Masih bingung? Inilah Cara Membeli Kelas dan Menukarkan Kupon Prakerja di Arkademi

Membeli kelas dan menukarkan kupon Arkademi
Prakerja

Untuk membeli kelas pelatihan digital, Anda harus memiliki kode kupon Prakerja terlebih dulu. Kode ini bisa Anda dapatkan setelah memasukkan data berupa nomor kartu Prakerja dan lolos verifikasi OTP dari Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja.

Voucher Prakerja sendiri merupakan media pengganti pembayaran tunai bagi peserta yang hendak mengikuti pelatihan. Dibandingkan sistem manual, penerapan kode kupon memudahkan peserta untuk memilih jenis pelatihan yang sesuai minat dan saldo yang dimiliki.

Kendati demikian, voucher Prakerja memiliki jangka waktu selama tiga puluh hari. Jika melebihi batas waktu tersebut, maka voucher akan hangus dan tidak bisa digunakan. Anda yang sudah pernah mendapatkan pelatihan dan tidak menggunakan voucher Prakerja selama tidak puluh hari, tidak akan mendapatkan kesempatan lagi di gelombang lainnya.

Bagaimana Cara Membeli Kelas Dengan Kupon Prakerja?

Pada dasarnya, membeli kelas pelatihan di Arkademi menggunakan voucher Prakerja sangat mudah. Berikut tata caranya.

Beli Kupon

Kupon pelatihan Prakerja dapat dibeli melalui platform digital atau marketplace yang bekerja sama dengan Kementerian Tenaga Kerja. Sementara pelatihan Prakerja di Arkademi hanya bisa dibeli menggunakan saldo pada platform digital yang menjalin kerja sama dengan Arkademi, seperti Bukalapak, Tokopedia, Sekolahmu, Pintaria, PijarMahir, dan MauBelajarApa.

Setiap marketplace tidak selalu menyediakan pelatihan Prakerja Arkademi yang sama. Bisa jadi marketplace X menyediakan lima jenis pelatihan, sedangkan marketplace Z hanya tiga. Untuk meminimalisasi kesalahan pilih, pastikan mencari informasi dengan cara membaca deskripsi yang tersedia.

Sama halnya dengan pelatihan yang tersedia di Arkademi. Tidak semua pelatihan di Arkademi ditujukkan untuk Prakerja. Terdapat beberapa jenis pelatihan yang hanya berlaku dengan pembelian langsung menggunakan pembayaran transfer, bukan saldo Prakerja.

Buat Akun

Setelah memiliki voucher Prakerja, buatlah akun di Arkademi. Arkademi sendiri merupakan lembaga pelatihan online resmi yang menyediakan beragam pelatihan bersertifikat untuk para pemegang kartu Prakerja.

Cara membuat akun di Arkademi sangat mudah. Klik Gunakan Kupon. Isi kolom email dengan alamat email aktif kemudian dilanjutkan dengan kata sandi, nama lengkap, dan pekerjaan Anda. Terdapat beberapa pilihan jenis pekerjaan, yakni karyawan swasta, profesional, PNS & BUMN, wiraswasta, pelajar atau mahasiswa, dan belum bekerja.

Pendaftaran akun juga dapat dilakukan menggunakan akun media sosial Google+ dan Facebook. Pastikan seluruh kolom terisi dan nama sesuai dengan kartu identitas diri karena akan digunakan pada sertifikat elektronik.

Gunakan Kupon

Setelah proses validasi, Anda bisa menggunakan kupon Prakerja yang didapat dari marketplace untuk memulai pelatihan. Beli pelatihan yang tersedia di Arkademi. Pilih pelatihan sesuai dengan minat dan kebutuhan Anda.

Setelah pembelian berhasil, saldo Anda akan terpotong sesuai harga yang tertera. Anda juga akan memperoleh kode voucher Prakerja dari marketplace yang dipilih untuk digunakan di Arkademi sebagai syarat masuk ke dalam pelatihan.

Untuk  mengetahui kode voucher, cek riwayat pembelian pada aplikasi marketplace atau melalui email pemberitahuan pembelian di marketplace.

Mulai Pelatihan

Setelahnya, Anda boleh masuk kelas dan memulai pelatihan. Anda bebas belajar di mana saja dan kapan saja. Untuk memaksimalkan pelatihan, catat hal penting yang diberikan oleh mentor. Ikuti pelatihan online dengan penuh semangat hingga tuntas dan selesaikan seluruh seri ajar, termasuk pratest dan post test.

Mendapatkan Sertifikat

Jika sudah menyelesaikan seluruh pelatihan, maka Anda berhak mendapatkan sertifikat elektronik. Nantinya, pihak Arkademi akan menghubungi PMO Prakerja. Anda akan diminta menunggu selama maksimal dua hari kerja untuk mendapatkan sertifikat pelatihan tersebut.

Demikianlah informasi mengenai cara menukarkan kupon Prakerja untuk membeli kelas pelatihan di Arkademi. Sangat mudah, bukan? Ayo, tukarkan voucher Prakerja Anda di Arkademi!