1. Home
  2. Kewirausahaan
  3. 7 Tokoh Wirausahawan di bidang Kerajinan yang Sukses Ini Bisa Dicontoh

7 Tokoh Wirausahawan di bidang Kerajinan yang Sukses Ini Bisa Dicontoh

Kewirausahaan
sangat menginspirasi, ini tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses

Wirausahawan menjadi pekerjaan menggiurkan selama pandemi ini, dan dari era ke era sangat dibutuhkan untuk perputaran ekonomi, apalagi di zaman digital ini, kita perlu yang namanya inovatif, salah satunya di tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses dalam mencapai hal tersebut.

Untuk menjadi wirausahawan kerajinan yang sukses, kita perlu yang namanya belajar terus dalam mengembangkan usaha. Kita juga bisa mencontoh perjalanan wirausahawan sukses yang berkaitan dengan ini. Dari situ, banyak hal bermanfaat yang bisa kita ambil.

7 Tokoh Wirausahawan di bidang Kerajinan yang Sukses

Berikut ini adalah contoh tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses:

1. Dewi Tanjung Sari

Dewi Tanjung Sari adalah salah satu tokoh wirausahawan yang mana memiliki cara unik dalam membangun bisnisnya, tepatnya di bidang kerajinan.

Kerajinan ini, berasal dari sampah daun yang berserakan di jalan. Ia telah memulai karir sejak tahun 2003, saat masih kuliah.

Kreativitas yang ia miliki, membuat produk sampah jadi berguna dan menjadi produk souvenir yang unik. Mulai dari bingkai foto, undangan pernikahan, hingga produk unik lainnya.

Ia juga mempromosikan karyanya di berbagai pameran hingga ke luar negeri. Tahun 2005, ia mampu mengekspor produknya.

Baca Juga : 5 Langkah Membuat Usaha Makanan Kekinian Tanpa Modal

2. Diah Rahmalita

Tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses, bisa kamu temukan di tokoh ini, Diah Rahmalita. Fokus wirausahanya, lebih ke lukisan yang dibuat dari bahan daur ulang.

Usaha ini cukup lama, sekitar tahun 2007 sudah merintis. Sampai sekarang masih eksis dengan keunikan produknya.

Cukup dengan modal 1 juta rupiah, ia sudah bisa membuat karya sebagus itu. Medium-medium yang ada menjadi hiasan menarik dan cantik untuk dipajang. Barang dari daur ulang ini serasa produk baru beli. Banyak yang mendukung produk ini mulai dari pembeli hingga pemerintah.

3. Komang Adi

Temukan tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses, di tokoh ini. Iya, Komang Adi namanya, ia fokus menjual produk kerajinan berupa lukisan karya sendiri.

Ia sudah berpengalaman dalam melukis, sejak kecil. Ia lanjut pendidikan ke sekolah Seni Rupa yang ada di Bali. Kemudian setelah lulus berbisnis.

Komang Adi memanfaatkan wisatawan yang ada disana, Bali, dengan mempromosikan karyanya. Mengembangkan usaha ini memang tidak mudah, karena tergantung jumlah dari wisatawan itu sendiri.

Karyanya bersifat autentik, ia punya galeri sendiri dan produknya terkenal sampai ke luar negeri.

4. Titik Winarti

Tokoh wirausahawan yang sukses di bidang kerajinan, adalah Titik Winarti. Ia berhasil menjadi perwakilan Indonesia dalam forum resmi yang diadakan PBB karena berhasil dalam memperkerjakan komunitas difabel di usaha yang ia geluti, berupa kerajinan tangan.

Ia sudah tertarik dengan dunia kerajinan tangan sejak kecil, dan setelah masa pendidikannya ia mulai berbisnis usaha tersebut.

Produk yang dibuat macam-macam, mulai dari tas, souvenir, dan lain sebagainya. Usaha yang dirintis ia namai dengan Tiara Handycraft.

5. Made Sutayama

Tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses dan kisahnya cukup menarik adalah Made Sutayama. Ia merintis bisnisnya dari nol, dan pernah punya pengalaman bekerja di galeri seni.

Dari situ, ia berinisiatif dalam membangun usaha sendiri di bidang furniture. Sebelumnya ia belajar akan hal itu.

Furniture yang dihasilkan mempunyai desain yang cantik. Bahan dari kayu bekas hingga jadi barang yang bernilai. Karyanya pun menarik para wisatawan asing.

Semakin berkembang, ia mulai mempekerjakan ibu-ibu di sekitar lokasi usaha. Produk sudah terjual sampai ke luar negeri, tepatnya Eropa.

6. Naomi Susilowati Setiono

Naomi Susilowati Setiono, wanita mandiri dengan usaha bisnisnya yang terkenal berupa Batik. Ia ingin memajukan Batik Lasem, sebagai Batik asli milik Indonesia.

Batiknya bernilai tinggi, dan mampu bersaing di dalam negeri maupun luar negeri. Perjuangannya pasti terbilang sangat besar.

Dimulai dari peristiwa ia diusir dari rumah, kemudian ia merantau ke Kabupaten Kudus sejak remaja, usia 20 tahun-an.

Ia bekerja serabutan dan akhirnya meneruskan usaha orang tuanya yang mereka geluti hingga sekarang. Ia mengerahkan pengrajin Batik disana dan selama hidup ia jadi pemimpin.

Baca Juga : Ingin Membuat Bisnis Menjadi Viral? Ikuti Cara Berikut Ini Dijamin Sukses

7. Valkrisda Caresti

Valkrisda Caresti, adalah salah satu wirausahawan muda yang bergelut pada kerajinan limbah kain atau kertas. Ia lahir di Surabaya di tahun 1996 (di tahun ke-26 sekarang). Limbah yang ada, nantinya dibuat menjadi Scrapbook maupun produk hiasan berupa album atau sejenisnya.

Ide usaha dimulai dari hobinya yang suka memberikan sesuatu yang unik saat temannya sedang ulang tahun atau ada acara spesial.

Dari situ, usaha bisnis mulai dipikirkan karena banyak yang suka dengan karyanya. Niat ia berbisnis, karena dari situ ia bisa membantu banyak orang.

Itulah penjelasan mengenai tokoh-tokoh wirausahawan di bidang kerajinan yang sukses untuk dicontoh. Seorang pengusaha harus memiliki jiwa yang kuat dan pantang menyerah karena tidak mudah untuk menjadi pengusaha yang sukses.

Oleh karena itu penting sekali untuk menerapkan strategi supaya usaha kita terhindar dari potensi kebangkrutan.

Di Arkademi, kami menyediakan kursus untuk Anda yang ingin memulai usaha yang pastinya akan sangat bermanfaat untuk perkembangan bisnis kedepan.

Semoga bermanfaat kedepannya. 

Rekomendasi