1. Beranda
  2. Pengembangan Diri
  3. Mengenal 10 Elemen Jurnalistik yang Wajib Diketahui Calon Jurnalis (Panduan Jurnalis)

Mengenal 10 Elemen Jurnalistik yang Wajib Diketahui Calon Jurnalis (Panduan Jurnalis)

Elemen Jurnalistik yang wajib diketahui oleh calon jurnalis
Pengembangan Diri

Jurnalis memiliki peran dalam menulis, menganalisis, dan melaporkan informasi akurat kepada publik. Untuk memperoleh informasi yang kredibel, terdapat elemen elemen jurnalistik  yang menjadi pedoman jurnalis dalam menganalisa suatu peristiwa. Terdapat 10 prinsip jurnalistik yang mengutamakan adanya hak dan tanggungjawab masyarakat terhadap berita yang disampaikan.

Elemen Elemen Jurnalistik yang Perlu Diketahui Calon Jurnalis

Adapun elemen elemen jurnalistik yang berkaitan dengan hak dan tanggungjawab masyarakat adalah sebagai berikut :

Kewajiban Pertama Junalisme Adalah Kebenaran

Fungsi utama dari seorang jurnalis adalah untuk menyampaikan informasi sesuai dengan fakta atau kebenaran. Informasi yang didapatkan di lapangan harus dilaporkan dan dianalisis berdasarkan kejadian sebenarnya. Fakta-fakta yang telah dilaporkan dapat menjadi investigasi lanjutan untuk berita selanjutnya. Dengan demikian, informasi yang disampaikan akan sesuai dengan informasi yang masyarakat butuhkan.

Berita yang dibuat berdasarkan dengan kebohongan atau karangan belaka merupakan berita yang melanggar kode etik jurnalistik dan akan mendapatkan sanksi pidana. Misal, terdapat peristiwa longsor yang terjadi di suatu daerah dan sejauh ini baru ditemukan 7 orang korban. Kemudian, selama proses investigasi korban ditemukan korban bertambah sebanyak 3 orang.

Kesetiaan Pertama Jurnalisme adalah Kepada Warga

Seorang jurnalis harus memiliki prinsip untuk tidak memihak kepada siapapun atau netral. Hal tersebut wajib dilakukan karena masyarakat memiliki kepercayaan yang kuat terhadap jurnalis dan informasi yang dikonsumsinya.

Informasi yang disampaikan oleh jurnalis akan mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap suatu peristiwa. Maka sangat penting bagi jurnalis untuk mengedepankan urusan dan kepentingan masyarakat luas. Seorang jurnalis tidak boleh menutupi fakta yang terjadi dilapangan dan tidak dapat disuap oleh suatu pihak untuk menutupinya.

Esensi Jurnalisme Adalah Disiplin Verifikasi

Informasi yang diberikan jurnalis untuk publik harus berdasarkan dengan data yang valid dan terverifikasi. Data yang disajikan tidak boleh merupakan karangan atau fiksi, namun harus berdasarkan fakta yang ada di lapangan. Verifikasi data bisa didapatkan melalui wawancara berbagai macam narasumber, hal ini dilakukan agar jurnalis tidak hanya berpatokan pada satu sumber dan dapat objektif dalam suatu peristiwa.

Baca Juga : 10 Syarat Menjadi Jurnalis yang Wajib Diketahui Calon Jurnalis

Jurnalis Harus Tetap Independen Dari Sumber yang Diliput

Jurnalis harus memiliki sikap independen atau tidak berpihak pada siapapun karena jurnalis memiliki kekuatan dalam mempengaruhi persepsi publik. Jurnalis harus bersikap transparan dan jujur saat melakukan wawancara ataupun mengelola data yang diperoleh. Kemudian, fakta yang ada di lapangan tidak boleh dicampur dengan opini.

Jurnalisme Memantau Kekuasaan dan Tetap Bersikap Independen

Jurnalis berfungsi sebagai pemantau kekuasaan pemerintah dan memberikan kesempatan masyarakat yang tertindas untuk menyerukan suaranya agar didengar oleh pemerintah. Dengan mengawasi kekuasaan pemerintah, pers percaya bahwa pemerintah tidak akan melakukan hal buruk ataupun menyimpang. Terdapat tiga macam liputan investigasi dalam memantau kekuasaan pemerintah yaitu investigation on investigation, investigation orisinal, dan interpretative investigation.

Menyediakan Forum Bagi Masyarakat Untuk Saling Kritik dan Berkomentar

Jurnalis berperan penting dalam membangun perspektif publik, maka informasi yang disampaikan harus dapat memberikan ruang bagi publik untuk dapat beropini. Forum ini nantinya diharapkan dapat mengedukasi masyarakat untuk bersikap kritis atas informasi yang disampaikan.

Forum yang diberikan juga harus berpedoman pada prinsip-prinsip jurnalistik berupa fakta, kejujuran, dan verifikasi. Selain itu, forum opini harus mencakup seluruh kalangan, tidak hanya kalangan dengan ekonomi kuat atau orang tertentu dan wilayah tertentu saja yang dapat beropini.

Membuat Hal Penting Menjadi Menarik dan Relevan

Sangat penting bagi jurnalis untuk dapat menggunakan kata yang sederhana dan umum agar dipahami publik. Penggunaan kata yang umum akan membuat berita menjadi menarik dan mempermudah jurnalis untuk mengolah fakta yang didapatkan di lapangan. Berita yang menarik tidak hanya berita yang sensasional, tetapi berita yang disampaikan harus relevan dengan keadaan yang terjadi di lapangan.

Jurnalis Harus Membuat dan Menyediakan Berita yang Proporsional dan Komprehensif

Berita yang proporsional dan komprehensif akan memuat detail-detail dan mengemas fakta secara utuh. Selain itu gambaran mengenai suatu daerah yang diliput juga perlu dipaparkan agar masyarakat paham mengenai kronologi kejadian. Fakta yang ada juga tidak boleh tercampur oleh opini pihak manapun.

Baca Juga : Kode Etik Jurnalistik : Pengertian, Sejarah, Fungsi Hingga Jenisnya

Mendengarkan Hati Nurani

Setiap jurnalis harus memiliki sifat moral yang tinggi, berarti memiliki etika dan bertanggungjawab atas informasi yang disajikan. Jurnalis harus dapat menyediakan fakta yang layak kepada publik dan mengingat kepada siapa mereka harus bertanggung jawab atas tulisan yang dibuat.

Warga Memiliki Hak dan Tanggung Jawab Dalam Hal-hal yang Terkait dengan Berita

Warga memiliki hak dan tanggungjawab atas berita yang disajikan atau dikonsumsinya. Perkembangan teknologi saat ini tidak menutup kemungkinan bahwa masyarakat juga ingin menciptakan beritanya sendiri di media seperti membuat blog.

Untuk dapat menyajikan berita yang kredibel tentunya seorang jurnalis harus memiliki bekal pengetahuan tentang jurnalistik. Mulai dari fundamental jurnalistik hingga praktik membuat berita yang informatif dan aktual.

Itu dia penjelasan mengenai elemen-elemen jurnalistik yang perlu di perhatikan oleha calon jurnalis. Bagi kamu yang ingin belajar lebih lanjut mengenai jurnalistik, kamu dapat mengikuti kursus online Arkademi.

Arkademi merupakan kursus online yang siap membantu kamu dalam meningkatkan skill dan mengembangkan karier profesional. Kamu dapat klik banner dibawah ini untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai kelas ataupun membelinya. Selamat belajar!

Menjadi Jurnalis Profesional dengan kursus jurnalis di Arkademi

Rekomendasi