1. Beranda
  2. Pengembangan Diri
  3. Tips dan Cara Membuat Surat Lamaran Kerja dalam Bahasa Inggris agar Diterima Kerja

Tips dan Cara Membuat Surat Lamaran Kerja dalam Bahasa Inggris agar Diterima Kerja

cara membuat surat lamaran kerja dalam bahasa inggris
Pengembangan Diri

Kemampuan bahasa inggris saat ini sangat diperlukan dalam aktivitas sehari-hari didalam sebuah perusahaan, khususnya perusahaan asing yang berdiri di Indonesia.

Selain itu banyak juga perusahaan-perusahaan besar yang saat ini menggunakan bahasa inggris dalam proses recruitment hingga interview. Oleh karena itu sangat diperlukan bagi kandidat untuk menguasai bahasa inggris.

Dalam artikel ini, kami akan membahas mengenai bagaimana cara membuat surat lamaran kerja dalam bahasa inggris dan contohnya :

Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat surat lamaran bahasa inggris

Berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam pembuatan surat lamaran bahasa inggris :

#1. Perhatikan Grammar

Hal yang perlu diperhatikan pertama adalah penggunaan grammar yang benar dan sesuai. Grammar perlu diperhatikan karena akan menggambarkan konteks dari penulisan surat lamaran itu sendiri.

Selain itu pastikan kamu menggunakan bahasa yang formal, bentuk jamak atau tunggal hingga gaya bahasa.

#2. Pastikan surat lamaran padat dan jelas

Recruiter sangat menyukai surat lamaran yang padat dan jelas dalam menyampaikan tujuannya. Pastikan surat lamaran yang kamu buat singkat dan padat dalam menjelaskan tujuan surat lamaran.

Hindari menggunakan kalimat yang bertele-tele atau terlalu panjang karena akan memakan waktu recruiter dalam membacanya dan membuat mereka tidak tertarik.

#3. Perhatikan struktur surat lamaran kerja

Secara umum surat lamaran kerja bahasa inggris tidak berbeda jauh dengan struktur surat lamaran kerja lainnya. Struktur surat lamaran kerja biasanya terdiri dari beberapa bagian berikut ini :

a). Kepala surat

b). Salam Pembuka

c). Isi surat

d). Salam Penutup

e). Tanda Tangan

Baca Juga : 10 Urutan Berkas Lamaran Kerja yang Benar Supaya Dilirik HR

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

1#. Tulis Kontak Penerima

Kontak penerima ini sangat penting untuk ditulis karena berhubungan dengan tujuan penerima surat lamaran kerja sendiri. Pastikan kamu menulis penerima dengan benar seperti alamat tujuan, gelar dan tanggal penulisan surat.

2#. Salam Pembuka

Selanjutnya adalah sapaan penerima surat. Silahkan membuat sapaan kepada penerima surat dengan menuliskan nama atau posisi penerima surat dengan benar :

  • Dear Human Resources
  • Dear [Nama Penerima]

3#. Paragraf Pembuka

Selanjutnya adalah paragraf pembuka. Kamu dapat mengisi paragraf pembuka dengan kalimat yang menarik supaya recruiter membaca lebih cepat. Kamu dapat mengisi paragraf dengan kalimat berikut :

  • Pekerjaan yang dilamar
  • Informasi mengenai cara mendapatkan lowongan pekerjaan
  • Nama perusahaan

Kamu juga harus memperhatikan jenis pekerjaan dan bidang pekerjaan yang dilamar sehingga harus menyesuaikan gaya bahasa supaya tidak terlalu formal dan terlalu santai.

4#. Isi Surat

Tulis informasi mengenai skill hingga alasan kenapa recruiter harus menerima kamu. Isi surat ini sangat penting karena akan sebagai bahan pertimbangan apakah kamu akan lolos dalam tahap selanjutnya atau tidak.

Selain mengisi skill dan alasan kenapa harus menerimamu, kamu dapat menambahkan pencapaian sudah didapatkan baik itu selama perkuliahan atau dari pengalaman sebelumnya. Dengan adanya pencapaian tersebut akan membuat peluang kamu lebih tinggi.

5#. Paragraf Penutup

Selanjutnya adalah menulis paragraf penutup, pastikan kamu menuliskan kalimat dengan sopan dan berikan antusiasme yang tinggi untuk bergabung dengan perusahaan. Kamu dapat menuliskan ucapan terima kasih kepada recruiter kemudian dilanjutkan dengan kalimat antusiasme yang tinggi untuk lolos ke tahap selanjutnya.

6#. Salam Penutup

Bagian terakhir adalah salam penutup, kamu bisa mengakhiri surat dengan signature dan nama jelas . Kamu dapat menggunakan kalimat best regards, warm regards, atau sincerely yours.

Baca Juga : 9 Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan, Wajib Diketahui Calon Pelamar

 

Contoh Surat Lamaran dalam Bahasa Inggris


 

30 February, 2023

 

Cyntia Aula

Human Resources Manager

BUANAHANA

Zip Code 321 Employment

 

Dear Cyntia,

 

I am excited to apply for the Content Writer position at PT. BUANAHANA. With my passion for writing and my previous experience as a freelance writer, I am confident that I can contribute to the success of your company.

 

As a writer, I have developed a keen eye for detail, excellent research skills, and the ability to write in a variety of styles and tones. I am also comfortable using content management systems and working in a fast-paced environment. I am confident that my skills and experience make me a great fit for your team.

 

In my previous role as a freelance writer, I had the opportunity to work with a variety of clients across different industries, from finance to healthcare. I produced high-quality content, including blog posts, social media posts, and articles, that drove engagement and increased website traffic. I am excited to bring this experience to your team at PT. BUANAHANA.

 

I am drawn to PT. BUANAHANA’s commitment to sustainability and innovation. I believe that my skills and experience align well with your company’s values and vision. I am excited about the opportunity to contribute to your company’s growth and success.

 

Thank you for considering my application. I look forward to the opportunity to discuss my qualifications further.

 

Sincerely,

[Alila]

Membuat sebuah lamaran kerja dalam bahasa inggris sangat diperlukan untuk calon pelamar kerja yang ingin berkarir di dalam sebuah perusahaan yang saat ini sangat diperlukan untuk skill menguasai bahasa inggris. Apabila kamu masih bingung bagaimana cara membuat surat lamaran hingga CV dan bagaimana mengirimkannya kamu bisa mengikuti kursus pembuatan CV.

Dalam kursus tersebut kamu akan belajar bagaimana cara membuat CV yang baik dan memiliki peluang untuk lolos ketahap selanjutnya.

Ketegori Kelas Terpopuler

Rekomendasi Artikel