1. Home
  2. Dari Arkademi
  3. Halaman Dashboard Prakerja Kosong? Simak Solusinya

Halaman Dashboard Prakerja Kosong? Simak Solusinya

Dari Arkademi
Dashboard prakerja kosong

Program kartu Prakerja sudah mencapai gelombang 30, namun setelah membuat akun dan menyelesaikan tahapan pendaftaran halaman dashboard prakerja kosong atau tidak menampilkan apapun? Hal ini tentunya membuat beberapa pemilik kartu menjadi resah, karena pada halaman inilah mereka bisa memantau kelas yang sudah dibeli, melihat sertifikat penyelesaian guna mendapat insentif dari pemerintah.

Setelah mendapat informasi yang cukup, berikut dua penyebab umum dashboard prakerja kosong atau tidak bisa diakses:

1.       Koneksi internet tidak stabil

Penyebab utama dari gagalnya akses ke halaman dashboard prakerja disebabkan oleh koneksi internet yang tidak stabil pada smartphone/gawai elektronik yang kamu gunakan untuk mengakses. Cara mengatasi hal ini dengan pastikan Kembali sambungan internet, jika masih terdapat kendala kamu bisa menghubungi penyedia layanan internet atau operator dari seluler yang kamu gunakan.

Dashboard prakerja kosong

2.       Website prakerja down/overload

Penyebab website down bisa diakibatkan dari pihak penyedia yang mengalami perlambatan hingga down dikarenakan jumlah akun yang mengakses halaman di waktu yang bersamaan meningkat pesat hingga tampilan dashboard prakerja kosong/blank. Hal ini sering terjadi saat pembukaan setiap gelombang, sekaligus menunjukan antusiasme masyarakat yang berlomba untuk mendapat kartu prakerja, jadi jika Arkawan memiliki kebutuhan mengakses halaman dashboard untuk sekedar melihat sertifikat atau penyelesaian kelas dan mengalami tampilan yang kosong tidak perlu panik ya, silahkan tunggu minimal hingga keesokan hari untuk memuat ulang halaman dashboard prakerja.

Tips mengakses halaman prakerja di waktu senggang, Arkawan bisa cek berkala di waktu tengah malam atau pagi hari mulai pukul 05.00-07.00. Jika sudah mencoba hal ini namun tampilan dashboard prakerja kosong silahkan ajukan pengaduan ke layanan service center yang dengan mudah diakses melalui nomor 08001503001 atau memanfaatkan fitur chatting di halaman resmi prakerja yang aktif pada Senin-Minggu mulai 08.00 hingga 20.00.

Jika sudah mengetahui kedua penyebab di atas namun Arkawan masih mengalami tampilan dashboard prakerja kosong segera lakukan pengaduan dengan mengisi formulir agar kelas yang kamu beli tidak hangus sia-sia sehingga kamu tertinggal untuk mendapatkan sertifikat penyelesaian kelas dan gagal menerima insentif.

Cara melakukan pengisian formulir pengaduan untuk mengatasi tampilan dashboard prakerja kosong

1.       Ketik link berikut atau akses ke https://www.prakerja.go.id/formulir-pengaduan.

2.       Isi nama lengkap yang sesuai dengan Identitas diri dan yang kamu daftarkan di kartu prakerja.

3.       Pilih opsi “Peserta Prakerja” sebagai identifikasi diri.

4.       Lengkapi data diri yang diminta mulai dari alamat surel, nomor handphone dan nomor prakerja yang sudah kamu miliki, pastikan nomor handphone yang kamu masukan masih aktif dan jangan sampai ada kesalahan saat menuliskan nomor kartu yang bisa membuat formulir kamu tertolak.

5.       Pilih tipe pelayanan yang kamu butuhkan, ketik “Kendala”.

6.       Lanjutkan dengan memilih kategori kendala yang sudah ada, klik tulisan “dashboard” dan pada sub kategori pilih “halaman blank” untuk mendapat bantuan tampilan dashboard prakerja kosong.

7.       Sertakan deskripsi kendala yang Arkawan alami pada kolom yang disediakan secara rinci, mulai dari kendala serta kebutuhan yang kamu ingin dapatkan dari penyedia jasa.

8.       Pastikan Arkawan juga menyertakan screenshot atau bukti tangkapan layar halaman dashboard prakerja kosong sebagai bukti, ingat ya hasil foto yang di upload tidak boleh memiliki kapasitas lebih dari 5Mb atau foto tidak akan terupload.

9.       Setelah memastikan semua informasi data diri dan masalah yang dihadapi, klik verifikasi “term & condition” yang ada dibawah halaman dan lakukan yang dimintakan untuk reCAPTCHA.

10.   Tahapan terakhir, klik “kirim pesan”.

Setelah melakukan semua tahapan diatas, Arkawan akan segera menerima email konfirmasi penerimaan kendala dari pihak penyedia kartu prakerja, dan semua tahapan selanjutnya akan dijelaskan melalui email.

Pentingnya melakukan pengaduan dashboard prakerja kosong

Pada halaman dashboard terdapat banyak informasi yang kamu butuhkan untuk menyelesaikan sebuah tahapan kelas dan mendapat insentif yang dijanjikan pemerintah, yaitu sebesar Rp600.000 yang akan dikirim setiap bulan selama empat bulan. Jadi halaman dashboard prakerja kamu terupdate secara rutin untuk mencegah kendala-kendala yang menyebabkan kelas tidak selesai, dan sertifikat yang gagal diterima.

Tentang Kartu Prakerja

Kartu prakerja adalah program bantuan pemerintah untuk masyarakat yang keuangannya terdampak oleh pandemi COVID19 sehingga kehilangan pekerjaan dan kesulitan memulai bisnis, bekerjasama dengan beberapa Lembaga penyedia kursus, tersedia pilihan kelas yang bisa diambil oleh masyarakat untuk meningkatkan peluang perbaikan keuangan.

Arkademi sebagai partner kartu prakerja

Arkademi adalah kursus online yang sejak awal kemunculan kartu prakerja sudah bekerjasama dalam penyediaan kursus online bersertifikat dengan tawaran kelas untuk pemegang kartu. Peserta bisa mengakses website atau mengunduh aplikasinya di Google Play Store, selain itu kami juga menawarkan program loyalty berupa Arkademi Koin yang bisa didapatkan pengguna baru sebesar 20.000 dengan tambahan 5.000 jika melengkapi data diri. Informasi lebih lanjut terkait Arkademi Koin bisa diakses di sini.

Rekomendasi