1. Home
  2. Sertifikasi
  3. Apa itu ISO 9001? Pengertian, Manfaat, hingga Pentingnya Sertifikat!

Apa itu ISO 9001? Pengertian, Manfaat, hingga Pentingnya Sertifikat!

Sertifikasi
apa itu iso 9001 lengkap beserta pengertian fungsi dan manfaatnya

Apa itu ISO 9001?, sering ditemukan orang yang masih belum paham akan hal ini, padahal ini hal yang familiar di sekitar kita, terutama perusahaan. Hanya saja, memang hanya orang-orang tertentu yang tahu akan hal ini (berkecimpung di dunia ini).

Istilah di atas lebih dikenal sebagai sertifikasi ISO 9001 yang ada di perusahaan. Gunanya untuk menandakan atau melabeli bahwa produk atau jasa yang dimiliki sudah memenuhi persyaratan kualitas konsumen dan berstandar atau bertaraf internasional.  

Untuk tahu lebih lanjutnya, simak penjelasan berikut.

Pengertian ISO 9001

Apa itu ISO 9001? ISO 9001 merupakan standar internasional yang dijadikan patokan perusahaan dalam menjaga konsistensi produk. Maksudnya adalah menjaga kualitas produk yang ada sesuai kelayakan konsumen, dengan indikasi kepuasan dan loyalitas pelanggan.

Kedua poin tersebut sangat penting untuk meningkatkan efisiensi dari proses produksi, entah dari segi waktu maupun bahan baku. Adanya ISO, mendukung hal tersebut, jadi pengertian ISO 9001 lebih ke pedoman yang dapat digunakan perusahaan dalam melakukan aktivitas atau operasional.

ISO sendiri, tidak bermaksud mengekang dalam hal kreativitas perusahaan, hanya saja sebagai panduan agar dinilai lebih tepat. ISO 9001 merupakan bagian dari keluarga sistem standar manajemen mutu rancangan agar dapat memenuhi kebutuhan pelanggan serta stakeholder-nya.

Manfaat ISO 9001

ISO 9001 merupakan hal yang penting dalam pertumbuhan maupun peningkatan kinerja dari organisasi maupun perusahaan dan terdapat banyak manfaat jika direalisasikan dengan penuh, diantaranya:

1. Jaminan kualitas terhadap mutu produk, dalam hal ini barang ataupun jasa, yang dihasilkan (output).

2. Bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan/mitra kerja dengan baik.

3. Membantu sistem manajemen terbakukan

4. Menjadikan bisnis proses atau aliran proses terkendali dan termonitoring

5. Bisa meningkatkan kinerja perusahaan atau organisasi

6. Bisa memenuhi persyaratan pelanggan terutama persyaratan tender

7. Memiliki alat ukur kinerja organisasi atau perusahaan

8. Manfaat ISO 9001 selanjutnya adalah, arah tujuan organisasi bisa terukur dan terarah

9. Bisa continual improvement (memperbaiki secara berkelanjutan) atau evaluasi diri.

10. Bisa melakukan branding perusahaan atau organisasi

Baca Juga : Fungsi ISO Sebagai Pedoman Standar Perusahaan

Pentingnya ISO 9001

ISO 9001 menjadi penting di era sekarang, karena branding dan ekonomi digital sedang dbutuhkan di zaman ini. Makanya kita, perusahaan tidak boleh gaptek atau harus update jika ingin bersaing dengan benar. Apalagi jamannya sekarang adalah kompetitif secara ketat.

ISO 9001 menjadi salah satu kunci dasar di sebuah organisasi atau perusahaan dalam meraih tujuan masing-masing. Jadi, apa itu ISO 9001 sangat berperan penting dalam menerapkan sistem manajemen yang baik, yang nantinya mempengaruhi kualitas dan produk yang ada.

