Market Penetration : Definisi, Kenapa penting untuk Bisnis dan Strateginya

manfaat market penetration
Dari Arkademi

Sebelum membahas lebih dalam mengenai market penetration, setidaknya kamu harus memahami terlebih dahulu mengenai gambaran dari market itu sendiri.

Sebagai gambaran, kamu merupakan seorang pebisnis yang menjual sebuah mainan anak, setelah dilakukan research dan analisis ternyata terdapat setidaknya 5000 anak yang tertarik untuk membeli mainan tersebut. Dari 5000 anak tersebut ternyata kamu hanya mampu menjual sebanyak 1000 mainan.

Dari penggambaran diatas dapat disimpulkan bahwa market penetration kamu adalah sebanyak 20%.

Setelah memahami contoh diatas, setidaknya kamu sudah mendapat gambaran mengenai apa itu market penetration. Dalam artikel ini selanjutnya kamu akan memahami mengenai pengertian, alasan kenapa market penetration penting untuk bisnis dan bagaimana cara melakukan market penetration.

Apa Itu Market Penetration

Dilansir dari hubspot, “market penetration adalah jumlah total produk atau layanan yang berhasil terjual kepada pelanggan jika dibandingkan dengan jumlah besarnya market yang ada”.

Dengan adanya market penetration diharapkan akan ada strategi yang digunakan dalam mencapai pertumbuhan perusahaan dan meningkatkan pangsa pasar produk atau layanan tersebut.

Kamu dapat mengukur tingkat efektifitas dari market penetration dengan menggunakan market penetration rate. Dilansir dari airfocus.com, market penetration rate dijelaskan sebagai persentase dari jumlah pelanggan atau pasar yang dikuasai oleh suatu perusahaan atau produk dalam pasar yang sudah ada. Tingkat penetrasi pasar dapat dihitung dengan menghitung jumlah pelanggan yang membeli produk atau layanan perusahaan dibagi dengan total jumlah pelanggan di pasar.

Kenapa Market Penetration Penting Untuk Bisnis

Market penetration penting bagi bisnis karena membantu perusahaan untuk meningkatkan pangsa pasar dan keuntungan mereka, selain itu dengan adanya market penetration perusahaan akan lebih mengembangkan strategi yang paling efektif untuk meningkatkan penjualan.

Berikut ini merupakan beberapa alasan kenapa market penetration penting untuk bisnis :

Mengembangkan strategi : Strategi dalam bisnis khususnya marketing merupakan hal yang sangat penting. Dengan adanya strategi maka dalam proses marketing akan lebih jelas sehingga peluang mencapai kesuksesan semakin tinggi.

Positioning yang lebih baik : Jika kamu merupakan pendatang baru dalam sebuah pasar maka menentukan positioning adalah hal yang wajib dan sangat penting. Sebagai pendatang baru akan sangat sulit untuk bersaing dengan kompetitor yang sudah memiliki pelanggan.

Meningkatkan penjualan : Manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan dengan adanya market penetration adalah dapat meningkatkan penjualan. Dengan market penetration kamu akan melakukan evaluasi mendalam dan merubah strategi yang lebih efektif sehingga peluang untuk meningkatkan penjualan lebih tinggi.

Baca Juga :

Strategi dalam Market Penetration

market penetration adalah hal yang penting untuk bisnis

Berikut ini merupakan beberapa strategi yang bisa kamu lakukan dalam market penetration

#1. Ubah Harga

Strategi pertama yang bisa kamu coba adalah mengubah harga. Kamu dapat menggunakan diskon, kode voucher atau promo untuk mengikat audience agar membeli produk.  Dengan membeli produk tersebut diharapkan pelanggan dapat merasakan produk kamu sehingga peluang untuk melakukan pembelian ulang meningkat.

#2. Membuat Produk Baru

Strategi kedua adalah dengan cara membuat produk baru. Dengan membuat produk baru diharapkan pelanggan akan tertarik untuk membeli sehingga dapat meluaskan pangsa pasar.

#3. Ubah target geography

Kamu dapat memperluas wilayah target dengan memasarkan produk atau layanan ke wilayah baru yang belum terjamah sebelumnya, selain itu kamu juga dapat mengubah target geografi sebelumnya sehingga peluang pelanggan untuk membeli produk meningkat.

Baca Juga : Pengertian dan Contoh Inbound Marketing

#4. Bekerja sama dengan partner

Bekerja sama dengan partner merupakan strategi yang perlu dicoba. Kamu dapat melakukan kolaborasi mengenai campaign marketing atau menciptakan sebuah produk baru yang akan meningkatkan peluang untuk memperluas pangsa pasar.

#5. Inovasi Produk

Selain membuat produk baru, kamu juga dapat mencoba untuk melakukan inovasi terhadap produk yang sudah ada. Kamu dapat mengembakan produk dengan menambahkan fitur terbaru sehingga dapat menjawab masalah pelanggan. Dengan adanya inovasi produk akan semakin meningkatkan peluang dalam mencapai pelanggan baru.

#6. Membuat Marketing Campaign

Membuat kampanye pemasaran yang kreatif akan dapat membantu meningkatkan penetrasi pasar. Gunakan berbagai macam channel untuk mendekatkan diri kepada setiap pelanggan.

#7. Promosi dan Iklan

Membuat kampanye promosi yang efektif dapat membantu meningkatkan penetrasi pasar. Kamu dapat menggunakan iklan, diskon, atau penawaran khusus untuk menarik pelanggan. Gunakan ide kreatifmu untuk menciptakan iklan atau penawaran yang berkesan.

#8. Investasi dalam Sales

Sales merupakan tujuan akhir dari setiap strategi pemasaran. Kamu dapat meningkatkan skill jualanmu untuk mendapatkan pelanggan lebih banyak. Semakin meningkatnya jumlah penjualan maka itu berarti semakin sukses penetrasi pasar yang dilakukan.

Market penetration merupakan hal yang sangat penting bagi setiap bisnis. Dengan adanya market penetration semakin meningkatkan peluang untuk perusahaan dalam mencapai kesuksesan.

Dengan belajar mengenai market penetration, kamu dapat berkarir dalam dunia marketing khususnya market analyst, kamu dapat menjadi market analyst dengan diawali dengan mengikuti kursus market analyst di Arkademi