1. Home
  2. Bisnis
  3. 9 Cara Membuat Mind Mapping beserta Contoh hingga Toolsnya

9 Cara Membuat Mind Mapping beserta Contoh hingga Toolsnya

Bisnis
cara membuat mind mapping untuk mempermudah pekerjaan

Apa itu Mind Mapping?, gambar yang dibentuk secara unik dan informatif untuk diberikan ke anak-anak maupun orang dewasa sebagai info. Dikemas secara mudah, membuat orang paham akan isi materinya. Terdapat cara membuat Mind Mapping yang benar dan gampang agar bisa dicoba.

Cara membuat Mind Mapping mudah jika mengerti panduannya dan jenis-jenisnya. Contoh Mind Mapping bisa dikemas menjadi peta pemikiran yang dibalut dengan hiasan maupun warna-warna yang nyata. Citra visual dan grafis ada di sini, dengan keunikan masing-masing beserta kreativitas.

Apa Itu Mind Mapping?

Mind Mapping adalah salah satu cara yang dilakukan dengan menyajikan suatu peta konsep, yang dimodif dengan warna maupun bentuk sesuai kreasi masing-masing. Bentuk kerangka yang ada terstruktur dan mudah dipahami.

Pengertian Mind Mapping lebih ke proses memindah bentuk pemikiran ke bentuk tulisan maupun gambar. Gambar dan kerangka pikiran nantinya dikelompokkan berdasarkan ide dan struktur materi yang ada. Arkawan juga bisa membuat Mind Mapping kreatif agar mudah dipahami.

Cara Membuat Mind Mapping

Berikut adalah cara membuat Mind Mapping, diantaranya:

1. Tentukan Topik Utama

Cari topik utama yang akan dijadikan Mind Mapping, dan pastikan sebelumnya, topik yang diambil berasal dari masalah yang ingin Arkawan pecahkan. Biasanya terdiri dari 1 sampai 3 kata yang ada. Arkawan bisa mengambil topik yang memiliki arti luas, semisal komunikasi.

2. Tambahkan Cabang Dari Topik Utama

Arkawan harus mencari ide, yang dirasa masih relevan dengan topik utama. Jadi, nanti akan dijadikan cabang dari topik utama. Bisa jadi cabang pertama dari topik utama, misal tentang komunikasi ada dua cara komunikasi, yaitu verbal dan non-verbal, dan itu bisa dipakai.

3. Melakukan Riset Topik

Ini perlu, karena akan mengetahui topik mana yang memang dicari banyak orang dan perlu penyelesaian yang serius. Arkawan bisa menuliskan daftar kata kunci yang relevan dengan cabang pertama. Jadi, setiap cabang nantinya dideskripsikan secara singkat dan jelas. Poin-poin utama nya saja.

4. Uraikan menjadi Subtopik

Kata kunci tersebut dijadikan sub topik, yang mana nantinya Arkawan mencoba menguraikan kata kunci tersebut menjadi beberapa ide dengan ruang lingkup yang lebih kecil. Nanti, bisa jadi ranting cabang utama maupun cabang kedua secara gambaran. Cara membuat Mind Mapping ini butuh kejelian.

5. Hubungkan antara sub topic

Dari sub topik yang sudah ditentukan, Arkawan bisa menghubungkan masing-masing ide yang ada dengan garis. Dengan menggunakan garis, Arkawan bisa mudah memahami apa isi dari Mind Mapping tersebut. Arkawan bisa memahami secara keseluruhan mulai dari awal topik hingga akhir topik.

6. Gunakan Warna

Untuk mempermudah perbedaan setiap topik dan agar ingat, perlu yang namanya modifikasi dengan pemberian warna di setiap sub topiknya. Warna ini bisa disematkan di garis-garis yang tersedia. Bisa ditambahkan gambar agar menjadi pusat perhatian. Performa semakin bagus.

7. Tambahkan Catatan

Dalam Mind Mapping, akan lebih baik lagi jika ditambahkan dengan catatan kecil maupun besar, untuk mengingat apa saja yang dipelajari dan perlu diingat. Disini, tidak akan lupa akan setiap istilah yang ada, atau poin yang tertera. Ini bisa untuk keterangan yang dianggap sulit atau kompleks.

Jenis dan Contoh Mind Mapping

Untuk jenis Mind Mapping-nya, hanya ada 3, yaitu Mind Mapping Silabus, Mind Mapping Bab, dan Mind Mapping Paragraf, sesuai kebutuhan masing-masing. Sedangkan contoh Mind Mapping cukup banyak, dan bisa dilihat berikut ini,

1. Flow Map

Flow map menjadi mind map paling familiar, karena bentuknya yang mudah dan sering dipakai orang. Cocok untuk membuat rangkaian proses atau pengelompokan ide beserta sub idenya. Peta pikiran dalam bentuk ini biasanya dipakai untuk mengidentifikasi suatu konsep atau masalah.  

2. Circle Map

Mind Mapping ini lebih mengelompokkan maupun mengidentifikasi suatu konsep secara detail. Circle Map disini cocok saat melakukan Brainstorming, yang mana memunculkan ide banyak dan perlu ditampung dalam sebuah peta.

3. Bubble Map

Lebih kepada memperjelas sebuah konsep secara keseluruhan dengan sesingkat mungkin. Bentuk atau gambarannya seperti gelembung yang terhubung dengan lingkaran besar (anggap saja sebagai ide utama konsep). Setiap kata-kata yang ada dapat memahamkan makna akan konsep tersebut.

Tools untuk membuat Mind Mapping

Tools atau aplikasi Mind Mapping yang bisa dipakai secara ringkas adalah di Lucidchart. Lucidchart, memudahkan pengguna dalam membuat Mind Mapping dengan baik, disertai dengan penataan yang bagus. Tools ini mudah dipakai di browser dan cocok untuk pemula. Membuatnya pun cepat, bagus.

Cara membuat Mind Mapping dengan tool ini adalah:

  1. Buka tool Lucidchart di web.
  2. Sampai di laman, pilih topik Mind Mapping dan letakkan di tengah gambar.
  3. Buatlah tiga hingga lima ide utama, lalu letakkan secara merata di formasi melingkar di sekitar topik Mind Mapping.
  4. Tarik garis dari topik Mind Mapping ke setiap ide utama.
  5. Lakukan brainstorming, seperti penentuan ide, tugas, dan pertanyaan untuk setiap ide utama.
  6. Gambar garis yang menghubungkan setiap topik utama dengan sub topiknya. Simpel.

Selain tool, juga ada alternatif lain, cara membuat Mind Mapping di hp, jadi tidak hanya mengandalkan tool saja di web, tetapi juga bisa pakai aplikasi di HP yang mana memang dibutuhkan untuk sehari-hari dan bisa dibawa kemana-mana. Jadi efisien, gampang bisa dibuat dimana-mana dan kapanpun.

Untuk menunjang keahlian Arkawan tentang ini, Arkademi juga membuka jasa maupun pelatihan akan pembuatan Mind Mapping. Jadi, Mind Mapping yang dihasilkan nanti tidak abal-abal dan sesuai kriteria. Apalagi untuk hal yang bersifat serius, misal kerja, dan lain-lain bisa memakai jasa profesional dari kami.

Rekomendasi