Praktek Digital Forensic pada OS Windows

IKHTISAR

Teknologi informasi dan komunikasi telah mendominasi hampir setiap aspek kehidupan kita saat ini. Hal itu telah merubah bagaimana cara kita berkomunikasi, melakukan pekerjaan serta menyimpan dan mengambil data. Berbicara masalah data, saat ini data menjadi aset yang sangat berharga baik pada level individu maupun organisasi. Telah terjadi pergeseran aset, dimana yang dahulu lebih banyak aset fisik dan sekarang menjadi aset digital. Banyak organisasi maupun individu saat ini yang berupaya mengamankan aset digitalnya namun tetap saja masih terjadi insiden keamanan informasi berupa kebocoran data, pencurian data dan lain-lain. Oleh karena itu saat ini telah berkembang dan dibutuhkan disiplin ilmu untuk membantu organisasi maupun individu mengungkap apa yang sebenarnya terjadi ketika terjadi insiden keamanan informasi serta menjadikannya sebagai pelajaran ataupun langkah antisipasi kedepannya agar tidak terjadi insiden serupa. Disiplin ilmu tersebut adalah digital forensic. Digital forensic saat ini tidak hanya dibutuhkan oleh sektor publik seperti aparat penegak hukum, militer dll, namun juga dibutuhkan oleh sektor pribadi seperti perusahaan-perusahaan swasta bahkan sampai ke level individu.

TUJUAN UMUM

Peserta mampu memahami digital forensic dan digital evidence dengan baik dan benar

TUJUAN KHUSUS

ASPEK KOMPETENSI

-

SESI KONSULTASI

-

KELOMPOK SASARAN PELATIHAN

SASARAN KOMPETENSI

SERTIFIKAT KELULUSAN

METODE AJAR

EVALUASI

- Quiz dengan nilai minimal 80% pada setiap modul - Post-Test dengan nilai minimal 60% - Tugas Praktik untuk menentukan kelulusan pada pelatihan ini

STANDAR KOMPETENSI

DURASI AKSES Siswa akan mendapatkan akses masuk kelas selama 60 hari

TENTANG PENGAJAR

Bangkit Hardiawan merupakan pengajar merupakan seorang praktisi di bidang digital forensic dan penetration testing. Pengajar sudah membantu dan menangani berbagai macam jenis digital evidence mulai dari smartphone, hardisk eksternal, server, PC dan lainnya. Pengajar memilki harapan semoga apa yang disampaikan dan dibagi dalam kelas ini dapat bermanfaat untuk masyarakat yang ingin belajar disiplin ilmu digital forensic.