Menjadi Operator Mesin Pengolahan Air Limbah

Siap untuk Uji Kompetensi POPAL dari BNSP

Sesuai dengan amanat UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, setiap tenaga kerja berhak untuk memperoleh/meningkatkan kompetensi kerja dan mendapatkan pengakuan atas kompetensi kerja melalui sertifikasi kompetensi kerja. Berdasarkan Permen LHK No. 5 Tahun 2018, perusahaan yang memiliki instalasi pengolahan air limbah wajib memiliki tenaga kerja yang memiliki sertifikat kompetensi Penanggungjawab Operasional Pengolahan Air Limbah (POPAL) dan Penanggungjawab Pengendalian Pencemaran Air (PPPA). Perusahaan yang tidak memiliki tenaga kerja dimaksud, setelah 3 tahun sejak diundangkan atau mulai 26 Februari 2021, akan dikenakan sanksi administrasi oleh pemerintah. Kursus ini bertujuan untuk mempersiapkan tenaga kerja dalam mengikuti uji kompetensi sebagai POPAL dari BNSP. Sertifikat pelatihan yang akan diberikan pada akhir kursus ini dapat digunakan sebagai dasar portofolio kompetensi dalam mengikuti uji kompetensi dimaksud. Apabila berkeinginan untuk melanjutkan ke uji kompetensi dan mendapatkan sertifikat kompetensi dari BNSP dapat menghubungi admin@i-hess.com (iHESS) untuk mendapatkan jadwal uji kompetensi dan lain-lain.

TUJUAN UMUM

Peserta mampu mengoperasikan pengelolahan air limbah dengan baik sesuai standar BNSP melalui instalasi pengolahan air, identifikasi bahaya, dan strategi perawatan peralatan.

TUJUAN KHUSUS

ASPEK KOMPETENSI

A. Pengetahuan

Kompetensi yang dinilai Materi yang diajar

B. Keterampilan

Kompetensi yang dinilai Materi yang diajar

C. Sikap

Kompetensi yang dinilai Materi yang diajar

SESI KONSULTASI

Setiap Senin, Jam 09.00 - 10.00 WIB (materi dan tautan sesi konsultasi tersedia di dalam kelas pelatihan)

KELOMPOK SASARAN PELATIHAN

Pelatihan ini dapat diikuti oleh pekerja yang ingin mengembangkan diri di bidang pengelolahan air limba terutama untuk persiapan sertifikasi BNSP

PELUANG ATAS KOMPETENSI PELATIHAN

Pelatihan ini dapat diikuti Operator Mesin Pengolahan Air Limbah

Link Pendaftaran Uji Kompetensi untuk Sertifikasi BNSP dapat Anda Temukan di Akhir Kelas

SERTIFIKAT - IHESS - Menjadi Operator Mesin Pengolahan Air Limbah_FRAME

SERTIFIKAT KELULUSAN

METODE AJAR

EVALUASI

STANDAR KOMPETENSI

DURASI AKSES

Siswa mendapatkan akses masuk ke kelas selama 750 hari.

TENTANG PENGAJAR

iHESS atau PT Inti Hes Solusi adalah perusahaan jasa konsultan dan pelatihan di bidang Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lindungan Lingkungan. Kami menawarkan jasa berupa konsultasi, audit dan pelatihan terkait Keselamatan Kerja, Kesehatan Kerja, Lindungan Lingkungan, Pemulihan Lingkungan, Manajemen Penanggulangan dan Kesiapsiagaan Keadaan Darurat, dan lain-lain. Bayu Prakosa adalah seorang profesional di bidang Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lindungan Lingkungan yang telah memiliki pengalaman lebih dari 17 tahun di bidangnya. Telah menduduki berbagai posisi mulai dari posisi pengawas lapangan, keteknikan, hingga ke posisi manajerial. Dan telah memegang posisi di berbagai bidang keahlian dalam HSE seperti Keselamatan Kerja, Lingkungan, Manajemen Penanggulangan dan Kesiapsiagaan Keadaan Darurat, dan Manajemen K3LL. Telah bekerja untuk 3 operator Migas Hulu terbesar di Indonesia, yaitu Pertamina EP, Total E&P, dan Chevron. Dan kemudian menjadi Senior Consultant di AECOM, sebuah perusahaan desain dan teknik yang masuk dalam daftar Fortune 500 serta peringkat 1 dunia dalam konsultan lingkungan. Terakhir bekerja untuk Eni Indonesia sebelum akhirnya menjadi Direktur PT Inti Hes Solusi. Bayu Prakosa juga memiliki sertifikat NEBOSH IGC dari NEBOSH UK dengan predikat "Distinction" dan Sertifikat Kompetensi Ahli Madya Teknik Lingkungan. Selain itu pernah memiliki sertifikasi kompetensi lain yang sudah tidak diperpanjang seperti Manajer Pengendalian Pencemaran Air (MPPA) dan Ahli K3 Ruang Tertutup/Terbatas, dan lain-lain.