia di Arkademi Prakerja. Melalui pelatihan ini akan memberikan mengenai Supply Chain Management beserta strateginya. 

Baca Juga: Pelatihan Prakerja: Cara Daftar 2024 dan Pelatihan yang Tersedia

Apa Saja yang Akan Dipelajari dalam Kursus Supply Chain?

Salah satu kelebihan Prakerja Arkademi adalah pendekatannya yang praktis dan fokus pada pengalaman lapangan. Ajeng tidak hanya belajar tentang konsep-konsep supply chain, tetapi juga terlibat dalam studi kasus nyata di dunia industri.

Supply Chain Management adalah suatu bentuk sistem organisasi yang bertujuan untuk menyalurkan produk maupun jasa kepada konsumen. Supply Chain dianggap sebagai logistic network yang mampu menghubungkan mata rantai yang saling terkait antara manufacturer, suppliers, retail outlets, distribution dan customers. 

Berikut adalah 5 hal utama yang akan kamu pelajari saat mengikuti kursus Supply Chain di Arkademi:

  1. Pengenalan Manajemen Rantai Pasok
  2. Penjelasan Strategi Manajemen Rantai Pasok
  3. Penjelasan tentang Forecasting
  4. Penjelasan Manajemen Inventori
  5. Penjelasan Perencanaan Distribusi

Dengan menyelesaikan pelatihan ini kamu dapat memahami mengenai dasar rantai pasok, membuat perhitungan economic order quantity, serta membuat perhitungan reorder point dengan tepat dan teliti.

Sudah Siap untuk Menjadi Seorang Supply Chain

Itulah cerita perjalanan Ajeng Larrasati saat memulai karirnya dengan daftar Prakerja Arkademi, hingga menjadi seorang Supply Chain yang sangat menginspiratif.

Setiap kesuksesan, pasti ada usaha dan proses panjang yang perlu dilewati. Karenanya, penting untuk selalu menginvestasikan diri dalam pelatihan atau kursus yang relevan.

Jadi, apakah Arkawan sudah siap menjadi seorang Supply Chain? Mulailah dengan mengikuti kursus Supply Chain Management di Arkademi Prakerja!