3 Perbedaan Market Analyst dan Market Researcher yang Perlu Diketahui

Perbedaan market analyst dan market research. intip apa saja yang beda
Pengembangan Diri

Walau terlihat sama, nyatanya market analyst dan market research memiliki perbedaan.

Untuk sementara ini terdapat perbedaan mendasar antara market analyst dan market research. Market research hanya berfokus untuk pengumpulan data baik secara primer atau sekunder.

Sedangkan market analyst memiliki tujuan yang lebih luas, yaitu melakukan analisis menggunakan data yang sudah terkumpul dengan tujuan kepentingan perusahaan.

Secara sederhana, market research merupakan bagian dari market analyst yang berfokus untuk melihat perkembangan pasar sehingga dapat membantu perusahaan.

Dalam artikel ini, kamu akan memahami dengan jelas perbedaan antara market analyst dan market research,

Perbedaan Market Analyst dan Market Research

Perbedaan market research dan market 
 analyst yang perlu diketahui

Market analyst dan market research merupakan hal yang berbeda, tetapi harus bekerja secara bersama-sama. Jika market research berfokus untuk mencari data, maka market analyst difokuskan untuk menganalisa data tersebut.

Berikut ini merupakan perbedaan mendasar antara market analyst dan market research yang perlu kamu ketahui.

Definisi

#Apa itu Market Analyst

Berbeda dengan market research, Market analyst memiliki peran yang lebih besar. Market analyst merupakan proses melakukan analisis dalam sebuah marketing yang bertanggung jawab secara menyeluruh dari mulai pengumpulan data, analisis informasi hingga pengumpulan data.

Market analisis berperan penting terhadap sebagai pertimbangan pengambilan keputusan yang akan membantu pertumbuhan perusahaan kedepannya.

Beberapa masalah yang harus dijawab dalam melakukan market analyst :

Market Size : Market size adalah mengukur seberapa besar pasar saat ini dan berapa pasar yang dikuasai oleh perusahaan-perusahaan besar. Ini akan menentukan bagaimana perusahaan menentukan posisi pasar.

Trend : Trend sangat berpengaruh terhadap perkembangan pasar. Fungsi lainnya dari melakukan market research adalah untuk melihat trend yang ada pada pasar saat ini. Sebuah perusahaan yang harus mengikuti trend pasar yang ada supaya tidak tertinggal dengan kompetitor lainnya.

Regulasi pasar : Regulasi pasar berarti melakukan analisis terhadap pengaruh peraturan politik atau kepemimpinan terhadap perkembangan sebuah industri.

Baca Juga : 7 Rekomendasi Market Research tools dan Kenapa itu Penting

#Apa itu Market Research

Market research mempunyai fokus untuk mendapatkan informasi mengenai pasar khususnya pelanggan dan calon pelanggan potensial supaya strategi yang diterapkan sesuai dengan target audience.

Berikut ini yang akan didapatkan saat melakukan market research :

Perilaku pembelian : Market research dapat melihat bagaimana cara pelanggan mengetahui  merk kita, bagaimana pelanggan memutuskan untuk membeli dan lainnya.

Preferensi pelanggan : Preferensi pelanggan berfungsi untuk melihat bagaimana akhirnya pelanggan memutuskan untuk membeli berdasarkan pertimbangan yang ada.

Sentimen pelanggan : Sentimen pelanggan digunakan untuk melihat bagaimana cara pelanggan melihat merk kita. Apa yang membuat merk kita bisa bersaing dengan merk-merk lain.

Baca Juga : 5 Tahapan Cara Melakukan Market Research, Apa saja ?

Ruang Lingkup Kerja

Kedua fungsi ini memiliki peran yang sangat penting dalam marketing, tetapi masih memiliki perbedaan yang bisa dilihat dari ruang lingkup kerjanya.

#Tugas Market Analyst

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa peran market analyst memiliki tugas yang lebih kompleks meliputi analisis data hingga pelaporan. Berikut ini merupakan beberapa tugas dari seorang market analyst :

  • Melakukan kompetitor analys
  • Melihat trend dan prediksi trend yang akan muncul
  • Menilai aktivitas pemasaran yang dijalankan.

#Tugas Market Research

Berbeda dengan market analyst, market research lebih berfokus untuk mendapatkan dan mengumpulkan data dari pasar dan pelanggan untuk kemudian dianalisis faktor yang menjadi penyebab pelanggan memutuskan untuk membeli sebuah produk.

Manfaat

Market analyst dan market research memiliki peran yang sama pentingnya dalam marketing, berikut ini merupakan beberapa manfaatnya :

 #Manfaat Market Analyst

Market analyst memiliki manfaat yang sangat penting bagi kelangsungan dan pertumbuhan perusahaan. Berikut merupakan manfaat dari market analyst :

  • Mengembangkan model bisnis : Model bisnis merupakan pondasi dalam sebuah bisnis. Dengan adanya market analyst mampu membantu membuat model bisnis yang kuat sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan perusahaan.
  • Memenuhi permintaan pasar : Pasar selalu memiliki masalah dan permintaan. Dengan adanya market analyst akan mampu mengetahui permintaan yang ada dalam pasar sehingga sangat bermanfaat untuk menjawab kebutuhan pasar.
  • Melihat peluang : Dengan adanya market analyst dapat melihat peluang yang terdapat pasar, selain itu juga dapat melihat peluang dari adanya kompetitor analyst. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk pertumbuhan perusahaan.

 #Manfaat Market Research 

Setelah mengetahui manfaat market analyst, berikut ini merupakan manfaat adanya market research :

  • Menguji kelayakan produk : Dengan adanya market research dapat menjadi jawaban mengenai apakah sebuah produk dapat menjawab kebutuhan dari pelanggan. Hal ini penting karena sebuah produk akan gagal jika tidak dapat menjawab masalah pelanggan.
  • Mendapatkan pelanggan baru : Untuk mendapatkan pelanggan baru merupakan hal yang sangat memerlukan biaya, dengan adanya market research kamu akan meningkatkan efektifitas untuk mendapatkan pelanggan baru dengan produk yang bagus.
  • Meningkatkan Kepuasan Pelanggan : Kepuasan pelanggan merupakan hal yang sangat penting untuk sebuah perusahaan, semakin tinggi tingkat kepuasan pelanggan maka semakin bagus pula produk yang dihasilkan. Selain itu dengan tingginya tingkat kepuasan akan semakin meningkatkan peluang untuk adanya retensi.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara market analsyt dan market research, market research merupakan bagian  dari market analyst yang memiliki jangkauan yang lebih luas. Salain itu perbedaan market analyst dan market research dapat dilihat pada manfaat dan tujuan yang didapatkan.

Belajar market analyst saat ini sangat diperlukan untuk yang ingin berkarir dalam posisi ini. Apabila kamu ingin belajar lebih dalam mengenai market analyst kamu dapat mengikuti kursus market analyst atau dapat melihatnya melalui link dibawah ini.

Kursus Market Analyst