Pencatatan Keuangan dan Pembukuan Sederhana Untuk UMKM

Sesuai dengan tujuan pemerintah sebelumnya mengenai memajukan perekonomian Indonesia melalui sector UMKM, maka dimulailah sebuah program, dalam rangka membangun sector UMKM. Sejalan dengan program pembangunan sector UMKM oleh pemerintah tersebut, maka otomatis pertumbuhan jumlah UMKM yang ada pun akan semakin cepat. Memang, akan ada banyak sisi postif dari pertumbuhan UMKM yang cepat ini, mulai dari dapat memajukan perekonomian Indonesia, membuka lapangan pekerjaan baru, sampai produk dalam negeri yang dapat bersaing nantinya.

Namun dari semua itu, tidak dapat dipungkiri pula bahwa dengan semakin cepatnya pertumbuhan UMKM ini, maka akan ada permasalahan yang datang menghampiri. Permasalahan yang banyak terjadi dilapangan saat ini yaitu, sebagian besar pengusaha kecil tidak memahami tata cara pembukuan, sehingga mereka tidak dapat mengetahui dengan pasti, berapa keuntungan atau kerugian dari usahanya. Mereka hanya bisa menaksir dengan kira-kira. Umumnya mereka hanya mencatat tentang utang piutang saja, bahkan parahnya banyak juga yang tidak melakukan pencatatan utang piutangnya. Selain itu, terdapat pula masalah dalam segi pembayaran pajak, dimana masih ada UMKM yang belum mengerti tentang tata cara melaporkan pajak. Bahkan ada kasus lain menunjukan bahwa, sebagian dari mereka belum bisa menggolongkan usahanya masuk ke golongan mana, apakah mikro, kecil, atau menengah.

Oleh sebab itu, edukasi mengenai tata cara pembukuan dan pembayaran pajak ini dirasa sangat perlu diberikan kepada para pelaku UMKM, yang mana tujuannya adalah diharapkan nantinya dapat memperbaiki pencatatan dari pelaku UMKM, dan meningkatkan pemasukan negara pula dari segi pajak.

Arkademi Kursus Online - Sertifikat Pencatatan Keuangan dan Pembukuan Sederhana untuk UM

TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mengikut kelas ini, diharapkan anda dapat lebih paham mengenai klasifikasi usaha yang sedang dijalani, cara membuat pembukuan keuangan, dan pelaporan pajak. Sehingga nantinya diharapkan pula anda dapat memperbesar usaha yang sedang anda jalani saat ini, dan tentunya dapat memajukan perekonomian Indonesia.

UNTUK SIAPA KELAS INI

  • Pelaku Bisnis UMKM
  • Karyawan bidang akuntansi dan pajak
  • Mahasiswa bidang akuntasi dan pajak
  • Masyarakat yang akan membuka bisnis UMKM

YANG AKAN SISWA PELAJARI

  • Klasifikasi UMKM
  • Jenis – jenis pembukuan keuangan
  • Persiapan dalam membuat pembukuan keuangan
  • Tatacara pelaporan pajak

DURASI AKSES MASUK KE KELAS

Siswa akan mendapatkan akses masuk kelas selama 30 hari

TENTANG LEMBAGA & PENGAJAR

PT Prospero Consulting & Training merupakan perusahaan yang bergerak sebagai penyedia pelatihan dan konsultan dibidang risk management, keuangan, dan banking. Berdiri sejak tahun 2016, PT Prospero Consulting & Training berkomitmen untuk selalu menyediakan pelayanan yang baik kepada para konsumennya.

Pemateri kita kali ini bernama Bapak Bobby, selaku CEO dari PT Prospero Consulting & Training, beliau telah berpengalaman dibidang Finance selama lebih dari 8 tahun. Sudah membantu menangani masalah keuangan dari berbagai instansi, membuat Bapak Bobby ingin terus membantu instasi dalam menangani masalah keuangan, khusunya UMKM yang ada di Indonesia.

Kurikulum Kelas

Pembukaan
1. Pembukaan 00:01:00
Pengantar
2. Pengantar 00:05:00
3. Overview UMKM 00:05:00
4. 4 Alasan Pencatatan Keuangan Bagi UMKM 00:07:00
10 Dasar Manajemen Keuangan UMKM
5. 10 Dasar Manajemen Keuangan UMKM Bag.1 00:09:00
6. 10 Dasar Manajemen Keuangan UMKM Bag.2 00:10:00
7. 10 Dasar Manajemen Keuangan UMKM Bag.3 00:07:00
Membuat Pembukuan Sederhana UMKM
8. Tahapan Membuat Pembukuan Sederhana 00:10:00
9. Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Pembukuan 00:05:00
10. Laporan Dalam Pembukuan Sederhana 00:12:00
Pencatatan Keuangan dan Pembukuan UMKM
11. Simulasi Bag.1 00:10:00
12. Simulasi Bag.2 00:04:00
13. Simulasi Bag.3 00:09:00
14. Pajak UMKM 00:05:00
15. Membayar Pajak UMKM 00:03:00
Penutup
Ujian Pencatatan Keuangan dan Pembukuan Sederhana untuk UMKM Tak Terbatas
16. Penutup 00:01:00
Pemesanan Sertifikat Cetak dari Arkademi (opsional) – Pencatatan Keuangan dan… 00:00:01

Bagikan :

© 2017-2021 PT Arkademi Daya Indonesia