1. Home
  2. Dari Arkademi
  3. Tangible Adalah Aset yang Perlu Dipahami Sebelum Mulai Startup Sendiri!

Tangible Adalah Aset yang Perlu Dipahami Sebelum Mulai Startup Sendiri!

Dari Arkademi

Arkawan, bercita-cita memulai startup mu sendiri? Kenali dulu salah satu aset yang wajib kamu pahami. Secara definisi, tangible adalah sebuah elemen pembeda antara produk/jasa yang ditawarkan perusahaan. Tangible yang memiliki arti nyata/fisik merupakan sesuatu yang bisa dirasakan oleh indra manusia.

Sebagai CEO sebuah startup atau pebisnis muda, kenali dulu apa saja yang termasuk tangible dan intangible asset. Hal ini krusial untuk diketahui karena elemen inilah yang akan menjadi identitas produk/jasa yang ditawarkan kepada pasar dengan pembeda yang mencolok diantara pesaing.

Aset tangible adalah

salah satu komponen dari dimensi kepuasan pelanggan, bayangkan sebuah scenario saat Arkawan berkunjung ke sebuah hotel yang memiliki lobby luas, bersih dan terang. Hal-hal ini akan menciptakan ekspektasi bahwa siapapun yang menginap di tempat ini akan mendapat kepuasan, dan bandingkan jika Arkawan berkunjung ke hotel dengan lobby yang gelap dan cenderung kotor tentunya hal ini akan merusak ekspektasi calon customer. Jika diterapkan pada produk aplikasi yang menawarkan jasa, asset tangible adalah semua yang bisa dilihat maupun dirasakan oleh customer.

Aset tangible menjadi komponen penting sesaat setelah konsep ServQual disebarluaskan pada 15 tahun lalu. Terdapat 5 dimensi pada ServQual:

tangible adalah

1.       Tangible

Tangible adalah suatu ukuran kemampuan perusahaan untuk menawarkan produk/jasa yang memuaskan untuk customer melalui hal-hal yang dapat terlihat dan terukur. Jika Arkawan memulai bisnis atau startup yang menawarkan jasa, makan salah satu elemen tangiblenya adalah semua materi promosi yang didistribusikan melalui pilihan channel yang sesuai.

tangible adalah

2.       Reliability

Seperti artinya, bisa dipercaya. Sebuah perusahaan juga harus memenuhi elemen ini untuk bisa mendapat customer baru atau merawat customer menjadi seseorang yang loyal. Berbeda dengan dimensi Tangible, dimensi yang satu ini justru tidak terlihat namun manfaatnya bisa dirasakan dan diukur.

tangible adalah

3.       Responsiveness

Dimensi untuk mengukur kepuasan pelanggan dengan elemen utama seberapa cepat sebuah perusahaan memberikan informasi dan menangani masalah. Untuk perusahaan perintis, dimensi ini sangat penting untuk menjaga nama baik perusahaan dan membangun interaksi yang baik dengan customer.

tangible adalah

4.       Assurance

Dimensi ini membicarakan tentang sebuah jaminan bahwa customer akan mendapatkan apa yang sudah dibelinya, jika Arkawan memulai usaha menjual makanan kering pastikan tidak ada salah pengiriman produk yang mungkin akan melanggar elemen assurance ini.

tangible adalah

5.       Empathy

Jika tangible adalah segala elemen pengukur kepuasan yang bisa terlihat dan terasa oleh indera manusia, pada dimensi empathy justru kebalikannya semua ukuran untuk menemukan nilai kepuasan yang dirasakan customer. Biasanya posisi ini dinamai dengan customer service pada perusahaan perintis.

Setelah kita memahami apa itu tangible dan dimensi lainnya untuk mengukur kepuasan pelanggan Arkawan sudah bisa mulai memeriksa apakah strategi yang kalian susun sudah memenuhi dimensi tersebut. Terlebih jika kamu ingin membangun sebuah startup, dimensi ini tidak hanya penting untuk kebutuhan internal perusahaan namun juga bisa menjadi sebuah data pendukung saat Arkawan melakukan pitching ke potential investor.

Selain mengetahui dimensi ServQual, lengkapi juga pengetahuan kalian dengan mengambil berbagai pelatihan di Arkademi yang bisa mendukung kecakapan dalam membangun sebuah usaha hingga level merintis perusahaan. Salah satu pelatihan rekomendasi di Arkademi adalah Menguasai Kerangka Kerja Perusahaan Startup.

Seluruh pelatihan dilakukan 100% online, dengan materi ajar yang sudah disesuaikan dengan standarisasi kebutuhan di dunia pekerjaan saat ini. Disampaikan oleh mentor yang ahli dibidangnya, Arkawan juga akan mendapat sertifikat penyelesaian pelatihan di akhir pembelajaran sebagai bukti kompetensi. Segera unduh aplikasi di Google Play Store dan daftarkan diri untuk mendapat 20.000 Arkademi Koin dan tambahan sebesar 5.000 jika melengkapi data diri.

Arkademi adalah kursus online bersertifikat di Indonesia, terdaftar resmi di Kementrian Komunikasi dan Informatika telah bekerjasama dengan lebih dari puluhan mentor dan Lembaga Pelatihan dengan standarisasi nasional.

Tentang Arkademi Koin

Arkademi Koin adalah program loyalitas yang bisa dinikmati oleh pengguna baru maupun lama, koin yang didapatkan bisa digunakan Kembali untuk membeli kelas pilihan.

Rekomendasi

Nikmati belajar auticad untuk oemula
Dari Arkademi Pengembangan Karier

11 Tips Mudah Belajar Autocad Untuk Pemula Lengkap

Arkawan yang memiliki latar belakang jurusan teknik pastinya pernah belajar AutoCAD. Sebuah software pengembangan dari generasi sebelumnya bernama CADD (Computer Aided Design and Drafting), dalam pengembangannya hampir seluruh gambar berbentuk…
Baca Artikel