1. Home
  2. Karier
  3. Cara Membuat Animasi Bergerak di HP Android, Mudah kok!

Cara Membuat Animasi Bergerak di HP Android, Mudah kok!

Karier
Cara Membuat Animasi Bergerak di HP Android Paling Mudah Dicoba

Cara membuat animasi bergerak di aplikasi atau platform pendukung, sudah dibutuhkan oleh animator. Beda dengan dulu, yang harus dilakukan secara manual. Sehingga, fungsi dari perkembangan zaman ini, dimanfaatkan oleh para developer mengembangkan aplikasi pembuat animasi secara mudah.

Tidak perlu peralatan mahal, Arkawan bisa memakai HP dalam pengaplikasiannya, dan cara membuat animasi bergerak di HP cukup mudah, bisa dibawa kemana saja, dan dikerjakan kapan saja. Pembuatan animasi sekarang, lebih realistis dan transparan, jadi lebih mudah dijangkau oleh siapapun.

Aplikasi untuk Membuat Animasi Bergerak

Sebelum masuk ke cara pembuatan, Arkawan diharapkan tahu akan aplikasi apa saja yang menaungi hal tersebut, atau bisa membuat animasi bergerak, diantaranya:

  1. PicsArt Animator, GIF and Video
  2. Animate Me!
  3. FlipaClip – Cartoon Animation
  4. Toontastic 3D
  5. StickDraw: Animation Maker
  6. Animasi Kamera GIF MOB
  7. Animation Desk: Make Your Animation and Cartoons
  8. I Can Animate
  9. Draw Cartoons 2
  10. PicPac Stop Motion and TimeLapse

Aplikasi di atas, memiliki keunggulan dalam membuat video animasi pembelajaran juga di HP. Kemudian, bisa membuat video animasi tulisan tangan, dan bisa membuat animasi bergerak sekaligus berberbicara di Android. Masih ada keunggulan-keunggulan lainnya yang ada di aplikasi masing-masing.

Baca Juga : Rekomendasi Kelas Video Editing dan Software Untuk Pemula

Cara Membuat animasi bergerak 2D

Cara Membuat video animasi 2D, bisa dilakukan di Android yang mana nantinya animasi yang dihasilkan berformat 2D atau dua dimensi. Untuk pengaplikasian ini, Arkawan bisa membuatnya di FlipaClip Cartoon Animation.

Cara membuat animasi bergerak dengan aplikasi ini, menggunakan teknik menggambar dengan di atas layar HP, jadi pastikan Arkawan mempunyai alat pendukung yah! Kemudian, banyak template yang tersedia untuk dipilih dalam berkreasi.

Berikut adalah cara lengkapnya:

  1. Download aplikasi FlipaClip di HP Android dan jangan lupa untuk diinstal.
  2. Setelah diinstal, Arkawan menjawab pertanyaan dari aplikasi FlipaClip mengenai data, kemudian akan dialihkan ke halaman utama.
  3. Saat di halaman utama, pastikan tinggal klik ikon “+” untuk membuat film kartun di Android.
  4. Beri judul proyek yang akan Arkawan buat, di bagian Project Name.
  5. Arkawan bisa memilih latar belakang atau background dari animasi yang hendak dibuat.
  6. Klik bagian “Choose Background”, dan pilih sesuai preferensi.
  7. Di bagian “Choose Canvas Size”, Arkawan akan diminta memilih ukuran dan format video yang ada, pastikan sesuai apa yang akan dibuat yah!
  8. Pilihan format meliputi, output untuk YouTube, Instagram, TikTok, maupun Facebook, dengan resolusi dan rasio yang tersedia (sesuai standar masing-masing).
  9. Arkawan bisa menentukan jumlah frame per detik (FPS) yang akan menentukan seberapa halus video animasi yang akan dibuat.

Jika Arkawan ingin membuat animasi berbicara di HP, maka tinggal klik ikon “speaker” di bagian kiri layar, dan tambahkan efek suara, baik yang diunduh dari internet maupun rekam sendiri. FlipaClip bisa jadi cara, membuat animasi kartun sederhana, yang bisa dicoba.

Untuk melihat preview video, Arkawan bisa mengetuk ikon “Play” di layar. Arkawan bisa ubah animasi yang dibuat, ke dalam format film lain, seperti MP4. Caranya, cukup ketuk ikon tiga titik di kanan atas layar, dan pilih opsi “Make Movie”. Gampang kan?

Cara Membuat animasi bergerak 3D

Selain animasi 2D, juga ada animasi 3D yang bisa dibuat dalam aplikasi Animate It!. Lewat aplikasi ini, Arkawan bisa membuat film animasi secara keren, dan karakternya mirip dengan game Minecraft. Aplikasi ini didukung oleh Engine Unity agar film animasi bisa bergerak.

Arkawan akan diberikan opsi dalam banyak karakter dan elemen yang ada, dan itu semua bisa dipakai secara gratis. Cara membuat animasi bergerak dengan aplikasi ini terbilang susah-susah gampang, karena dibutuhkan kejelian dalam memakaianya.

Untuk itu, kita perlu mengikuti langkah-langkah pembuatan dalam aplikasi ini dengan benar:

  1. Download dan instal aplikasi Anime It!, kemudian tinggal jalankan dengan membuka aplikasi.
  2. Arkawan perlu mengklik ikon “hamburger” di pojok kiri atas layar, dan buat judul animasi yang diinginkan Arkawan pada kolom yang tersedia.
  3. Terdapat berbagai tools dalam menggerakkan bagian tubuh karakter, berjalan untuk berpindah tempat, hingga bisa menambah frame, dan masih banyak lagi.
  4. Di tombol “hamburger”, Arkawan bisa juga mengganti karakter dan menambahkan objek yang akan ditambahkan ke dalam animasi Arkawan.
  5. Di bagian bawah, nantinya akan terlihat sejumlah scene yang bisa diatur dalam melihat pergerakan karakter yang ada. Untuk melihat preview-nya, bisa cukup ketuk tombol “Play” agar berjalan.
  6. Untuk menyimpan hasil editan bisa klik ikon ”Save” di bagian atas, dan sayangnya, Animate It! Ini, tidak memberikan opsi untuk mengekspor hasil ke galeri handphone.

Baca Juga : Daftar 10 Hobi yang Bisa Jadi Sumber Cuan!

Kalau sudah tahu begitu, ternyata cara membuat animasi bergerak di HP maupun laptop gampang yah! Untuk menambah skill Arkawan dalam hal ini, Arkademi lagi buka promo untuk kursus yang dirasa cocok dan murah untuk Arkawan. Arkawan bisa cek ke website kami, agar tahu lebih lanjutnya!

Jangan lupa, download dan instal aplikasi kami di Play Store maupun App Store di HP kamu yah! agar mudah mengaksesnya..

Rekomendasi