1. Home
  2. Persiapan Kerja
  3. Perbedaan Jurnalis dan Wartawan, Jangan Sampai Salah

Perbedaan Jurnalis dan Wartawan, Jangan Sampai Salah

Persiapan Kerja
perbedaan jurnalis dan wartawan

Kenali Perbedaan Jurnalis dan Wartawan

Jurnalis dan wartawan merupakan profesi yang berkecimpung di bidang jurnalistik. Kedua profesi tersebut sering kali dianggap sama. Namun ada juga yang berpendapat bahwa ketiganya memiliki tugas yang berbeda.

Lantas apa perbedaan jurnalis dan wartawan? Yuk simak artikel berikut.

Apa Itu Jurnalis dan Wartawan

Adapun perbedaan jurnalis dan wartawan di jelaskankan sebagai berikut.

Pengertian Jurnalis

Menurut KBBI, jurnalis adalah orang yang bekerja untuk mengumpulkan dan menulis berita dalam surat kabar dan lainnya.

Jurnalis dapat didefinisikan sebagai orang yang pekerjaannya mengumpulkan berita dan menulisnya untuk dipublikasikan di media massa cetak maupun elektronik.

Pengertian Reporter

Menurut KBBI, reporter adalah orang yang menyusun laporan berita. Dapat diartikan, reporter merupakan orang yang bekerja untuk melaporkan informasi atau berita mengenai peristiwa yang terjadi.

Reporter akan bertugas dilapangan untuk melakukan liputan berita dan melaporkannya ke publik baik secara cetak, online, atau melalui media elektronik seperti televisi dan radio.

Perbedaan Jurnalis dan Wartawan

Menurut UU No. 40 Tahun 1999 tentang pers, wartawan adalah orang yang melakukan aktivitas jurnalistik secara rutin. Wartawan bekerja untuk mencari dan menyusun berita untuk dipublikasikan dalam surat kabar, radio, majalah, televisi, ataupun internet.

Perbedaan jurnalis dan wartawan hanya terletak pada istilahnya saja. Kedua profesi ini memiliki tugas jurnalistik yang hampir sama.

Ruang Lingkup Kerja

Ruang lingkup pekerjaan jurnalis sering dianggap kecil. Hal itu karena dahulu seorang jurnalis hanya dapat menulis di kolom jurnal. Namun saat ini jurnalis dapat menulis berita di media massa manapun.

Sedangkan wartawan memiliki ruang lingkup kerja yang lebih luas. Hal ini karena tugas yang dimiliki seorang wartawan tidak hanya bertumpu pada mengumpulkan dan menyusun berita.

Seorang wartawan dapat bekerja menjadi pimpinan redaksi, editor, redaktur pelaksana, dan kontributor.

Penempatan Kerja

Penempatan kerja antara jurnalis dan wartawan sangat berbeda. Jurnalis akan bekerja mengumpulkan dan menulis menulis informasi yang didapatkan untuk di publish ke media elektronik.

Sedangkan wartawan bekerja langsung ke kalangan masyarakat untuk mendapatkan informasi dari narasumber secara langsung.

Tertarik untuk bekerja di bidang jurnalistik? Arkademi siap membantu kamu untuk terjun ke dalam dunia jurnalistik untuk dapat menghasilkan berita yang berkualitas.

Materi yang dikemas di pelatihan jurnalistik Arkademi disampaikan langsung oleh Pepih Nugraha yang merupakan seorang wartawan senior di surat kabar Kompas sekaligus pendiri Kompasiana.com.

Rekomendasi