Market Share : Definisi, Fungsi, hingga Cara Meningkatkannya

Mengetahui market share
Pengembangan Diri

Market share digunakan untuk memberikan gambaran seberapa besar, kuat, atau pentingnya bisnis dalam sektor tertentu. Kamu dapat menghitung pangsa pasar dengan mengambil total penjualan dan membagi angka tersebut dengan total penjualan seluruh sektor atau pasar di mana kamu menjual produk tersebut.

Perusahaan yang mempertahankan pangsa pasar selama waktu tertentu sedang meningkatkan pendapatannya sejalan dengan pesaingnya. Namun, peningkatan menunjukkan peningkatan pendapatan yang lebih cepat akan menjadi pemimpin pasar.

Market share sangat penting bagi bisnis dalam mempertahankan keuntungan bisnisnya, berikut ini merupakan pengertian market share dan kenapa penting bagi bisnis

Pengertian market share

Market share atau pangsa pasar adalah salah satu indikator penting dalam dunia bisnis. Indikator ini memberikan gambaran seberapa besar bisnis di pasar dan seberapa besar pengaruhnya terhadap industri tertentu. Dalam pengertian yang sederhana, market share adalah persentase penjualan bisnis dibandingkan dengan total penjualan seluruh bisnis di pasar yang sama.

Mengetahui market share bisa membantu kamu memahami posisi bisnis dalam industri, seberapa besar pengaruhnya terhadap pasar, serta memperkirakan potensi pertumbuhan bisnis di masa depan. Dengan mengetahui market share, Kamu juga dapat membandingkan kinerja bisnis Anda dengan pesaing di pasar.

Fungsi Market Share

Selain sebagai indikator posisi bisnis di pasar, market share juga memiliki fungsi lain dalam mengukur pertumbuhan dan keberhasilan bisnis kamu. Dalam jangka panjang, bisnis yang berhasil mempertahankan atau meningkatkan market share-nya dapat dikatakan sukses dalam memperluas pangsa pasar dan menghasilkan pendapatan yang lebih besar.

Namun, perlu diingat bahwa tidak selalu penting untuk memenangkan pangsa pasar yang paling besar di pasar. Hal ini karena strategi bisnis yang berbeda bisa menghasilkan tingkat keuntungan yang berbeda pula. Sebuah bisnis bisa memilih untuk fokus pada pangsa pasar yang lebih kecil namun menghasilkan keuntungan yang lebih besar, daripada fokus pada pangsa pasar yang besar namun margin keuntungannya lebih rendah.

Baca Juga : Market Penetration : Definisi, Kenapa penting untuk Bisnis dan Strateginya

Cara Meningkatkan Market Share

Meningkatkan market share adalah tujuan yang diinginkan oleh semua bisnis. Dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif, perlu adanya strategi khusus untuk bisa mengembangkan pangsa pasar. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan market share bisnis : 

Menemukan niche terbaru

Dengan menemukan niche terbaru, Anda dapat menargetkan segmen pasar yang belum banyak dilirik oleh pesaing dan menghasilkan keuntungan yang lebih besar. Untuk menemukan niche terbaru, kamu bisa melakukan riset pasar dan memahami tren serta kebutuhan konsumen yang baru muncul.

Mengetahui kompetitor langsung

Mengenal dan memahami kompetitor langsung juga sangat penting dalam meningkatkan market share bisnis. Dengan mengetahui kompetitor langsung, kamu dapat mengetahui kelemahan dan kekuatan bisnis dibandingkan dengan pesaing. Dalam hal ini, kamu bisa melakukan riset pesaing, membandingkan produk dan layanan yang ditawarkan, serta memperhatikan strategi pemasaran yang dilakukan oleh pesaing.

Inovasi produk

Inovasi produk juga merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan market share bisnis. Dengan melakukan inovasi produk, kamu bisa menarik minat konsumen untuk mencoba produk yang baru dan berbeda dari produk pesaing. Selain itu, inovasi produk juga bisa membantu meningkatkan kualitas produk dan memberikan nilai tambah pada produk kamu.

Melakukan engage dengan konsumen

Dengan melakukan engage, kamu dapat membangun hubungan yang baik dengan konsumen, meningkatkan kepercayaan konsumen pada bisnis, dan membantu mempromosikan produk atau layanan bisnis. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan media sosial, mengadakan acara atau promo khusus, serta memperhatikan dan merespon umpan balik dari konsumen.

Meningkatkan market share sangat penting untuk bisnis, oleh karena itu dengan mengetahui market share kamu akan lebih berpeluang untuk mencapai kesuksesan bisnis.

Ketahui pemahaman mengenai pasar dengan mengikuti kursus market analyst di Arkademi dan dapatkan skill terbaru untuk mendepatkan pekerjaan impianmu.