1. Beranda
  2. Pengembangan Diri
  3. Tips dan Cara Menjadi Wartawan Online (Panduan Jurnalis)

Tips dan Cara Menjadi Wartawan Online (Panduan Jurnalis)

Cara Menjadi Wartawan Wajib Diketahui Pemula
Pengembangan Diri

Wartawan merupakan orang yang bertugas melakukan kegiatan jurnalistik secara rutin. Wartawan memiliki peran penting dalam menyusun berita yang dimuat di media cetak, media elektronik, dan media online. Untuk menghasilkan berita yang kredibel, seorang wartawan harus memiliki kemampuan yang sesuai dengan profesi wartawan. Lantas, bagaimana cara menjadi wartawan?

Cara Menjadi Wartawan Online

Tips dan Cara Menjadi Wartawan yang wajib dipahami

Terdapat banyak cara menjadi wartawan yang dapat kamu lakukan. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

Pelajari Ilmu Jurnalistik

Memahami ilmu jurnalistik menjadi kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang wartawan. Ilmu jurnalistik akan membantu wartawan dalam memahami norma dan menjalankan aktivitas jurnalistik. Aktivitas jurnalistik yang dilakukan seperti menulis, mengelola, menganalisis, teknik reportase, dan pemilihan bahasa berita.

Mulai dengan Magang

Magang merupakan sebuah proses penerapan kompetensi yang didapatkan di pendidikan formal. Magang akan memperkenalkan bagaimana sistem dalam dunia kerja. Kamu akan belajar bagaimana cara beradaptasi dengan lingkungan hingga menyelesaikan masalah dalam pekerjaan sehingga diharapkan kamu dapat bekerja secara profesional saat bekerja di suatu perusahaan. Dalam magang, kamu akan lebih banyak melakukan praktek kerja lapangan seperti meliput berita atau menulis berita untuk diterbitkan di media.

Buat Portofolio

Portofolio merupakan dokumen penting dalam melamar pekerjaan yang berisikan data pribadi, pengalaman organisasi atau volunteer, pengalaman magang hingga kerja, hasil karya yang pernah dibuat, pelatihan yang pernah diikuti, dan prestasi seseorang. Portofolio menjadi dokumen penting dalam melamar pekerjaan, hal tersebut karena portofolio akan melampirkan bukti pencapaian atau karya apa saja yang pernah kamu hasilkan selamCa bekerja di suatu tempat.

Portofolio akan mempermudah recruiter akan menilai apakah kamu merupakan calon karyawan yang berkompeten dan sesuai dengan kualifikasi perusahaan. Untuk membuat portofolio, kamu dapat membaca artikel Cara Membuat Portofolio Lamaran Kerja untuk Fresh Graduate dan Contohnya

Melamar Pekerjaan Sebagai Wartawan di Media

Untuk memulai langkah menjadi wartawan profesional, kamu harus mulai melamar pekerjaan sebagai wartawan di media pers. Dengan demikian, kamu akan melakukan kegiatan jurnalistik dengan efisien. Hal ini juga akan membuka kesempatan kamu untuk membangun relasi dengan reporter, penulis, editor, dan profesi lain yang bergerak dalam bidang jurnalistik. Kamu juga dapat mendengarkan pengalaman mereka dan meminta feedback atas pekerjaan yang telah kamu lakukan sebagai wartawan junior.

Terus belajar Mengenai Jurnalistik

Jurnalistik merupakan ilmu dasar yang harus dimiliki seorang jurnalis agar dapat melakukan pekerjaannya dan menghasilkan berita yang kredibel dan sesuai dengan fakta. Dengan terus mempelajari ilmu jurnalistik kamu akan dapat menambah wawasan baru mengenai jurnalistik, memiliki keahlian di bidang terkait, dan paham tentang etika jurnalistik.

Memperdalam ilmu jurnalistik juga akan membantu kamu dalam meningkatkan kemajuan karir. Selain itu, mengikuti perkembangan teknologi untuk mempraktekannya dalam ilmu jurnalistik juga penting. Teknologi sangat berkaitan erat dengan pekerjaan jurnalis. Maka sebagai wartawan sangat penting untung tetap up to date atau modern.

