3 Cara Menjadi Public Relations yang Perlu Diketahui Sebelum Switching Career

cara menjadi public relations yang perlu diiketahui
Pengembangan DiriPengembangan Karier

Sebenarnya, ada nggak sih cara menjadi public relations? Tentu ada!

Trend pekerjaan PR meningkat. Terbukti dengan semakin banyaknya lowongan kerja di bidang ini, atau lowongan yang membutuhkan keahlian public relations.

Seorang Public Relation (PR) berperan penting dalam membentuk dan mengelola citra serta reputasi perusahaan di depan publik. Salah satu tugas utamanya adalah mengemas cerita menarik dari brand yang dipromosikan, dengan harapan agar cerita tersebut dapat menyebarluaskan dan mendapatkan persepsi publik yang positif. 

Apa yang dikerjakan Public Relations?

  • Bekerjasama dengan media untuk melakukan publikasi melalui artikel, press release ataupun bentuk tulisan lainnya.
  • Melakukan publisitas menggunakan channel offline maupun online yang tersedia.
  • Membangun dan menjaga citra perusahaan atau brand melalui strategi komunikasi yang efektif.
  • Membuat draft pembicaraan dan merancang jadwal interview antara pemilik perusahaan dengan jurnalis.

Pada beberapa perusahaan, pekerjaan PR tidak terbatas hanya pada perancangan strategi komunikasi tapi juga bertanggung jawab pada pelaksanaan taktik. 

Hal ini tergantung dimana posisi praktisi PR dalam struktur organisasi.

Gaji Public Relations

Menurut data dari Survey HRDBacot, seorang yang bekerja di bidang PR dapat memperoleh gaji mulai dari sekitar Rp 4.500.000 hingga Rp 11.000.000 per bulan dengan rata-rata sekitar Rp 7.582.000 per bulan. Sedangkan untuk posisi PR manager atau Senior PR manager, kisaran gaji per bulannya mencapai Rp 15.000.000.

Untuk Arkawan yang tertarik untuk switching career menjadi praktisi PR, ketahui terlebih dahulu bahwa ada cara atau tahapan yang perlu kamu tempuh untuk menjadi seorang public relations.

3 Cara Menjadi Public Relations

Umumnya, profesi PR diisi oleh orang-orang yang memiliki latar belakang keilmuan komunikasi. Namun tidak menutup kemungkinan untuk kamu mempelajarinya melalui kursus online atau pelatihan bersertifikat.

Berikut 3 cara menjadi public relations yang bisa kamu lakukan.

#1. Menyelesaikan Pendidikan S1

Saat ini banyak universitas negeri maupun swasta yang memiliki fakultas komunikasi dengan penjurusan public relations.

#2. Mengikuti Pelatihan Public Relations

Salah satu cara menjadi public relations juga bisa dengan mengikuti pelatihan yang kredibel.

Cara ini paling efektif digunakan untuk Arkawan yang ingin switching career, dengan pertimbangan waktu dan biaya yang dikeluarkan.

Ikuti kursus public speaking yang disediakan Arkademi untuk mendukung kamu jadi praktisi PR yang kredibel.

#3. Mempelajari PR yang diminati

Sudah disinggung sebelumnya, praktisi PR akan memiliki skillset yang berbeda tergantung industri yang dipilihnya.

Itu mengapa penting untuk kamu mengetahui jenis PR yang akan kamu perdalami.

Artikel ini sudah merangkum 5 jenis public relations secara umum.

  • Periklanan

Dalam bidang periklanan, seorang ahli hubungan masyarakat dapat memusatkan perhatiannya pada memastikan kampanye iklan sesuai dengan merek perusahaan dan memenuhi ekspektasi audiens target. 

  • Pendidikan

Spesialis hubungan masyarakat yang bekerja di bidang pendidikan mungkin bertanggung jawab dalam memperoleh donasi untuk membangun fasilitas baru, membeli peralatan atau bahkan menjadi pengajar bidang public relations.

  • Pemerintahan

Para spesialis PR di pemerintahan bertugas dalam mengkomunikasikan program-program pemerintah yang membantu kepada publik, merilis berita dan bekerja untuk memastikan masyarakat memperoleh informasi yang jelas dan akurat tentang kebijakan pemerintah.

  • Politik

Kamu akan bertanggung jawab untuk menjaga citra seorang politisi, menjawab pertanyaan media tentang keputusan politik, dan menangani sisi persepsi publik dari kampanye politik.

  • Bisnis

Jenis atau profesi PR yang satu ini, merupakan yang paling luas, ada begitu banyak cara menjadi public relations di industri bisnis.

Tergantung pada kebutuhan bisnis, kamu mungkin akan membutuhkan skillset yang berbeda.

Setelah mengetahui jenis PR, mari kita lanjutkan cara menjadi public relations yang bisa Arkawan lakukan untuk switching career.

#4. Bergabung dengan komunitas

Kamu bisa mengembangkan keahlian PR dengan bergabung ke komunitas komunikasi atau PR. Kembangkan networking untuk kamu yang sedang mencari pekerjaan, dapatkan juga ilmu dari orang-orang yang tergabung dalam komunitas.

#5. Dapatkan Sertifikat

Pastikan juga kamu melengkapi keahlian PR dengan memiliki sertifikat yang kredibel. Sertifikat bisa kamu dapatkan dengan aktif mengikuti seminar, kursus maupun pelatihan yang menjamin sertifikat kredibel.

#6. Buat Portofolio

Saat Arkawan tergabung dalam kursus maupun pelatihan PR, biasanya kamu akan mendapat tugas akhir untuk memenuhi kelulusan. Proyek seperti ini bisa kamu lampirkan menjadi portofolio saat melamar pekerjaan.

Jika Arkawan belum mengikuti kursus ataupun pelatihan PR, bangun portofolio kamu dengan rutin menulis di user generated media.

Bagaimana, setelah membaca artikel ini apakah kamu menemukan cara menjadi public relations lainnya? Tinggalkan pesan kamu di kolom komentar ya!

Arkademi menyediakan kursus public speaking, dan kursus copywriting – dua keahlian yang wajib kamu miliki untuk menjadi praktisi PR yang andal.

Unduh aplikasinya di Google Play Store dan dapatkan 20.000 Arkademi Koin saat mendaftar dan tambahan 5.000 untuk melengkapi data diri.