1. Home
  2. Karier
  3. Manfaat Pentingnya Mengambil Sertifikasi Profesional untuk Menunjang Karirmu

Manfaat Pentingnya Mengambil Sertifikasi Profesional untuk Menunjang Karirmu

Karier Sertifikasi
kelas sertifikasi

Kamu termasuk orang yang selalu mengambil sertifikasi profesional? Jika ya, maka langkahmu sudah tepat! Sertifikasi sangat bermanfaat bagi keberlangsungan karirmu. Sertifikasi Profesional adalah suatu lisensi yang membuktikan tingkat keahlian dan wawasan seseorang pada bidang profesi tertentu, biasanya dokumen kredensial ini dikeluarkan oleh Lembaga Resmi baik Swasta maupun Pemerintah. Yuk kita simak 6 manfaat dari Sertifikasi Profesional versi Arkademi.

 

1. Meningkatkan kredibilitas

 

Jika kamu baru memulai karir, sertifikasi dapat membantu kamu untuk memiliki lisensi diri untuk melamar pekerjaan di bidang apapun. Tak hanya memiliki ijazah Pendidikan Tinggi, sertifikasi keahlian juga membuktikan bahwa Profesi yang kamu jalani telah mendapat pengakuan dari Lembaga Resmi. Sertifikasi membuktikan bahwa kamu telah memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan dari profesi kamu saat ini. Umumnya Perusahaan lebih menyukai kandidat pelamar yang sudah memiliki bukti kredensial keahlian, karena hal ini menjadi nilai tambah bagi kandidat.

 

2. Meningkatkan nilai kompetitif

 

Sertifikasi Profesional bermanfaat sebagai nilai kompetitif dari seorang pekerja. Sebelum mengambil sertifikasi profesional, setidaknya kamu harus mengikuti kursus, dan training persiapan terlebih dahulu. Dengan mempelajari ilmu dan berbagai keahlian, tentunya kamu akan juga meningkatkan skill dan kompetensi di bidang profesi tersebut. Rekruter lebih melirik seorang kandidat yang rajin mengikuti training. Kamu juga akan lebih percaya diri ketika mengerjakan hal baru dari atasan, sehingga lebih siap bersaing dengan kandidat maupun rekan kerja lainnya. Artinya, kamu memiliki nilai tambah dari segi kualitas dan keahlian kerja.

 

3. Menunjukan preferensi

 

Tentunya jenis sertifikasi keahlian yang kamu ambil harus sesuai dengan tujuan karir dan keahlian profesi yang kamu geluti. Misalnya jika kamu seorang akuntan, maka kamu harus mengambil sertifikasi pajak untuk menjadi bukti kredensial bahwa kamu memiliki kapabilitas di bidang pajak. Setelah itu kamu dapat melampirkan sertifikat keahlian di profil Linkedin. Para rekruter yang melihatnya akan tahu bahwa kamu ahli di bidang profesi tersebut.

 

4. Meningkatkan pendapatan

 

Selain meningkatkan keahlian dan kompetensi di bidang profesi, kamu juga memiliki peluang pendapatan lebih tinggi. Seiring dengan kompetensi profesional yang kamu miliki, kamu memiliki nilai kompetitif yang semakin meningkat. Hal ini memberimu kesempatan untuk gaji yang lebih tinggi, karena kamu akan dikenal sebagai expert atau pakar. Jumlah pendapatan bagi seseorang di level pemula dan expert pastinya akan berbeda.

 

5. Menjadi konsultan independen

 

Meraih sertifikasi keahlian dari berbagai lembaga resmi akan menunjukan kredensial keahlianmu secara profesional. Tentunya ini akan membuka peluang untuk menjadi seorang trainer atau konsultan. Sertifikasi keahlian tak hanya berguna untuk melamar pekerjaan, tetapi juga membuka peluangmu sebagai konsultan independen. Misalnya kamu bisa menjadi trainer atau speakers di berbagai acara Workshop atau pelatihan.

Itulah berbagai manfaat dari sertifikasi keahlian. Apakah kamu tertarik untuk mengambil pelatihan sertifikasi, tapi bingung untuk ikut pelatihan dimana? Arkademi adalah solusinya! Arkademi menyediakan ratusan pelatihan sertifikasi profesional dari berbagai lembaga resmi. Mulai dari sertifikasi Pajak, K3, Akuntansi, dan masih banyak lagi, cek pilihan pelatihannya Disini. Segera daftarkan dirimu sekarang, bersama Arkademi #PastiBisa. 

Rekomendasi