Jenjang Karir Market Analyst, Tertarik Mencobanya ?

jenjangkarir market analyst
Pengembangan Diri

Seorang market analyst sangat berguna bagi perusahaan dalam membantu membuat inisiatif strategi pemasaran mereka. Peran market analyst merupakan hal yang mempunyai fleksibilitas tinggi, peran ini dapat membantu perusahaan dalam pembuatan strategi pemasaran atau hanya memberikan dukungan saja.

Tergantung dengan perusahaannya, peran market analyst memiliki tugas dan fungsi berbeda di setiap perusahaan. Peran ini juga memiliki jenjang karir yang sangat bagus, dimulai dari associate hingga manager.

Berikut ini merupakan jenjang karir market analyst yang perlu diketahui sebelum kamu memutuskan untuk terjun kedalam peran ini .

Apa Itu Market Analyst

Market analyst merupakan seorang yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam analisis pasar dan pemasaran. Tugas utama dari seorang market analyst adalah membantu perusahaan atau organisasi dalam mengembangkan strategi pemasaran yang efektif dan berdasarkan data yang terkumpul dalam market research.

Untuk menjadi seorang market analyst, setidaknya kamu harus memiliki latar belakang pendidikan yang kuat di bidang pemasaran, ekonomi, atau bisnis. Selain itu, kemampuan analitis yang baik dan pengetahuan tentang teknologi informasi juga sangat diperlukan karena pekerjaan ini akan sangat berhubungan dengan pengolahan data.

Kenapa Harus Menjadi Market Analyst

Ada beberapa alasan kenapa market analyst merupakan sebuah profesi yang menjanjikan. Berikut ini merupakan beberapa alasan kenapa kamu harus menjadi seorang market analyst :

Peluang karir yang bagus : Peran ini memiliki peluang karir yang luas memberikan kesempatan untuk berkembang dan mengeksplorasi berbagai bidang khususnya marketing. Selain itu peran ini juga sangat dibutuhkan di berbagai macam industri.

Gaji yang tinggi : Dengan peran yang sangat penting tidak heran jika banyak perusahaan yang berani membayar tinggi untuk posisi ini. karir sebagai market analyst menawarkan gaji yang menarik karena merupakan profesi yang sangat dibutuhkan di berbagai sektor industri

Tantangan yang menarik : Analisis pasar dan pemasaran merupakan bidang yang selalu berkembang dan selalu menantang. Seorang market analyst harus selalu mengikuti tren dan perubahan pasar untuk tetap relevan dan efektif dalam pekerjaannya. Tentu ini merupakan sebuah tantangan yang menarik karena mengharuskan kamu untuk selalu up to date.

Peran yang penting : Sebagai market analyst, seseorang akan menjadi bagian dari proses pengambilan keputusan penting dalam perusahaan atau organisasi. Analisis dan rekomendasi yang dibuat oleh seorang market analyst dapat mempengaruhi arah dan keberhasilan perusahaan di pasar.

Jenjang Karir Market Analyst

jenjang karir market analyst

Seperti halnya dengan kebanyakan profesi, ada jenjang karir yang perlu diikuti oleh seorang market analyst. Berikut ini adalah beberapa jenjang karir yang biasanya dihadapi oleh seorang market analyst:

#1. Associate Market Analyst

Sebagai awal karir sebagai market analyst, biasanya seseorang akan memulai sebagai associate market analyst. Tugas utama seorang associate market analyst adalah mengumpulkan dan menganalisis data pasar, serta membantu dalam membuat laporan yang membantu pengambilan keputusan di perusahaan.

#2. Market Research Analyst

Setelah bekerja sebagai associate market analyst selama beberapa tahun, kamu dapat naik ke posisi market research analyst. Pada posisi ini, seorang market analyst bertanggung jawab untuk mengumpulkan data pasar, menganalisis tren, dan membuat laporan pasar yang lengkap dan rinci.

Baca Juga : Tugas Market Researcher dan Kenapa Penting Bagi Perusahaan

#3. Market Research Analyst Coordinator

Sebagai market research analyst coordinator, seseorang bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan pekerjaan analis pasar dalam tim. Pada posisi ini, market analyst harus mampu memimpin tim dalam membuat laporan pasar dan memberikan rekomendasi yang efektif kepada manajemen.

#4. Marketing Specialist

Sebagai marketing specialist, kamu bertanggung jawab untuk membuat strategi pemasaran yang efektif berdasarkan analisis pasar dan tren. Selain itu, marketing specialist juga bertanggung jawab untuk mengembangkan program pemasaran dan memantau kinerja kampanye pemasaran.

#5. Marketing Manager

Sebagai marketing manager, seseorang bertanggung jawab atas semua aspek pemasaran dalam perusahaan atau organisasi. Pada posisi ini, seseorang harus mampu mengembangkan dan melaksanakan strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan penjualan dan citra merek.

Tentu saja, setiap perusahaan memiliki jenjang karir yang berbeda untuk posisi market analyst ini. Kamu harus bisa menyesuaikan dengan tanggung jawab dari setiap industri yang berbeda tersebut.

Untuk mencapai posisi yang tinggi dalam peran ini, setidaknya kamu harus memiliki skill dan kemampuan yang akan semakin meningkat dengan bertambahnya pengalaman.

Skill merupakan hal yang sangat penting, oleh karena itu kamu harus selalu belajar karena ilmu market analyst merupakan pengetahuan yang selalu up to date. Bagi kamu yang ingin belajar mengenai market analyst atau ingin mendapatkan pengalaman pertama, kamu dapat meningkatkan skill dengan mengikuti kursus market analyst di Arkademi.

Kamu akan belajar dimulai dari fundamental hingga mampu menguasai skill yang akan sangat berguna untuk menunjang karirmu sebagai market analyst.