8 Cara Menjadi MC Handal untuk Pemula yang Wajib Diketahui

cara menjadi mc yang perlu diketahui untuk pemuka
Pengembangan Diri

Dalam suatu acara, MC atau master of ceremony memiliki peran yang penting untuk memandu suatu acara dari awal hingga berakhirnya sebuah acara.

Walau terlihat mudah, faktanya untuk menjadi seorang mc diperlukan kemampuan public speaking yang bagus.

Dalam artikel ini kamu akan belajar bagaimana cara menjadi mc yang baik dan mampu menarik audience dalam mengikuti sesi acara yang akan dilakukan :

Apa Itu MC

Dilansir dari practicularadultinsight MC adalah “individu yang bertindak sebagai fasilitator dan tuan rumah dalam suatu acara. Secara umum, ia akan menjalankan beberapa fungsi, beberapa di antaranya berkaitan dengan berinteraksi dengan para tamu dan yang lainnya terkait dengan pekerjaan di belakang layar.”

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa MC merupakan orang yang bertugas menjadi fasilitator atau penghubung antara pemilik acara dengan audience untuk mengikuti acara yang ada.

Tugas MC

Seorang MC memiliki beragam tugas dalam menjalankan acara. Beberapa tugas yang umum dilakukan oleh seorang MC antara lain:

  • Membuka dan menutup acara dengan kata sambutan yang menarik.
  • Mengenalkan pembicara atau tamu yang hadir.
  • Menjaga kelancaran acara dan memastikan semua sesi berjalan sesuai jadwal.
  • Mengisi waktu luang dengan konten menarik atau hiburan ringan.
  • Menghubungkan antara satu sesi dengan sesi berikutnya untuk menjaga alur acara tetap terjaga.
  • Menghadirkan semangat dan energi positif kepada audiens.

Gaji Seorang MC

Gaji seorang MC sangatlah bervariatif, ada berbagai macam faktor yang menjadi penyebab besar kecilnya gaji seorang MC, seperti popularitas, pengalaman, jenis acara hingga kompleksitas acara tersebut.

Dilansir data yang diberikan oleh lifepal, dalam satu kali acara untuk MC yang sudah berpengalaman dapat menghasilkan hingga Rp5.000.000. Cukup menggiurkan bukan ?

Baca Juga : 4 Alasan Pentingnya Public Speaking dalam Bisnis

Cara Menjadi MC yang Disukai Banyak Orang

Berikut ini merupakan tips dan cara yang bisa kamu gunakan untuk  menjadi seorang MC,

Selalu Berlatih Berbicara

Dengan latihan berbicara akan membuat kamu semakin mahir untuk menjadi seorang MC. Dengan latihan kamu akan lebih percaya diri saat akan melakukan public speaking.

Latihlah intonasi, artikulasi hingga kontrol suara yang baik. Kamu dapat latihan berbicara didepan cermin atau menggunakan rekaman suara untuk melihat kekurangan dan memperbaikinya.

Lakukan Persiapan yang Matang

Persiapan yang matang akan membuat kamu lebih percaya diri saat akan melakukan public speaking. Kamu dapat mempersiapkan berbagai hal seperti materi, ppt hingga alat” yang memang diperlukan.

Dengan persiapan yang matang juga akan menghindari adanya kesalahan saat melakukan public speaking.

Berkomunikasi dengan Audience

Sebuah acara atau event yang menyenangkan harus mengajak audience untuk ikut berkomunikasi. Audience akan senang karena dengan adanya interaksi membuat sebuah acara berjalan menyenangkan.

Pastikan Intonasi Jelas

Intonasi suara yang jelas dan variatif adalah kunci dalam menjadi MC yang menarik. Gunakan intonasi yang sesuai dengan situasi, misalnya, ketika menyampaikan berita penting atau humor ringan. Jaga agar suara kamu terdengar jelas dan terhindar dari kebiasaan bicara yang monoton.

Kamu juga dapat menggunakan jeda seperti koma atau titik untuk memberikan kesempatan bagi pendengar memahami apa pesan yang ingin kamu sampaikan.

Baca Juga : 9 Teknik Public Speaking Supaya Presentasi Lancar

Sering Mengikuti Seminar

Dengan sering mengikuti seminar akan membuat kamu memahami berbagai macam cara MC membawakan sebuah acara. Kamu dapat belajar dengan cara mengamati setiap mc seperti intonasi suara, bahasa tubuh hingga bagaimana seorang MC membawakan acara tersebut.

Kamu dapat mengikuti dan belajar bagaimana cara seorang MC berpengalaman saat membawakan sebuah acara.

Kuasai Materi

Langkah selanjutnya yang perlu kamu perhatikan untuk menjadi seorang mc adalah harus menguasai materi yang akan dibawakan.

Dengan menguasai materi kamu akan lebih percaya diri saat akan memandu acara. Kamu dapat belajar dengan cara jenis acara apa yang akan dibawakan, topik yang akan dibahas, hingga susunan acara.

Belajar dari MC Berpengalaman

Kamu dapat belajar dari MC berpengalaman, seperti mengikuti kegiatan webinar, menonton video hingga belajar langsung dari MC tersebut.

Pelajari semua yang dibutuhkan untuk menjadi seorang mc, seperti apa saja yang perlu disiapkan, pembawaan acara, gerakan tubuh, hingga intonasi ucapan.

Baca Juga : Coba 7 Tips Belajar Public Speaking Untuk Pemula Anti Gugup

Mengikuti Kursus Online

Langkah selanjutnya yang perlu kamu coba untuk menjadi seorang MC adalah dengan mengikuti kursus online. Dengan mengikuti kursus kamu akan belajar bagaimana cara public speaking yang baik di depan umum. Selain itu kamu akan diajar oleh mentor berpengalaman yang akan menambah pemahaman kamu bagaimana cara menjadi seorang MC yang baik.

Untuk menjadi seorang MC yang baik diperlukan banyak latihan, oleh karena itu kamu harus selalu belajar untuk menghilangkan rasa gugup dan meningkatkan rasa percaya diri untuk menghindari adanya kesalahan.

Selain itu kamu juga dapat mengikuti kursus online public speaking untuk meningkatkan skillmu berbicara di depan umum, tentu skill ini akan sangat membantu kamu untuk menjadi seorang MC.