Merancang Desain Pakaian Zero Waste dengan Tekstil Ramah Lingkungan untuk Perancang Busana

Merancang Desain Pakaian Yang Ramah Lingkungan

Bagi Anda yang tertarik bekerja di industri fashion atau ingin menjadi fashion designer, kemampuan merancang desain pakaian sangat diperlukan. Profesi perancang busana sendiri bisa menjadi profesi dengan peluang yang bagus dan menarik untuk dilakukan. Namun, saat ini industri fashion menjadi penyumbang limbah terbesar kedua di dunia. Hal ini menjadi salah satu tantangan bagi calon perancang busana yang ingin berkarya, tetapi juga turut prihatin terhadap dampak negatif yang muncul. Nah, melalui kelas ini Anda akan mengetahui lebih dalam mengenai jenis-jenis tekstil dan mempelajari metode pembuatan pola pakaian yang dapat memberikan kontribusi pada desain pakaian ramah lingkungan. Tunggu apalagi? Yuk, mulai ketahui jenis dan bahan baku apa saja yang bisa kamu gunakan untuk menciptakan pakaian yang ramah lingkungan dengan mengikuti kelas ini!

Merancang Desain Pakaian Zero Waste dengan Tekstil Ramah Lingkungan untuk Perancang Busana

TUJUAN UMUM

Peserta dapat memilih bahan baku serta membuat pakaian yang tepat dan sesuai desain fashion ramah lingkungan melalui pembuatan pakaian zero-waste.

TUJUAN KHUSUS

ASPEK KOMPETENSI

A. Pengetahuan

Kompetensi yang dinilai Materi yang diajar

B. Keterampilan

Kompetensi yang dinilai Materi yang diajar

C. Sikap

Kompetensi yang dinilai Materi yang diajar

YANG AKAN SISWA PELAJARI

KEMAMPUAN YANG DIPEROLEH

METODE AJAR

EVALUASI PEMBELAJARAN

SASARAN KOMPETENSI KERJA

Pelatihan ini ditujukan kepada peserta yang bekerja di bidang Fashion, seperti Fashion Designer, Textile Specialist, Trend Analyst, Pattern Maker, maupun Entrepreneur. Pelatihan ini disusun sesuai standar nasional (SKKNI) yang berlaku.

SASARAN PESERTA

Pelatihan ini dapat diikuti oleh peserta yang berminat mempelajari tentang desain fashion ramah lingkungan, baik dengan maupun tanpa latar belakang pengetahuan desain, dengan minimal pendidikan SMA sederajat.

PELUANG KARIR

SYARAT KEIKUTSERTAAN

Memiliki laptop maupun smartphone

STANDAR KOMPETENSI

Pelatihan ini berbasis kompetensi dengan mengacu pada okupasi Perancang Busana (KBJI-2163.02)

DURASI AKSES MASUK KE KELAS

Peserta akan mendapatkan akses masuk kelas selama 30 hari

TENTANG LEMBAGA & PENGAJAR

LKP Arkademi merupakan bagian dari PT. Arkademi Daya Indonesia, perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan teknologi edukasi dan platform digital Arkademi. Berdiri sejak tahun 2021, LKP Arkademi menyediakan berbagai macam pelatihan keahlian secara online berbasis kompetensi yang mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) dan dibawakan oleh mentor-mentor berkualitas yang memiliki keahlian yang sesuai dengan bidang yang dilatih. Ardha Ardea Prisilla adalah dosen fashion design yang berpengalaman dalam bidang tekstil. Saat ini merupakan dosen tetap di LaSalle College Jakarta pada program fashion Desain. Mata kuliah yang diajarkan meliputi pengetahuan bahan tekstil, teknik menipulasi tekstil, dan pembuatan pola pakaian digital. Disamping sebagai pengajar full time, ia juga merupakan seorang freelance underwear desainer dan telah memiliki pengalaman bekerja pada perusahaan underwear multinasional.