1. Home
  2. Dari Arkademi
  3. Pengertian dan Contoh Inbound Marketing Adalah

Pengertian dan Contoh Inbound Marketing Adalah

Dari Arkademi
inbound marketing adalah

Inbound marketing adalah salah satu strategi yang umum digunakan dalam dunia digital marketing, saat ini beberapa perusahaan yang berfokus pada pemasaran digital mulai mencari orang-orang yang mampu menerapkan strategi inbound marketing secara efektif. Jika Arkawan saat ini sedang mencari pekerjaan, memiliki pemahaman tentang strategi pemasaran tentunya bisa meningkatkan daya jual kalian di mata perusahaan loh.

Sebagai awal, yuk pahami lebih dulu apa yang dimaksud dengan strategi inbound marketing

Inbound marketing adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk menarik perhatian calon pembeli melalui konten yang mengedepankan interaksi, dan solusi yang relevan dengan kebutuhan calon pembeli. Sebagai penyedia konten, harus mampu mengoptimasi kata kunci agar begitu calon pembeli mencari kata kunci yang serupa layanan yang ditawarkan oleh perusahaan bisa menjadi yang pertama kali dilihat, hal ini bisa dilakukan melalui search engine optimization alias menjadi merek yang muncul di halaman pertama Google.

Tahapan strategi inbound marketing adalah sebagai berikut:

inbound marketing adalah

1. Menarik perhatian/attract

Pada tahapan awal, semua kegiatan yang dilakukan bertujuan untuk menarik perhatian calon pembeli atau pengguna yang sudah disasar sesuai dengan harapan perusahaan. Untuk mengetahui hal ini, Arkawan harus memiliki data yang valid terkait demografis, dan kebiasaan target audiens. Cara yang bisa kamu lakukan untuk menarik perhatian melalui dua metode, berbayar maupun tidak, jika kamu baru terjun di dunia pemasaran digital disarankan untuk memulai sebuah kegiatan yang organic atau tanpa mengeluarkan biaya yang besar, mulai dari menulis artikel SEO pada blog perusahaan, menghasilkan short video, atau memproduksi podcast yang saat ini sedang menjadi tren. Inbound marketing adalah strategi komunikasi yang juga biasa disebut soft selling.

Tips: Konten berupa infografik dan video lebih menarik bagi calon konsumen. Tawarkan solusi dari masalah yang sudah teridentifikasi sebelum menawarkan produk/jasa.

inbound marketing adalah

2. Membangun komunikasi dua arah/engage

Kemampuan seorang digital marketing utamanya ada di keahliannya meyakinkan seseorang bahwa produk/jasa yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan/cocok untuk mengatasi masalah apapun yang dihadapi calon pembeli. Kemampuan ini juga diolah menjadi beragam Teknik marketing, salah satunya melalui komunikasi dua arah, sebuah konten yang mampu memunculkan interaksi dua arah antara penyedia produk/jasa dengan target audiensnya. Kegiatan engage dalam strategi inbound marketing adalah sebuah tahap mengubah seseorang yang sudah mengetahui merek/perusahaan menjadi seseorang yang bersedia membeli. 

Tips: Jika Arkawan bekerja di bidang jasa, buatlah konten yang menanyakan seberapa puas konsumen terhadap pelayanan perusahaan.

3. Membina hubungan dengan pengguna/delight

Walau menjadi yang terakhir di sebutkan, namun sesungguhnya strategi inbound marketing adalah sebuah proses berkesinambungan. Tahapan ini menuntut perusahaan mampu membina hubungan baik dengan pengguna produk/jasa agar mau melakukan pembelian selanjutnya. Cara paling mudah untuk membina hubungan dengan pengguna adalah dengan aktif menanyakan apakah produk perusahaan masih relevan dan hal=hal apa yang mungkin bisa ditingkatkan untuk kepuasan. Dengan begini, selain mendapat reputasi yang baik dari pengguna, kita juga mampu memperpanjang siklus hidup pembeli atas produk/jasa yang ditawarkan.

Kesimpulannya, strategi inbound marketing adalah segala upaya yang dilakukan seseorang untuk menarik perhatian calon pembeli melalui konten yang menarik, interaktif, dan bermanfaat dalam jangka Panjang. Setelah memahami apa itu inbound marketing, mari bahas contoh inbound marketing yang bisa Arkawan eksekusi saat menjalankan strategi ini.

1. Attract stage – Manfaatkan ads/iklan berbayar untuk menarik perhatian target audiens, produksi video yang bisa di posting ke beberapa media (IG reels, Tiktok, short video di Youtube atau IG story). Optimasi halaman website melalui penggunaan keyword yang tepat dan efektif, biasanya melalui artikel SEO.

Tips: Siapkan strategi konten yang efektif sehingga bisa dipecah menjadi beberapa materi, hal ini akan memudahkan Arkawan dalam mendistribusikan informasi melalui berbagai platform dengan efisien!

2. Engage stage – Hal yang penting Arkawan lakukan pada tahapan ini adalah menganalisis data untuk mengenal lebih dalam persona calon target audiens agar selanjutnya bisa menyiapkan konten yang lebih sesuai dan disebar melalui channel yang lebih beragam.

Tips: Manfaatkan email marketing dan marketing automation tools untuk terus membina hubungan baik dengan calon pembeli.

3. Delight stage – tahapan untuk memastikan kepuasan pelanggan, gunakan survey kepuasan untuk memvalidasi asumsi dan sebagai data perkembangan produk/jasa kedepannya. Gunakan semua saluran komunikasi dengan efektif untuk mendapatkan saran, dan kritik. Ingat ya, inbound marketing adalah strategi yang berkelanjutan.

Itu tadi pengertian dan contoh penerapan strategi inbound marketing. Jika disimpulkan, inbound marketing adalah salah satu strategi dari banyak yang biasa dilakukan perusahaan. Jika Arkawan tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang strategi ini, Arkademi menawarkan kelas Strategi Inbound Marketing Untuk Spesialis Pemasaran. Kelas dilaksanakan 100% online, Arkawan bisa menyelesaikan kelas dimana saja dan kapan saja, dibawakan oleh mentor yang ahli dibidangnya, kamu juga akan mendapatkan sertifikat resmi setelah penyelesaian kelas yang bisa menjadi nilai tambah saat kamu melakukan lamaran kerja ataupun sebagai syarat kenaikan pangkat di perusahaan.

Terdaftar resmi di Kementrian Komunikasi dan Informatika, Arkademi telah bekerjasama dengan puluhan mentor dan Lembaga Pendidikan untuk menghasilkan metode ajar yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan industri saat ini. Unduh aplikasinya di Google Play Store dan dapatkan 20.000 Arkademi Koin!

Tentang Arkademi Koin

Program loyalitas berupa cashback untuk pembelian kelas yang kami tawarkan kepada seluruh pengguna. Informasi lebih lanjut mengenai cara mendapatkan dan penggunaan klik disini. Segera lengkapi data diri dan dapatkan Arkademi Koin untuk pengguna baru maupun lama hingga 25.000! 

Rekomendasi