Pembukuan UMKM

Pembukuan Sederhana Usaha UMKM

Salah satu kendala terbesar para pelaku usaha adalah bagaimana mengelola keuangan usahanya. Hal ini lumrah dan sering sekali terjadi, terutama pada usaha berskala mikro maupun kecil. Banyak sekali yang masih mencampur adukkan antara uang usaha dengan uang pribadi. Dianggapnya sama karena merasa sebagai pemilik boleh melakukan apa saja terhadap usahanya. Kendala terbesarnya selain rasa malas dan tidak ingin repot adalah kurangnya pengetahuan tentang keuangan itu sendiri. Padahal, proses pengelolaan keuangan ini adalah urat nadi suatu usaha. Jika baik pengelolaan keuangannya, maka akan baik pula usahanya. Untuk itulah diperlukan keilmuan yang cukup agar hasil usahanya bisa bertumbuh dan terasa manfaatnya bagi si pelaku usaha itu sendiri.

TUJUAN UMUM PELATIHAN

Peserta bisa mengetahui dan memahami metode pengelolaan keuangan yang baik mulai dari pembukuan tingkat dasar dan sederhana yang bisa meminimalisir kebocoran-kebocoran pengeluaran usahanya serta pemanfaatan pendapatannya jauh lebih terasa.sehingga setelah mengikuti kursus ini, peserta diharapkan bisa praktekkan pada usahanya masing-masing dan memiliki tingkat kesadaran akan pentingnya pembukuan serta pengelolaan yang baik demi kemajuan usahanya.

TUJUAN KHUSUS PELATIHAN

KELOMPOK SASARAN PELATIHAN

Pelatihan ini dapat diikuti oleh Pemilik Usaha, Mahasiswa dan Karyawan

PELUANG ATAS KOMPETENSI PELATIHAN

Pelatihan ini ditunjukan kepada peserta yang akan atau sedang menjalankan usaha UMKM dan membutuhkan ilmu mengenai cara melakukan pembukuan UMKM, sehingga siswa memliki keterampilan pada pengelolaan uang yang baik seperti pembukuan tingkat dasar dan sederhana yang bisa meminimalisir kebocoran-kebocoran pengeluaran usahanya. Certificate_Pembukuan_UMKM_Frame

SERTIFIKAT KELULUSAN

Pelatihan ini berstandar nasional. Siswa yang menyelesaikan seluruh materi pelatihan dan lulus pada post-test akan mendapatkan tanda kelulusan berupa sertifikat elektronik.

METODE AJAR

EVALUASI

Pre-test pada setiap modul dan post-test di akhir pelatihan. Dibutuhkan nilai minimal 60 untuk lulus pada pelatihan ini.

DURASI AKSES

Siswa mendapatkan akses masuk ke kelas selama 750 hari.

TENTANG PENGAJAR

Kelas ini disampaikan oleh Edward Sutanto, seorang praktisi yang telah berkecimpung dalam usaha kuliner selama 5 tahun lebih. Latar belakang pengajar sendiri sebelumnya adalah professional di bidang pemasaran dalam industri besar otomotif dan lembaga keuangan selama kurang lebih 10 tahun. Saat ini pengajar juga membina para UMKM khususnya dalam industri kuliner dan dunia usaha pada umumnya.

Rancangan kelas pelatihan ini dilakukan oleh  Growing Consulting, lini usaha baru yang dipimpin sendiri oleh pengajar, dimana fokus sebelumnya adalah pada bisnis perdagangan/trading, operator bisnis dan brand licensee sejak 3 tahun lalu.  Growing Consulting sendiri adalah satu brand yang dimiliki oleh PT Cahaya Panca Wijaya yang akan selalu memfokuskan diri pada pendampingan untuk kalangan UMKM dan para pemilik bisnis pemula dalam mendukung pengelolaan operasional maupun pendampingan usaha secara komprehensif.