1. Home
  2. Dari Arkademi
  3. Ini dia 3 Tugas Tour Leader yang Perlu Kamu Ketahui!

Ini dia 3 Tugas Tour Leader yang Perlu Kamu Ketahui!

Dari Arkademi
tugas tour leader

Hai Arkawan! Suka travelling dan berniat menghasilkan uang dari hobi tersebut? Pastinya kamu sudah mempertimbangkan profesi pemandu wisata ya. Tapi apa sudah tau kalau tugas tour leader itu banyak loh, tidak semata-mata hanya menemani tamu berkeliling ke tempat-tempat wisata, menjamin keamanan dan kenyamanan juga menjadi tugas tour leader. 

Penasaran untuk tahu lebih banyak tentang pekerjaan tour leader? Lebih dulu pahami perbedaan tugas tour leader dan tour guide dulu yuk! Sekilas dua profesi ini terlihat sama ya, sama-sama menemani wisatawan berjalan-jalan dan mendapat bayaran untuk hal tersebut, padahal ada perbedaan mendasarnya loh yaitu jadwal dan durasi perjalanan, tanggung jawab serta kualitas pengetahuan tentang destinasi wisata yang dituju.

Jika Arkawan memilih mendalami profesi tour guide, kalian diwajibkan untuk mampu menemani wisatawan di beberapa destinasi yang sudah disetujui bersama berbeda dengan pekerjaan tour leader yang wajib menemani keseluruhan rangkaian perjalanan wisatawan contohnya mulai dari menjemput di bandara/pelabuhan, mengantar ke destinasi yang disetujui hingga ke lokasi baru yang mungkin muncul di tengah perjalanan. Akibatnya tanggung jawab ini merupakan tugas tour leader untuk memastikan keamanan dan kenyamanan wisatawan. Perbedaan selanjutnya adalah, tugas tour leader secara umum lebih berat karena diharapkan memiliki pengetahuan sejarah lebih luas dibanding tour guide yang hanya bertanggung jawab di destinasi tertentu saja.

Setelah memahami perbedaan tour guide dan tour leader, yuk ketahui lebih dalam apa saja tugas tour leader yang perlu kamu ketahui untuk menunjang profesi ini.

tugas tour leader

Berikut Tugas Tour Leader

1. Mampu mempersiapkan rangkaian perjalanan yang efektif

Tugas tour leader yang utama adalah menyiapkan rangkaian perjalanan dari mulai kedatangan hingga jadawal wisatawan pulang kembali ke kotanya masing-masing, perlu keahlian khusus untuk bisa menyiapkan rencana perjalanan yang tidak membuang waktu namun tetap bisa memenuhi keinginan wisatawan yang kita pandu. Tour leader yang baik harus bisa mengestimasikan waktu dan jarak antar tempat dan memiliki rencana alternatif jika lokasi yang dituju tidak memungkinkan atau adanya perubahan lokasi di tengah perjalanan.

tugas tour leader

2. Mengikuti perkembangan berita wisata terkini

Pada poin ini, tugas tour leader juga meluas hingga kemampuannya untuk mengetahui lokasi-lokasi destinasi yang sedang ramai diperbincangkan, harga tiket masuk, akses jalan dan hal-hal yang mungkin luput dari perhatian wisatawan contohnya saja menggunakan baju tertutup jika ingin mengunjungi situs keagamaan tertentu. Tugas tour leader juga harus mampu menjelaskan sejarah, keunikan dari tempat yang dituju sehingga wisatawan mendapat informasi lengkap, hal ini akan sangat berpengaruh terhadap performa dan kredibilitas seorang tour leader loh, jadi pastikan kamu sudah mengetahui banyak informasi tentang destinasi wisata sebelum menjadi pemandu wisata ya.

tugas tour leader

3. Bersikap ramah dan tegas

Walau bertugas untuk memandu para wisatawan, tugas tour leader juga menjamin keamanan dan kelancaran rangkaian perjalanan hal ini menjadi nilai penting yang tidak luput dari tugas tour leader. Kemampuan bernegosiasi juga akan sangat bermanfaat apalagi kalau sedang dihadapkan oleh wisatawan yang sulit diajak bekerja sama dari segi waktu, dan etika. Harus diingat bahwa wisatawan yang dipandu sangat mungkin tidak memiliki pengetahuan apapun tentang lokasi yang akan dituju jadi tugas tour leader harus bisa menjaga sikap sambil tetap bersikap ramah agar keseluruhan perjalanan terasa nyaman dan menyenangkan untuk tour leader maupun wisatawan yang menyewa jasa.

Nah, itu tadi tiga tugas tour leader yang wajib kamu ketahui sebelum terjun langsung mendalami profesi tour leader. Untuk meningkatkan kredibilitas, sekarang sudah tersedia sertifikasi dari BNSP loh, dan untuk pelatihannya kamu bisa mengambil kelas Menjadi Pendamping Wisata Profesional di Arkademi.

Sebagai penyedia kursus online bersertifikat pertama di Indonesia, Arkademi sudah terdaftar resmi di Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia mudah diakses melalui web maupun mobile Apps yang sudah tersedia di Google Play Store.

Rekomendasi