Jenis-Jenis HRD Dalam Perusahaan dan Perannya

Jenis HRD yang perlu kamu ketahui
Pengembangan Diri

Seperti diketahui secara umum, HRD atau human resource development memiliki peran yang sangat penting dalam perusahaan karena menyangkut mengenai pengelolaan sumber daya manusia.

Memiliki peran yang penting membuat posisi HRD ini sangat diminati oleh setiap orang, oleh karena itu persaingan untuk berkarir dalam divisi ini terbilang cukup tinggi.

Tapi sebelum membahas lebih jauh mengenai peluang karir HRD, dalam artikel ini kamu akan mempelajari mengenai apa itu HRD, perannya dalam perusahaan dan jenis-jenisnya .

Apa itu HRD

Dilansir dari Indeed, HRD adalah sebuah “departemen dalam sebuah perusahaan atau organisasi yang mengawasi manajemen dan pengembangan karyawan. Ini mencakup semua aspek dari proses perekrutan karyawan, seperti mencari, wawancara, merekrut, dan pelatihan. Departemen ini juga mengatasi berbagai masalah, termasuk penyelesaian konflik, praktik kerja yang adil, dan keberagaman di tempat kerja.”

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa HRD merupakan peran yang berfungsi penting dalam sebuah perusahaan yang bertanggung jawab dalam pengembangan sumber daya manusia dari pencarian hingga saat orang tersebut keluar.

Peran HRD Dalam Sebuah Perusahaan

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa HRD memiliki peran yang sangat penting dalam berjalannya perusahaan yang menyangkut mengenai pengelolaan sumber daya manusia.

Berikut ini merupakan peran penting HRD dalam sebuah perusahaan

Pengembangan Karyawan – HRD bertanggung jawab untuk merancang dan melaksanakan program pengembangan karyawan, seperti pelatihan, workshop, dan program pengembangan karir. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan karyawan agar mereka dapat menghadapi tantangan bisnis dengan lebih baik.

Manajemen Kinerja – HRD membantu dalam mengelola kinerja karyawan dengan menyusun sistem evaluasi kinerja, memberikan umpan balik yang konstruktif, dan mengidentifikasi area pengembangan yang diperlukan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja karyawan secara individu maupun tim.

Manajemen Perubahan – HRD berperan dalam mengelola perubahan organisasi. Mereka membantu mengkomunikasikan perubahan, memberikan dukungan kepada karyawan dalam menghadapinya, dan memastikan adaptasi yang sukses terjadi di seluruh organisasi.

Manfaat HRD Dalam Sebuah Perusahaan

Berikut ini merupakan beberapa manfaat adanya HRD dalam sebuah perusahaan :

Meningkatkan Produktivitas: Melalui program pengembangan karyawan, HRD membantu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan karyawan, yang pada gilirannya meningkatkan produktivitas dan kualitas kerja dari setiap karyawan

Peningkatan Retensi Karyawan: Dengan memberikan kesempatan pengembangan dan pelatihan kepada karyawan, HRD membantu meningkatkan tingkat retensi. Karyawan yang merasa didukung dan memiliki kesempatan untuk tumbuh cenderung tetap setia pada perusahaan.

Menyamakan Tujuan Organisasi: HRD membantu menyelaraskan tujuan individu karyawan dengan tujuan organisasi secara keseluruhan. Ini membantu menciptakan sinergi dalam upaya pencapaian tujuan perusahaan.

HR Generalist vs HR Specialist

Setiap perusahaan memiliki struktur organisasi yang berbeda karena ini akan berhubungan dengan jenis industri dan besar kecilnya perusahaan tersebut.

Biasanya terdapat dua jenis tipe HR yaitu generalis dan spesialis. HR Generalist merupakan HRD yang melakukan berbagai tugas HR seperti administrasi, proses seleksi, pengawasan, prosedur dan lainnya.

Berbeda dengan HR Specialist, HR jenis ini biasanya memiliki fokusnya masing-masing, seperti talent acquisition yang berfokus dalam perekrutan, benefit dan compensation yang berfokus pada benefit karyawan dan lainnya.

Baca Juga : 8 Perbedaan Talent Acquisition dan Recruitment yang Perlu Diketahui

Jenis HR Specialist

Seperti penjelasan di atas, HR specialist memiliki fokus dan tujuannya masing-masing, berikut ini merupakan jenis hr specialist yang biasanya terdapat dalam perusahaan.

Talent Acquisition

Talent acquisition memiliki peran yang penting dalam perusahaan, tugas utama dari talent acquisition adalah mengidentifikasi dan merekrut karyawan yang memiliki kualifikasi dan kemampuan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Proses ini meliputi pencarian bakat melalui berbagai saluran recruitment, seleksi kandidatl, dan melaksanakan proses perekrutan yang efektif.

Benefit & Compensation

HR benefit dan compensation bertanggung jawab dalam masalah Benefit & Compensation yang mencakup penyusunan kebijakan gaji dan tunjangan, program asuransi kesehatan, rencana pensiun, dan manfaat lainnya.

HR ini bertujuan untuk memberikan dan memastikan karyawan diberikan kompensasi yang adil dan sesuai dengan kontribusi mereka sehingga akan mempertahankan karyawan yang berkinerja tinggi dan menciptakan lingkungan kerja yang seimbang.

Training and Development

HRD training dan development bertujuan untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan kompetensi karyawan dengan merancang dan mengimplementasikan program pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan individu dan organisasi. 

Pelatihan ini dapat mencakup pengembangan keterampilan teknis, kepemimpinan, komunikasi, serta peningkatan pengetahuan tentang perusahaan dan industri tempat mereka bekerja

People Development

People development berfokus pada pengembangan karir dan potensi karyawan. Tujuan dari HR ini adalah memastikan bahwa karyawan dapat mencapai potensi penuh mereka dan terus berkembang secara profesional.

Dengan mendorong pengembangan karyawan, perusahaan dapat menciptakan budaya yang mendukung pertumbuhan dan merangsang motivasi karyawan.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa HRD memiliki peran yang sangat penting dalam perusahaan untuk mengelola calon kandidat hingga memaksimalkan potensi karyawan tersebut. 

Kamu dapat belajar untuk menjadi HRD dengan mengikuti kursus online di Arkademi. Terdapat berbagai macam kursus online HRD seperti kursus online human resource dan kursus online talent acquisition.

Baca selengkapnya mengenai kursus online talent acquisition.