1. Home
  2. Dari Arkademi
  3. 5 Tips Memilih Kursus Online yang Bagus

5 Tips Memilih Kursus Online yang Bagus

Dari Arkademi

5 Tips Memilih Kursus Online yang Bagus

5 Tips Memilih Kursus Online yang Bagus

Teknologi yang semakin pesat berdampak ke seluruh industri tidak terkecuali pendidikan, maraknya pertumbuhan penyelenggara penyedia kursus online berbasis website maupun mobile apps menjadi manfaat yang bisa dinikmati siapa saja. Kendatipun begitu penting untuk mengetahui cara memilih kursus online yang bagus guna mendapat manfaat secara maksimal. 

 

Berikut 5 tips memilih kursus online yang bagus

 

1. Temukan minat untuk topik yang akan dipelajari

Saat ini mungkin jumlah kelas yang bisa kita temui di internet berjumlah ribuan jenis kursus online, namun dengan banyaknya pilihan mungkin membuat kamu kebingungan kelas apa yang perlu diambil.

 

Untuk menyiasatinya, coba temukan dulu minat dalam diri kamu, perhatikan hal-hal yang sering menarik perhatianmu. Apakah merangkai bunga? Menulis? Atau mungkin tertarik ingin membuka usaha online?

 

Ini merupakan tahap yang penting untuk kamu mengetahui ketertarikan dan mulai memfokuskan mencari kelas-kelas yang sesuai dengan minat.

 

2. Membaca deskripsi kelas dengan teliti

Setelah menemukan pilihan kelas yang sesuai minat, bacalah baik-baik deskripsi yang ditawarkan para penyelenggara kursus online. Seringkali judul dan deskripsi sedikit berbeda dengan hasil yang kamu harapkan, agar waktu tidak terbuang sia-sia perhatikan baik-baik materi yang akan disuguhkan, atau kamu juga boleh bertanya kepada pihak penyelenggara tentang poin-poin yang akan disampaikan sebelum setuju melakukan pembayaran.

 

Cara lain yang bisa kamu lakukan dengan bertanya kepada orang-orang yang sudah mengikuti kelas tersebut, selain mendapat informasi kamu juga bisa mendapat kenalan baru.

 

3. Membandingkan harga kursus online

Tahap yang tidak kalah penting adalah membandingkan harga antara 2 atau lebih penyelenggara kelas kursus online. Sesuaikan dengan budget yang kamu miliki sehingga saat menjalaninya pun tidak terasa memberatkan. Pertimbangkan juga apakah waktu kelas kursus online berpotensi mengganggu aktifitas sehari-hari yang mungkin sudah dipadati dengan jam kerja, sekolah atau kegiatan lainnya.

 

Walau namanya kursus online, kamu juga harus mengikuti jadwal kelas yang sudah ditentukan ya agar tidak tertinggal dan menjadi sia-sia.

 

4. Keuntungan yang didapat dari kelas kursus online

Selain mendapat ilmu yang jarang ditemukan di kurikulum sekolah pada umumnya, kamu juga perlu memperhatikan keuntungan lain dari membeli kelas kursus online, apakah setelah menyelesaikan kursus kamu mendapat sertifikat, apakah modul yang kamu dapatkan bisa diakses selamanya atau tidak.

 

5. Perhatikan kredibilitas mentor dan penyelenggara

Tips terakhir pastikan kamu sudah melakukan background checking untuk mentor dari kelas yang kamu pilih, lihat track recordnya apakah sesuai dengan materi yang akan disampaikan, hal ini sangat berpengaruh untuk kualitas pelajaran yang akan kamu terima sampai kelas kursus online berakhir tentunya kamu tidak mau membayar cuma-cuma kan?

 

Perhatikan juga penyelenggara kelas kursus online, cari informasi cukup apakah penyelenggara memiliki kredibilitas untuk membuka kelas online, memiliki afiliasi dengan instansi terpercaya, contohnya Arkademi yang memiliki ratusan kelas mulai dari Editing Produk Menggunakan Aplikasi Canva untuk Perancang Grafis, hingga yang bersertifikasi profesional untuk kelas Menjadi Pengawas Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Umum, terdaftar sebagai lembaga kursus online di Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

 

Demikian 5 tips memilih kursus online yang bagus, untuk kamu yang bertekad #liftupyourskill dengan ragam kelas menarik di Arkademi silahkan kunjungi halaman Arkademi.com untuk mendaftarkan diri dan segera pilih kelas yang kamu minati ya. 

 

Arkademi mengkhususkan pembelajaran berbasis keahlian yang diantarkan melalui kelas online berbasis Website dan tersedia di Play Store.

Rekomendasi