1. Beranda
  2. Pengembangan Diri
  3. 9 Manfaat Belajar Edit Video Dalam Karir yang Perlu Diketahui

9 Manfaat Belajar Edit Video Dalam Karir yang Perlu Diketahui

peluang karir menjadi video editor
Pengembangan DiriTeknologi

Editing video menjadi salah satu aktivitas yang cukup digemari bagi seluruh kalangan saat ini, terutama golongan millennial. Aktivitas ini menjadi hobi baru bagi masyarakat sejak konten visual mulai digemari dan viral.

Ternyata terdapat banyak manfaat belajar edit video, salah satunya adalah membuka peluang karir. Saat ini, video menjadi karya visual yang banyak disukai oleh banyak audiens. Selain itu profesi video editor menjadi salah satu profesi yang banyak dibutuhkan dalam industri.

Peluang Karir Jika Memiliki Skill Editing Video

peluang karir video editor yang menjanjikan

Memiliki skill editing video memberikan kesempatan untuk mendapatkan uang melalui hobi. Manfaat belajar edit video cukup banyak, adapun peluang karir yang dapat diraih jika memiliki skill editing antara lain:

Freelance Video Editor

Freelance merupakan pekerjaan yang populer. Hal ini karena freelance dikenal sebagai pekerjaan yang fleksibel. Seorang video editor freelance tidak terikat dengan perusahaan, biasanya profesi ini akan menawarkan jasa editing video kepada pelanggan dan membuat video sesuai dengan keinginan mereka.

Konten Kreator

Konten Kreator adalah seseorang yang membuat konten sesuai dengan yang diinginkan. Misalnya konten edukasi ataupun hiburan. Biasanya konten yang dibawakan akan menjadi ‘branding’ bagi kreator, selain itu konten yang dibuat akan dibagikan melalui media sosial seperti TikTok, Instagram, YouTube, dan lainnya. Pekerjaan ini dapat menjadi pekerjaan tetap ataupun sampingan.

Web Editor Video

Web editor video merupakan seseorang yang bertugas untuk mengerjakan film berdurasi pendek yang akan dipublikasikan ke web.

Editor Film

Editor film merupakan pekerjaan yang tugasnya mengumpulkan video yang kemudian akan disusun, diberikan efek suara, dan elemen lainnya sesuai dengan skenario dan instruksi dari sutradara.

TV Studio Editor

Profesi ini akan bekerja pada studio TV secara real-time dengan beralih antar kamera, audio, menambahkan overlay garis, serta elemen lain yang dibutuhkan pada saat acara live disiarkan.

Editor Video Acara

Profesi ini hampir sama seperti freelancer. Pekerjaan yang dilakukan ini biasanya akan dilakukan dalam acara wisuda, ulang tahun, wisuda, dan acara lain yang ingin diabadikan dengan kamera.

Animator

Seorang animator harus memiliki keterampilan tambahan dalam editing video. Keterampilan tersebut berupa dengan membuat grafik gerak dan tambahan efek serta sentuhan pada akhir video.

Motion Graphic

Motion graphic memiliki tugas untuk menggabungkan film dan desain grafis menjadi satu keseluruhan. Hal ini dapat dilakukan dengan menggabungkan elemen-elemen seperti animasi 2D, 3D, film, video, ilustrasi, musik, fotografi, dan tipografi.

Baca Juga : 7 Cara Menjadi Editor Video dari Awal

Kenapa Harus Belajar Edit Video

Memiliki kemampuan editing video akan memberikan peluang untuk mendapatkan pekerjaan atau dapat menyalurkan hobi yang memberikan keuntungan. Selain itu manfaat belajar edit video adalah memberikan keindahan pada dokumentasi dimasa lalu. Adapun manfaat belajar edit video bagi editor adalah sebagai berikut.

Lebih mudah dijangkau Audience

Pada era digitalisasi saat ini, video merupakan salah satu media yang digunakan untuk melakukan promosi di tv ataupun media sosial. Video akan menjelaskan informasi lebih detail tentang produk dengan penyampaian yang menarik sehingga audiens akan memiliki gairah untuk membeli produk yang dipromosikan.

Konten Video Saat ini Banyak Digemari

Video saat ini menjadi konten yang populer digunakan dan mudah diakses dalam genggaman ataupun media lainnya. Banyak audiens menyukai konten video berupa film pendek, series, konten Youtube, konten Tiktok, dan lainnya. Sangat penting bagi editor untuk menjaga kualitas video agar audiens semakin menyukai konten yang dibuat.

Mudah Diterima Oleh Audience

Video akan dapat menghidupkan suasana. Artinya, audiens dapat merasakan apa yang disampaikan oleh tim produksi melalui pesan dalam video. Konten yang menarik tentunya akan mudah diterima dan digemari oleh banyak audiens.

Tempat Belajar Video Editor

Untuk mulai belajar editing video, kamu dapat belajar otodidak ataupun mengikuti kursus.

Kursus

Kursus merupakan salah satu cara untuk mulai belajar editing video. Dengan mengikuti kursus, peserta akan diberikan pelatihan secara langsung oleh mentor yang berpengalaman dan ahli di bidangnya. Selain itu, peserta juga akan mendapatkan pendalaman materi dan cara mempraktekannya sehingga akan meningkatkan keterampilan tiap individunya. Kemudian, materi yang disampaikan akan lebih mudah untuk dipahami dibandingkan dengan belajar sendiri.

Baca Juga : 9 Skill Video Editor yang Wajib Dimiliki Pemula

YouTube

YouTube merupakan media yang dapat digunakan untuk belajar editing video. Banyak konten yang akan membantu kamu untuk memahami editing secara mendalam. Belajar melalui YouTube sangat praktis dan fleksibel, kamu dapat belajar dimana saja dan kapan saja.

Nah, setelah mengetahui apa saja manfaat belajar editing video, jika kamu tertarik untuk belajar lebih mendalam mengenai editing video kamu dapat mengikuti kursus online. Arkademi merupakan kursus online dengan sertifikasi resmi untuk para pekerja dan profesional Indonesia dalam meningkatkan karir dan keahlian.

Arkademi memiliki Kursus Video Editor Profesional dengan Adobe Premiere yang fleksibel. Kurus ini akan membantu kamu untuk meningkatkan kualitas diri untuk mampu bersaing di industri dengan sertifikat elektronik kredibel sebagai bukti keahlian pada bidang video editor.

Skill untuk jadi video editor

 

Rekomendasi