Mengenal Apa Itu Project Cost Management, Elemen dan Kenapa itu Penting

Mengenal project management cost
Pengembangan Diri

Manajemen biaya sangat penting untuk berjalannya sebuah proyek.

Sebuah proyek akan selalu membutuhkan biaya untuk keberlangsungan proyek tersebut.  Manajemen biaya bermanfaat dalam sebuah proyek untuk memaksimalkan sumber daya yang ada dan mengurangi potensi kerugian akibat kelebihan anggaran.

Secara sederhana proyek management merupakan proses identifikasi dan penentuan biaya supaya dapat terkontrol dengan baik.

Dalam artikel ini, kamu akan belajar mengenai project management cost dan bagaimana langkah dalam melakukan project management cost yang baik.

Apa Itu Project Management cost

Project management cost adalah proses identifikasi, memperkirakan, penganggaran, hingga pengontrolan biaya yang dibutuhkan dalam proses sebuah proyek.

Tujuan dari adanya project cost management ini adalah memastikan bahwa proyek tidak mengeluarkan anggaran yang sudah ditentukan dan mengurangi biaya yang tidak diperlukan.

Beberapa proyek yang berhasil biasanya memiliki beberapa ciri berikut :

  • Proyek memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan dan ruang lingkupnya.
  • Memiliki kualitas proyek yang tinggi
  • Proyek dapat selesai sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.
  • Proyek sesuai dengan anggaran yang sudah ditetapkan.

Kenapa Project Management Cost Penting

Walau terdengar asing, management keuangan merupakan hal yang sangat dekat dengan kita.

Misalnya saja apabila kita memutuskan untuk membangun sebuah rumah, maka kamu harus memiliki gambaran mengenai anggaran yang dibutuhkan dan prosesnya.

Dengan adanya anggaran, maka langkah selanjutnya adalah membaginya ke dalam budgeting sesuai dengan keperluan dan kebutuhan.

Tanpa anggaran yang sudah ditentukan, maka akan sangat sulit untuk mengurangi biaya-biaya yang tidak diperlukan.

Hal ini juga berlaku dalam sebuah perusahaan yang akan menjalankan sebuah proyek. Sebuah proyek akan membutuhkan sebuah rencana anggaran yang jelas dimulai dari yang besar hingga secara detail.

Berikut ini merupakan manfaat manajemen cost dan kenapa penting bagi seorang project manager.

  • Menentukan ekspektasi yang jelas dengan stakeholder
  • Mengontrol perubahan yang kemungkinan terjadi dan memanfaatkan transparansi
  • Melacak kemajuan proyek dan merespon tindakan
  • Mencegah kehilangan uang didalam proyek, meningkatkan ROI dan mempertahankan margin
  • Sebagai data untuk proyek-proyek masa depan yang akan dilakukan

Baca Juga : Mengenal Project Quality Management, Elemen dan Kenapa itu Penting

Element Dalam Cost Management

Element dalam cost management

Dalam sebuah cost management terdapat beberapa informasi yang perlu disiapkan dalam membuat rencana lebih terperinci.

Berikut ini merupakan beberapa elemen dalam cost management yang perlu disiapkan dalam pembuatan perencanaan.

Alat Ukur

Alat ukur dimaksudkan untuk mengukur dimensi, kuantitas dan sebagainya. Alat ukur penting karena akan menjadi metrik dalam pengukuran yang diperlukan.

Setiap wilayah akan memiliki metrik alat ukurnya sendiri, jika di Amerika biasa menggunakan meter, maka di jerman biasa menggunakan inci.

Tingkat Presisi

Tingkat presisi berarti menjelaskan seberapa dekat tingkat yang diukur dengan biaya.

Hal ini diperlukan agar terjadi sinkronisasi antara biaya sebenarnya yang akan dikeluarkan dan anggarkan.

Hal ini juga diperlukan supaya menghindari perbedaan yang signifikan.

Ambang Kontrol

Ambang kontrol merupakan batasan yang minimal atau maksimal dari variabel cost yang dianggarkan.

Tergantung dengan proyek yang dijalankan, ambang batas ini berfungsi sebagai batasan apabila terjadi ketidak sesuaian biaya agar menjadi bahan evaluasi untuk mencari solusi dan kembali kejalan yang sesuai.

Aturan Ukuran Performa

Merupakan bahan pertimbangan dengan teknik yang ingin digunakan untuk mengukur performa proyek.

Kamu bisa menggunakan teknik manajemen nilai atau metode persentase penyelesaian.

Format Pelaporan

Pelaporan dalam proses sangat diperlukan untuk melihat bagaimana proses penyelesaiannya. Format pelaporan harus ditentukan protokolnya meliputi seberapa sering pelaporan akan dilaporkan hingga format yang akan dilaporkan.

Langkah Project Management Cost

Manajemen biaya merupakan salah satu proses yang berurutan, karena perannya yang sangat penting maka langkah dalam melakukan project management cost harus dilakukan secara hati-hati.

Berikut ini merupakan langkah-langkah dalam melakukan manajemen biaya,

Persiapan Sumberdaya Proyek

Sumber daya merupakan hal penting dari setiap proyek. Perencanaan sumber daya perlu dilakukan untuk identifikasi sumber daya yang perlu dilakukan dalam berlangsungnya sebuah proyek.

Dengan adanya identifikasi yang diperlukan maka akan berpengaruh terhadap kesiapan dan proses yang akan dilakukan kedepannya.

Perkiraan Biaya

Langkah selanjutnya setelah melakukan proses identifikasi sumber daya yang diperlukan adalah menghitung perkiraan biaya yang akan dikeluarkan.

Hal ini penting untuk menghindari antara perbedaan yang signifikan antara pekiraan biaya yang akan dikeluarkan dengan biaya aktual.

Budgeting

Penganggaran adalah proses mengalokasikan biaya ke bagian-bagian tertentu dari suatu proyek selama periode waktu tertentu. Anggaran mencakup ketentuan kontinjensi dan meliputi menangani biaya tak terduga.

Alasan lain untuk menetapkan adanya anggaran adalah organisasi sering mengandalkan arus kas masa depan yang diharapkan untuk adanya  pembiayaan mereka. Pada awalnya, manajer proyek memiliki sumber daya yang terbatas dan harus menetapkan tujuan yang sesuai. Ini seperti membangun fondasi dan rumah satu lantai dalam beberapa bulan pertama dan menyelesaikan sisa proyek saat Anda menabung lebih banyak.

Kontrol Biaya

Pengendalian biaya adalah proses mengukur perbedaan biaya dari garis dasar dan mengambil tindakan yang tepat seperti meningkatkan anggaran yang dialokasikan atau mengurangi ruang lingkup pekerjaan untuk mengisi kesenjangan. Manajemen biaya adalah proses berkelanjutan yang terjadi sepanjang proyek. Fokusnya adalah pelaporan dan pengukuran yang tepat waktu dan jelas.

Nah itu dia penjelasn singkat mengenai project cost management, jadi dapat disimpulkan bahwa manajemen biaya ini merupakan hal yang sangat penting untuk setiap project yang dijalankan.

Setiap proyek akan membutuhkan manajemen biaya yang baik untuk mengurangi adanya kerugian dan meningkatkan kesuksesannya.

CTA project management

Untuk belajar mengenai manajemen proyek pastinya tidak mudah, kamu harus belajar lebih dahulu mengenai apa itu project management dan berbagai macamnya, kamu bisa mengikuti kursus project management di Arkademi untuk belajar lebih dalam mengenai project management tersebut.