1. Home
  2. Kewirausahaan
  3. 7 Langkah Persiapan Untuk Membuka Bisnis Rumah Jahit Busana

7 Langkah Persiapan Untuk Membuka Bisnis Rumah Jahit Busana

Kewirausahaan
belajar jahit busana

Membuka jasa menjahit busana adalah bisnis yang tak lekang oleh waktu. Setiap orang pasti membutuhkan jenis jasa ini. Apalagi jika usaha jahit kamu sudah mulai terkenal dan memiliki banyak langganan. Semakin banyak orang yang membutuhkan jasa menjahit. Mulai dari menjahit seragam, busana pernikahan, acara lamaran, dan seragam kantor. Jika bisnis jahit sudah berkembang dan maju, maka dapat beralih ke produksi massal seperti konveksi baju. 

Coba bayangkan bila hasil karya jahitanmu digunakan oleh pelanggan di hari-hari penting mereka, seperti Pernikahan, Lamaran, Ulang Tahun, atau Wisuda. Menjadi suatu kebanggan bagi seorang Penjahit, jika bisa berkarya dan menghasilkan uang dari keahlian menjahit. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat kamu persiapkan untuk memulai bisnis Rumah Jahit.

 

1. Persiapkan Diri Mengambil Sertifikasi Kompetensi

 

Zaman sekarang ini kamu sebaiknya memiliki sertifikat kompetensi yang menyatakan bahwa keahlianmu diakui secara tertulis. Persiapkan dirimu untuk belajar teknik menjahit, ikuti kursus, lalu mengambil uji kompetensi yang diadakan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Sertifikasi ini berguna untuk menjadi tanda bahwa kamu terbukti memiliki kompetensi di bidang menjahit.

 

2. Buatlah Rencana Bisnis

 

Membuat rancangan bisnis adalah hal yang harus dilakukan sebelum membuka usaha. Pastikan rencana bisnis jahit kamu sesuai dengan visi dan tujuan kamu dalam membangun usaha. Misalnya menentukan lokasi toko, jumlah karyawan, biaya operasional, daftar harga jasa, dan target konsumen bahkan siapa kompetitor kamu. Jika perencanaan bisnis kamu sudah matang, mulailah mempraktikan rancangan bisnis jahit kamu untuk secara perlahan.

 

3. Melakukan perhitungan modal

 

Susunlah perhitungan biaya modal yang dibutuhkan. Biasanya usaha jahit membutuhkan peralatan mesin jahit, alat jahit yang biayanya tidak murah. Pastikan kamu memiliki modal yang cukup. Terlebih lagi jika kamu juga akan memiliki pegawai, pastinya akan membutuhkan beberapa mesin dan alat jahit.

4. Mulailah dari bisnis skala rumahan

 

 

Siapapun pasti mengharapkan bisnisnya dapat berkembang pesat dan sukses di masa depan. Tapi kamu harus mengingat bahwa semua harus dimulai dari hal kecil. Memulai bisnis rumah jahit dalam skala rumahan akan lebih menghemat biaya operasional dibandingkan harus menyewa Ruko. Selain itu kamu juga dapat melakukan tes minat pasar. Kamu dapat menganalisa kebutuhan pelanggan dan seberapa besar minat pelanggan dalam menggunakan jasa Rumah Jahit kamu.

 

5. Menyusun Portfolio

 

Sama seperti pekerja kreatif di bidang lainnya, kamu juga harus menyiapkan portofolio hasil karya jahitan. Portfolio dapat kamu dokumentasikan dalam bentuk foto atau katalog. Berikan desain visual yang menarik. Sehingga dapat menarik perhatian pelanggan. Portofolio hasil karyamu juga dapat kamu arsipkan di media sosial seperti Facebook, Pinterest, atau Instagram. Selain sebagai media arsip kamu juga dapat sekaligus mempromosikan hasil karya jasa jahitan kamu.

 

6. Mempromosikan Bisnis Rumah Jahit

 

Di era digital ini semua proses promosi semakin mudah dilakukan. Selain dapat dilakukan dari mulut ke mulut, kamu dapat menggunakan media sosial. Banyak sekali rumah jahit yang memanfaatkan Instagram dan Facebook sebagai media promosi produk. Kamu juga harus menggunakan teknik fotografi yang indah sehingga dapat menarik calon pelanggan. Biaya promosi di media sosial terbilang murah dan cocok digunakan oleh para pelaku bisnis, terlebih lagi bisnis Rumah Jahit.

 

7. Lakukan pembukuan secara rutin

 

Pembukuan adalah proses yang harus dilakukan oleh setiap pelaku bisnis. Jangan meremehkan pembukuan, karena melalui pembukuan kamu dapat mengetahui alur kas keuangan bisnis kamu. Jika kamu belum menguasai ilmu akuntansi dasar atau pembukuan, tenang saja kamu dapat mempelajarinya di Arkademi. Pembukuan dapat menjadi bahan evaluasi kamu setiap bulannya dalam menghitung keuntungan/kerugian dan biaya operasional per/bulan.

Bagaimana kamu sudah mendapat gambaran tentang langkah persiapan bisnis  Rumah Jahit Busana?. Jika ya, segera mulai eksekusi langkah tersebut dari sekarang. Bila kamu masih pemula dan ingin mengikuti kursus persiapan keahlian menjahit secara online di Arkademi, segera daftar Pelatihannya Klik Disini. Semoga artikel ini membantu kamu ya dalam merintis bisnis Rumah Jahit, salam sukses! # PastiBisa

Rekomendasi