5 Alasan Pentingnya Sertifikasi K3 Umum

sertifikasi k3 umum
Keselamatan KerjaPersiapan Kerja

Arkawan pastinya sudah paham dong kalau sertifikasi K3 umum adalah sebuah proses yang perlu dijalani untuk mendapat sertifikat yang menyatakan bahwa peserta kredibel untuk menjadi petugas di bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja di perusahaan. Berhubungan langsung dengan keselamatan dan Kesehatan di ruang publik maupun sebuah perusahaan, seseorang perlu dibekali banyak ilmu untuk mampu menganalisis bahaya dan manajemen resiko hingga penanganan jika terjadi suatu hal diluar dugaan yang berkaitan dengan keselamatan dan Kesehatan di tempat kerja.

Saat ini, pemerintah bahkan mengeluarkan regulasi bahwa di setiap perusahaan perlu ada petugas yang mampu mengemban tugas K3, namun tidak semua orang bisa dianggap ahli maka dari itu perusahaan perlu memberikan training atau mempekerjakan seorang ahli yang memiliki latar belakang dan bagi kamu yang sudah menyelesaikan proses sertifikasi K3 umum tentunya menjadi pilihan utama bagi para pemberi kerja, mengingat harga  pelatihan yang ada saat ini di pasaran tergolong mahal dan membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikannya.

Arkademi sebagai kursus online bersertifikat hadir dengan pelatihan sertifikasi K3 umum, bidang konstruksi, kelas persiapan sertifikasi K3, analisis dan pengendalian bahaya, audit system K3, inspeksi hingga penyusunan data K3 untuk kebutuhan perusahaan. Sebelum membahas lebih lanjut tentang kelas sertifikasi K3 umum yang ada di Arkademi, yuk cari tau alasan pentingnya mengambil sertifikasi K3 Umum.

Alasan perusahaan membutuhkan petugas K3 umum bersertifikat

1. Petugas yang memiliki latar belakang pendidikan atau dilengkapi oleh sertifikat K3 dianggap mampu melaksanakan operasional K3, hal ini sangat penting untuk menjadi pertimbangan karena petugas akan bertanggung jawab penuh atas keselamatan dan Kesehatan karyawan tempatnya bekerja.

2. Menyelesaikan sertifikasi K3 artinya mendapatkan sertifikat K3 yang saat ini sangat berharga tidak hanya untuk mendapat pekerjaan namun juga untuk menaikkan jenjang karir petugas/karyawan tersebut.

3. Petugas yang memiliki sertifikat dianggap memiliki pemahaman mendalam tentang lingkungan kerja dan bisa memaksimalkan kenyamanan lingkungan dalam waktu bersamaan meminimalisir kecelakaan kerja dengan kemampuan analisisnya.

4. Mengurangi angka kecelakaan kerja menjadi fokus utama dari petugas K3.

5. Perusahaan yang memiliki sejumlah petugas K3 dengan ragam jabatan dianggap sebagai perusahaan yang menerapkan kaidah dan taat pada aturan pemerintah sehingga bisa menimbulkan citra baik bagi perusahaan.

sertifikasi k3 umum

Setelah mengetahui alasan pentingnya sebuah perusahaan membiayai karyawannya untuk mengambil sertifikasi K3, berikut beberapa jenis sertifikasi K3 yang disesuaikan oleh kebutuhan tiap perusahaan:

1. Sertifikasi K3 Umum.

2. Sertifikasi K3 untuk Petugas Kebakaran.

3. Sertifikasi untuk Juru Las.

4. Sertifikasi Ahli K3 Kimia dan Petugas K3 Kimia.

5. Sertifikasi K3 untuk Ahli Migas.

6. Sertifikasi K3 untuk Petugas P3K.

7. Sertifikasi untuk Auditor Internal Sistem Manajemen K3.

8. Sertifikasi untuk Ahli K3 Listrik.

Sertifikasi K3 Umum di Arkademi

Seperti yang sebelumnya sudah disinggung, di Arkademi ada beberapa pilihan kelas untuk membantu karyawan mengambil sertifikat di BNSP. Salah satu kelas yang paling banyak diminati adalah Menjadi Pengawas Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Umum, telah dibeli lebih dari 20 peserta, kelas ini cocok untuk diambil para calon petugas K3 sebelum mengambil sertifikasi profesi. Materi yang disampaikan sudah mendapat penyesuaian dengan kebutuhan industri saat ini, disampaikan oleh instruktur profesional yang sudah bergelut di ranah K3 khususnya Migas, Arkawan bisa mendapat ilmu sebanyak-banyaknya dengan harga terjangkau yaitu Rp800.000, dengan tambahan cashback berupa Arkademi Koin sebesar Rp40.000.

Apa Itu Arkademi Koin?

Arkademi Koin adalah program loyalitas yang kami tawarkan kepada semua pengguna Arkademi, unduh aplikasinya di Google Play Store untuk langsung mendapat 20.000 Arkademi Koin dan tambahan 5.000 jika melengkapi data diri. Informasi selengkapnya tentang Arkademi Koin bisa lihat di halaman berikut.

Arkademi adalah kursus online bersertifikat terdaftar resmi di Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, telah bekerjasama dengan puluhan Lembaga dan instruktur profesional dan kredibilitas untuk menyediakan kursus online yang terjangkau dan berkualitas guna membantu Angkatan kerja mendapatkan posisi jabatan yang diinginkan menggunakan sertifikat yang dikeluarkan oleh Arkademi maupun Lembaga yang menjadi partner.