Akan beda kualitas manajemen dari perusahaan yang menggunakan ISO dan tidak. Jadi bagi yang ingin maju, bisa menggunakan ini agar terus update akan perkembangan jaman. ISO dianggap sebagai standar perusahaan dalam mengetahui kemauan dari pelanggan akan suatu produk atau barang.

Prinsip ISO 9001

Prinsip dari ISO 9001 adalah lebih ke:

1. Fokus Pelanggan

Prinsip pertama ini, lebih ke memberikan kebutuhan-kebutuhan melebihi harapan dari konsumen, yang mana bertujuan untuk mencapai kepuasan pelanggan.

2. Kepemimpinan

Prinsip kedua lebih ke kepemimpinan, yang mana setiap pimpinan di perusahaan memiliki tanggung jawab akan target yang ditentukan oleh perusahaan. Salah satu cara mencapai itu, dengan melakukan pemberdayaan yang baik.

3. Keterlibatan Orang Lain

Hal ini lebih ke treatment kepada pelanggan dengan cara didukung oleh orang yang ahli. Maksudnya adalah semua tingkatan dalam perusahaan diberdayakan untuk mencapai hal tersebut (dilibatkan).

4. Pendekatan Proses Bisnis

Prinsip keempat lebih ke sistem manajemen yang bermutu dengan didasarkan pada proses yang murni, melibatkan semua pihak yang terkait di perusahaan.

5. Peningkatan Terus-Menerus

Perusahaan harus melakukan improvement jika ingin bertahan dalam persaingan dunia industri digital jaman ini.

6. Pendekatan Faktual dalam Pembuatan Keputusan

Perusahaan harus membuat keputusan berdasarkan data dan fakta yang ada.

7. Hubungan Pemasok yang Saling menguntungkan

Menjaga relasi memang diperlukan, agar semakin baik kedepannya, misal pemasok, karyawan, mitra bisnis, dan lain-lain yang berpengaruh penting bagi perusahaan.

Baca Juga : 4 Tips Memilih Lembaga Sertifikasi ISO 9001

Pelatihan ISO 9001

Pelatihan ISO 9001 sangat penting dilakukan oleh perusahaan, karena dengan melakukan pelatihan ini, bisa memanajemen mutu lebih baik dalam hal SDM maupun kualitas produk. Terdapat juga sertifikasi ISO 9001 yang mana diperlukan untuk memperkuat hal tersebut.

Untuk mendapatkan sertifikasi, perlu yang namanya audit data terlebih dahulu, melalui dua tahap, diantaranya dokumentasi dan implementasi dokumen yang sudah disahkan. Kegiatan audit dilakukan oleh badan sertifikasi atau independen yang kinerjanya sudah diakui (terakreditasi).

Biaya sertifikasi ISO 9001 macam-macam, tergantung kebutuhan perusahaan. Tetapi setidaknya, secara rata-rata harga dari sertifikasi ISO adalah 40-50 juta. Itu sudah termasuk paket lengkap atau standar dalam pelayanan ke perusahaan jadi tidak mahal jika cakupannya perusahaan.

Arkawan juga bisa mendapatkan pelatihan ISO 9001 untuk perusahaan dan karyawan di lembaga kami, yaitu Arkademi. Fasilitas dan paket yang diberikan lengkap, tinggal pilih yang mana. Harga terjangkau dan dipastikan kita sudah diakui secara pemerintah atau terakreditasi.

Untuk mengakses lebih mudah, kami juga memiliki aplikasi yang bisa diakses melalui Play Store maupun Google Play. Jadi tinggal diunduh saja dan gampang diakses dimana saja. Cocok untuk Arkawan yang sedang di jalan, dan ingin mengakses info lebih lanjut mengenai kami secara mudah.

Untuk itu, penjelasan mengenai apa itu ISO 9001 sudah terjawab di atas, bahwa sangat penting bagi perusahaan dalam upgrade marketing dan ekonomi digital di era sekarang. Apalagi berkaitan dengan branding.

Rekomendasi