Gaji Social Media Specialist dan Faktor yang Mempengaruhinya

gaji social media specialist
Dunia KerjaKarierPersiapan Kerja

Sebagai bagian dari industri yang terus berkembang, pekerjaan sebagai Social Media Specialist telah menjadi salah satu peran yang sangat dicari di Indonesia. Jika Arkawan ingin berkarir di bidang ini, penting untuk memahami berapa gaji Social Media Specialist di Indonesia.

Dalam artikel ini, Arkademi akan menggali lebih dalam mengenai kisaran gaji Social Media Specialist di Indonesia dan berbagai faktor yang mempengaruhinya.

Gaji Social Media Specialist

Berikut adalah perkiraan gaji Social Media Specialist untuk berbagai tingkatan di Indonesia:

1. Gaji Social Media Specialist Entry-level

Seorang Social Media Specialist tingkat entry-level di Indonesia biasanya mendapatkan gaji sekitar Rp4.000.000 – Rp6.000.000 perbulan.

 Pada tingkat ini, tugas utamanya meliputi pembuatan konten dasar, pengelolaan platform media sosial, dan pembelajaran dari rekan yang lebih berpengalaman.

2. Gaji Social Media Specialist Mid-level

Bagi Social Media Specialist tingkat menengah di Indonesia, upah yang diperoleh cenderung meningkat. Mereka yang berada di level ini seringkali bertanggung jawab atas perencanaan strategis, analisis yang lebih mendalam, serta pengelolaan tim kecil. Secara umum, gaji mereka berkisar di sekitar Rp6.000.000 – Rp7.000.000 perbulan.

3. Gaji Social Media Specialist Senior-level

Para Senior-level Social Media Specialist di Indonesia menerima kompensasi yang lebih besar karena memiliki pengalaman yang luas dan peran yang penting dalam mengarahkan strategi. 

Gaji untuk tingkatan ini biasanya berada dalam kisaran Rp7.000.000 – Rp10.000.000 perbulan atau lebih, bergantung pada perusahaan dan industri tempat mereka bekerja.

4. Gaji Social Media Manager

Seorang Social Media Manager, yang bertanggung jawab atas strategi keseluruhan departemen media sosial, biasanya mendapatkan gaji yang lebih tinggi daripada spesialis. 

Di Indonesia, gaji untuk posisi ini bisa mencapai Rp15.000.000 – Rp20.000.000 perbulan atau lebih, tergantung pada pengalaman dan tanggung jawab.

5. Gaji Social Media Officer

Untuk Social Media Officer, gaji yang diterima biasanya berada di rentang Rp4.000.000 – Rp5.000.000 perbulan, bergantung pada tingkat tanggung jawab dan pengalaman yang dimiliki.

6. Gaji Admin Social Media

Admin Social Media, yang sering bertugas melakukan manajemen harian platform, umumnya mendapatkan gaji sekitar Rp700.000 – Rp4.000.000 perbulan. Pada tingkatan ini, tanggung jawab mereka fokus pada administrasi dan manajemen taktis platform media sosial.

Perlu diingat bahwa jumlah gaji ini hanya perkiraan dan bisa berbeda-beda tergantung pada industri, lokasi, ukuran perusahaan, serta faktor lainnya seperti keterampilan tambahan, pendidikan, dan sertifikasi yang dimiliki oleh individu yang bersangkutan.

Baca juga: Content Marketing: Definisi, Jenis, Hingga Tipsnya!

Tingkatan dalam Pekerjaan Social Media Specialist

Seorang Social Media Specialist bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan kehadiran merek atau perusahaan di platform media sosial. 

Mereka menciptakan strategi, mengelola konten, menganalisis data, dan berinteraksi dengan audiens secara online. Tentunya, peran Social Media Specialist di setiap perusahaan akan berbeda-beda, begitupun dengan gajinya.

Salah satu faktor yang mempengaruhi gaji Social Media Specialist adalah tingkatan atau levelnya. Berikut adalah tingkatan Social Media Specialist di Indonesia:

1. Entry-level Social Media Specialist

Bagi mereka yang baru memasuki industri ini, posisi entry-level adalah awal yang umum. Mereka biasanya bertanggung jawab atas tugas-tugas dasar seperti membuat konten sederhana, memantau platform, dan belajar dari senior.

2. Mid-level Social Media Specialist

Setelah mengumpulkan pengalaman, mid-level Social Media Specialist memiliki tanggung jawab yang lebih besar. Mereka terlibat dalam perencanaan strategis, analisis yang lebih mendalam, dan pengelolaan tim kecil.

3. Senior-level Social Media Specialist

Senior-level Social Media Specialist adalah individu yang telah memiliki pengalaman yang luas. Mereka memimpin proyek besar, mengembangkan strategi jangka panjang, dan memiliki peran penting dalam mengarahkan tim.

4. Expert-level Social Media Specialist

Tingkat ini adalah puncak karier dalam peran ini. Expert-level Social Media Specialist dikenal karena pengetahuan mendalam dan kontribusi yang signifikan terhadap industri.

Baca juga: KOL Specialist Adalah: Arti, Job Desc, Skill dan Peluang Karirnya

Faktor yang Mempengaruhi Gaji Social Media Specialist

Gaji Social Media Specialist

Selain faktor level atau tingkatanyya, ada juga beberapa faktor yang mempengaruhi gaji Social Media Specialist, di antaranya:

1. Pengalaman Kerja

Pengalaman adalah faktor utama dalam menentukan upah seorang Social Media Specialist. Semakin lama pengalaman, semakin tinggi gaji yang dapat mereka harapkan.

2. Pendidikan dan Sertifikasi

Gelar atau sertifikasi yang relevan dapat meningkatkan nilai dan gaji seorang spesialis media sosial.

3. Industri dan Lokasi Geografis

Perbedaan gaji juga dapat dipengaruhi oleh industri tempat mereka bekerja dan lokasi geografis dimana perusahaan beroperasi.

4. Kemampuan dan Keahlian Khusus

Keahlian teknis atau keahlian khusus tertentu juga dapat memberikan keunggulan dalam menegosiasikan gaji yang lebih tinggi.

Baca juga: Mengenal Apa itu UX Writer dan Skill yang Harus Dimilikinya

Mau Belajar Menjadi Social Media Specialist?

Menjadi seorang Social Media Specialist dapat menjadi karier yang menarik, dengan peluang yang terus berkembang. Gaji dalam peran ini bervariasi secara signifikan berdasarkan level pengalaman, pendidikan, industri, dan lokasi. 

Jika Arkawan berminat untuk belajar menjadi seorang Social Media Specialist, Arkawan dapat memulainya dengan mengikuti kursus Social Media Specialist yang tersedia di Arkademi.

Dengan mengikuti kursus di Arkademi, Arkawan dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang berbagai platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, dan lainnya. Daftar sekarang juga!