1. Beranda
  2. Pengembangan Diri
  3. 10 Syarat Menjadi Jurnalis yang Wajib Diketahui Calon Jurnalis

10 Syarat Menjadi Jurnalis yang Wajib Diketahui Calon Jurnalis

Pengembangan Diri

Jurnalis merupakan seseorang yang memiliki tugas yaitu melakukan kegiatan jurnalistik. Jurnalis akan menjadi sumber informasi bagi masyarakat tentang peristiwa yang terjadi. Kegiatan jurnalistik yang dilakukan oleh profesi ini meliputi menulis, melakukan analisa, dan melaporkan suatu kejadian berdasarkan fakta kepada masyarakat secara teratur. Terdapat beberapa syarat menjadi jurnalis, untuk mengetahui syarat-syarat tersebut yuk simak artikel berikut!

Syarat jadi jurnalis yang harus di ketahui oleh setiap calon jurnalis

Menulis

Syarat menjadi jurnalis yang pertama adalah memiliki kemampuan menulis. Menulis merupakan kemampuan dasar untuk menjadi seorang jurnalis. Kemampuan menulis yang baik berfungsi untuk mengelola berita agar informasi yang disampaikan dapat tersampaikan dengan baik.

Untuk menghasilkan berita yang kredibel, tentunya seorang jurnalis dituntut untuk dapat menulis berita yang sesuai dengan kaidah bahasa. Selain menulis berita, jurnalis juga harus bisa menulis skrip untuk siaran langsung seperti di televisi, radio, ataupun podcast.

Komunikasi

Syarat menjadi jurnalis kedua adalah komunikasi. Sama halnya seperti menulis, kemampuan komunikasi menjadi kemampuan dasar yang harus dikuasai oleh seorang jurnalis. Keterampilan ini akan mempermudah jurnalis untuk dapat menyampaikan informasi dengan bahasa yang umum dan sistematis agar mudah dipahami oleh audiens. Dengan memiliki kemampuan komunikasi, seorang jurnalis juga akan lebih mudah untuk mewawancarai narasumber.

Memahami Kode Etik Jurnalistik

Sangat penting bagi seorang jurnalis untuk memahami kode etik jurnalistik. Kode etik jurnalistik merupakan prinsip-prinsip moral yang mengatur kerja jurnalis agar profesional dan dapat mempertanggungjawabkan informasi yang disampaikan ke publik. Tentunya kode etik ini harus dipatuhi oleh seluruh jurnalis.

Baca Juga : 10 Nilai Berita Jurnalistik yang Wajib Diketahui Calon Jurnalis

Berwawasan Luas

Memiliki wawasan yang luas akan mempermudah jurnalis untuk meliput peristiwa dalam berbagai bidang. Jurnalis juga lebih mudah untuk mewawancarai narasumber dari berbagai latar belakang yang berbeda jika memiliki wawasan yang luas dan tetap berpegangan pada topik yang ingin diangkat.

Jurnalis yang memiliki wawasan luas akan dapat menyajikan berita yang lebih menarik kepada publik. Selain itu, berita yang disampaikan diharapkan dapat memberikan edukasi bagi masyarakat.

Pandai Berbicara

Keterampilan pandai berbicara akan membantu kelancaran jurnalis dalam mewawancarai narasumber. Selain itu, keterampilan ini juga akan membuat jurnalis dapat menyampaikan informasi dengan baik ke publik.

Peka terhadap lingkungan sekitar

Peka terhadap lingkungan akan membuat seorang jurnalis terus memiliki bahan berita untuk diangkat. Namun peristiwa yang diangkat juga harus sesuai dengan fakta agar menarik perhatian.

Berpikir Kritis

Dalam mengangkat suatu informasi untuk dipublikasikan, tentunya seorang jurnalis harus berpikir kreatif. Kemampuan ini berfungsi untuk memilih dan menganalisis informasi yang didapatkan apakah sesuai dengan fakta dan kredibel.

Berpikiran Terbuka

Pikiran terbuka akan membantu jurnalis lebih mudah untuk menemukan informasi di sekitar. Kemampuan ini juga akan membantu jurnalis untuk dapat mengutamakan kepentingan orang banyak.

Baca Juga : Jenis Jenis Jurnalistik, Calon Jurnalis Wajib Tahu Ini!

Independen

Sikap independen atau mandiri merupakan syarat menjadi jurnalis. Jurnalis harus memiliki sifat netral dan mandiri serta tidak memihak ke siapapun ketika menyampaikan informasi ke publik. Jurnalis dikatakan profesional jika dapat menyampaikan berita dengan sesuai fakta dan tanpa ada campur tangan orang lain untuk berita yang akan dipublikasikan.

Memahami Teknologi

Penggunaan teknologi sangat berkaitan erat dengan profesi jurnalis. Teknologi akan mempermudah jurnalis dalam menyebarkan informasi yang didapat ke publik. Kedepannya tentu akan semakin banyak channel baru yang dapat dimanfaatkan jurnalis dalam menyebarkan berita kepada publik. Berita online seringkali digemari audiens karena berita yang diberikan oleh jurnalis dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Jurnalis yang baik akan memanfaatkan teknologi untuk menghasilkan berita yang kredibel dengan cara yang modern.

Cara Menjadi Jurnalis

Terdapat banyak cara untuk menjadi seorang jurnalis, salah satunya dengan menempuh pendidikan formal. Pendidikan formal tidak hanya bisa didapatkan di jenjang perguruan tinggi. Untuk Syarat menjadi seorang jurnalis, kamu juga dapat mengikuti pendidikan formal dengan mengikuti kursus online di Arkademi.

Arkademi merupakan kursus online yang siap membantu kamu untuk meningkatkan skill dan mengembangkan karier profesional. Arkademi memiliki kelas jurnalistik yang disampaikan langsung oleh seorang jurnalis profesional dari perusahaan pers Kompas.

Kamu akan diajarkan mulai dari fundamental jurnalistik hingga penerapan teknik penulisan berita. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan sertifikat elektronik yang kredibel jika telah menyelesaikan kursus. Untuk informasi lebih lanjut mengenai kelas, kamu dapat klik banner dibawah ini.

Menjadi Jurnalis Profesional dengan kursus jurnalis di Arkademi

Rekomendasi