Skill Seorang Wartawan

Untuk menjadi seorang wartawan profesional, kamu harus memiliki skill yang sesuai untuk mempermudah kamu dalam mengerjakan pekerjaan di bidang jurnalistik. Selain itu, skill yang kamu miliki juga akan menjadi bekal untuk dapat bekerja di industri pers. Berikut skill yang harus kamu miliki jika ingin menjadi wartawan.

Komunikasi

Komunikasi merupakan kemampuan dasar bagi seorang wartawan. Kemampuan ini akan mempermudah wartawan untuk dapat menyampaikan informasi secara terperinci, jelas, dan mudah dipahami oleh audiens. Kemampuan komunikasi juga akan mempermudah wartawan untuk meliput ataupun mewawancarai narasumber. Dengan komunikasi yang lancar dan pemilihan bahasa yang baik akan memperkecil kemungkinan adanya kesalahpahaman yang terjadi antara narasumber dan wartawan.

Menulis

Menulis juga merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang wartawan. Meskipun wartawan menyampaikan berita dengan audio visual, namun kemampuan menulis juga dibutuhkan untuk dapat menulis script untuk penyiaran berita di televisi, radio, ataupun di podcast.

Pemilihan kata dalam menulis script juga harus diperhatikan seperti menggunakan bahasa yang umum dan mudah dipahami audiens. Penulisan script juga harus menggunakan ejaan yang benar dan memperhatikan kaidah bahasa.

Pengambilan Video

Wartawan biasanya menyajikan informasi yang didapatkan pada media elektronik seperti televisi. Merekam video terkait peristiwa yang diliput menjadi hal yang penting karena audiens akan dapat menikmati berita dengan visual gambar dengan kualitas yang tinggi. Gambar yang berkualitas akan membantu audiens untuk lebih mudah memahami informasi yang disampaikan jika menggunakan audiovisual. Karya jurnalistik dengan format video dapat berupa video dokumenter dan video reportase.

Time Management

Wartawan merupakan profesi yang tidak mengenal waktu jam kerja. Hal ini karena wartawan dituntut untuk selalu sigap dan up to date dalam meliput peristiwa yang terjadi dilapangan. Maka, sebagai seorang wartawan kamu harus dapat memanajemen waktu dengan baik agar semua pekerjaan yang kamu miliki dapat selesai.

Update Info Terkini

Wartawan dituntut harus selalu up to date tentang informasi yang terjadi saat ini. Wartawan harus menjadi orang pertama yang mengetahui suatu peristiwa, karena wartawan merupakan orang yang berperan penting dalam penyebaran informasi. Tanpa adanya seorang wartawan, publik tidak akan mengetahui apa saja peristiwa yang sedang terjadi di lapangan.

Wawasan yang Luas

Untuk menjadi seorang wartawan, memahami ilmu jurnalistik saja tidak cukup. Wartawan harus memiliki wawasan yang luas dan paham akan berbagai jenis bidang. Wartawan yang memiliki wawasan luas akan lebih mudah menganalisis dan mengelola informasi yang didapatkan di lapangan. Selain itu, dengan memiliki wawasan yang luas seorang wartawan akan lebih mudah untuk mewawancarai narasumber dari berbagai latar belakang.

Untuk menjadi seorang wartawan, belajar otodidak tidak cukup. cara menjadi wartawan melalui pendidikan formal akan lebih membantu kamu untuk mewujudkan cita-citamu menjadi seorang wartawan.

Pendidikan formal tidak hanya didapatkan dari perguruan tinggi saja. Tetapi kamu juga dapat mengikuti pendidikan formal dengan ikut kursus. Arkademi merupakan kursus online yang siap membantu kamu untuk meningkatkan skill dan mengembangkan karir profesional di bidang jurnalistik.

Arkademi memiliki kelas jurnalistik yang akan mengajarkan peserta untuk memahami fundamental jurnalistik hingga praktek membuat berita yang kredibel. Untuk selengkapnya mengenai kelas jurnalistik, kamu dapat klik banner dibawah ini.

Menjadi Jurnalis Profesional dengan kursus jurnalis di Arkademi

Rekomendasi