Design Autocad: Kenali Profesi dan Jenjang Karirnya!

design autocad
KarierStandar Iso

Design autocad, atau yang lebih awam dikenal dengan Drafter autocad adalah profesi yang berfokus pada membuat gambar teknikal menggunakan software CAD (Computer Aided Design). Gambar yang dihasilkan biasanya berupa dua atau tiga dimensi sesuai kebutuhan pekerjaan, profesi ini lekat kaitannya dengan structural engineer, arsitektur hingga civil engineer yang membutuhkan jasa design autocad untuk merancang sebuah bangunan.

Untuk menjadi drafter, selain harus memiliki kemampuan design autocad kamu juga harus memiliki kemampuan analitik dan komunikasi yang baik karena nantinya akan bekerja menjadi perantara atau penghubung langsung dengan arsitek dan petugas pembangunan dalam menjadikan sebuah konsep menjadi objek atau bentuk bangunan lainnya. Jika Arkawan memiliki ketertarikan untuk mengambil profesi menjadi drafter, setidaknya berikut daftar kemampuan lain yang harus kamu miliki:

  1. Mampu mengimajinasikan bangunan dengan detail dan mengubahnya menjadi sebuah konsep dasar dengan bantuan design autocad.
  2. Mampu membayangkan sebuah objek secara nyata, maupun terperinci sehingga tidak ada kesalahan dalam proses produksi objek/bangunan.
design autocad

Uraian profesi drafter/design autocad

Di Indonesia, profesi ini mulai menunjukan kebutuhan yang meningkat dari tahun ke tahun, sehingga tidak heran kalau banyak perusahaan mulai membutuhkan seorang design autocad yang terampil. Biasanya yang menjadi pertimbangan para perekrut adalah latar belakang pendidikan serta sertifikat yang dimiliki seseorang sebagai bukti kredibilitasnya, dengan rata-rata gaji mulai dari Rp4.450.000, nilainya terus berkembang menyesuaikan projek yang diemban. Umumnya, designer autocad memilih bekerja sendiri dibanding bergabung dalam sebuah perusahaan karena nominal yang diterima bisa lebih besar, dan jam kerja lebih fleksibel sekitar 30-40 jam dalam satu minggu.

Tugas pokok seorang drafter/designer autocad:

  1. Membuat sebuah gambar untuk objek/bangunan yang direncanakan, lengkap dengan ukuran, jenis material, berat massa, metode penyusunan dan kode nama barang yang dibutuhkan secara mendetail jika diperlukan.
  2. Memanfaatkan software design autocad untuk membuat gambar objek/bangunan yang dilengkapi penomoran struktur.
  3. Memastikan hasil design autocad memiliki resolusi tinggi dan bisa dipahami oleh arsitektur maupun kontraktor.
  4. Memantau proses pembangunan sebuah objek/bangunan dari awal hingga akhir dan menjadi penyelesai masalah jika ada hal yang tidak tepat terjadi di lapangan.
  5. Menjadi penengah antara arsitek, kontraktor pembangunan dan dalam beberapa kasus juga bekerjasama dengan pemodal.
design autocad

Profesi design autocad sebenarnya sudah lama ada di dalam industry aeronautical, sipil, mekanikal, elektrikal dan arsitektur. Di dominasi oleh lulusan dari jurusan Teknik, jenjang karier design autocad pada umumnya ada tiga yaitu Junior Drafter AutoCAD, Senior dan Lead. Pembedanya ada di latar belakang pendidikan, sertifikat yang dimiliki, pengalaman kerja dan tanggung jawab yang akan diembannya dalam setiap projek.

design autocad

Sebagai penyedia kursus online bersertifikat, Arkademi memiliki beberapa pilihan kelas designer autocad yang bisa Arkawan pilih untuk mendapatkan ilmu tambahan dan sertifikat kredibel yang bisa membantu menunjang jenjang karier. Pada saat artikel ini rilis, kelas Mahir Autocad 2D dalam 7 Minggu sedang ada potongan harga dari mulanya Rp299.000 menjadi Rp249.000. Kelas ini ideal diambil oleh pemula, atau Arkawan yang masih duduk di bangku kuliah, materi ajar yang telah disesuaikan dengan kebutuhan industri saat ini akan menguntungkan jenjang karir kedepannya. Disampaikan oleh Lembaga kredibel, sertifikat yang dikeluarkan Bimbel Comad akan menjadi nilai tambah untuk bersaing. Selain harganya yang terjangkau, sekarang Arkademi memiliki loyalty program berupa Arkademi Koin yang berguna untuk memotong harga kelas yang Arkawan pilih.

Apa Itu Arkademi Koin?

Untuk Arkawan yang belum memiliki aplikasi, segera unduh di Google Playstore untuk langsung mendapat 20.000 Arkademi Koin dan tambahan 5.000 Arkademi Koin jika melengkapi data diri, informasi lebih lanjut bisa langsung baca di artikel ini ya.

Arkademi sebagai penyedia kursus online bersertifikasi

Arkademi terdaftar resmi di Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, bertujuan untuk membantu meningkatkan standar kehidupan para pekerja atau golongan pekerja di Indonesia melalui sertifikat kredibel yang bisa meningkatkan daya saing individu di dunia kerja.