Menguasai Laporan Pajak UMKM dan Pengusaha Kecil

Pengelolaan Pajak yang Sederhana untuk UMKM

Sebagian dari kita pasti mengetahui bahwa materi perpajakan yang ada saat ini begitu luas cakupannya. Namun sadarkah kita bahwa semuanya tidak perlu kita pelajari secara mendalam, karena terkadang kita hanya memerlukan sebagian kecil materinya saja. Hal ini karena bidang usaha atau transaksi yang kita jalankan tidak terlalu kompleks. Sayangnya, walaupun masih sederhana, ada banyak poin yang memerlukan penanganan tepat sejak awal. Berbicara pajak maka kita akan berbicara tentang resiko ysng akan terjadi 5 tahun ke depan, karena sejatinya kadaluwarsa dalam penagihan pajak itu sampai 5 tahun. Selanjutnya, bagi para pemilik bisnis yang sedang berkembang, aspek pajak ini mungkin akan terasa merepotkan karena berbagai aturannya yang cukup banyak. Namun, jika kita membatasi dan fokus pada aspek pajak yang khusus terkait dengan UMKM ataupun Pengusaha Rintisan, maka pajak tidaklah begitu memberatkan. Kita cukup fokus pada hal-hal utama saja dan melakukan kewajiban pajak secara sederhana, juga menggunakan cara-cara sederhana yang langsung dapat dipraktekan.

TUJUAN UMUM PELATIHAN

Peserta dapat memahami dan menerapkan aspek-aspek utama apa saja yang dibutuhkan untuk dapat melakukan pengelolaan pajak bagi usaha yang dilakukan, khususnya bagi UMKM. Sehingga diharapkan nantinya peserta dapat memiliki gambaran yang tepat dalam pengelolaan pajak yang baik, demi mencegah resiko negatif di waktu yang akan datang.

TUJUAN KHUSUS PELATIHAN

KELOMPOK SASARAN PELATIHAN

Pelatihan ini ditujukkan kepada pelaku UMKM, pengelola koperasi, pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum yang akan membuka usaha. Tingkat kesulitan pelatihan ini adalah tingkat pemula/tingkat dasar.

PELUANG ATAS KOMPETENSI PELATIHAN

Pelatihan ini ditujukkan kepada siswa dari berbagai latar belakang pendidikan atau pekerjaan, yang akan atau baru saja memulai usaha, khususnya usaha kecil dan UMKM, untuk dapat membuat dan melaporkan pajak penghasilannya, dengan baik dan benar

SERTIFIKAT KELULUSAN

Pelatihan ini berstandar nasional. Siswa yang menyelesaikan seluruh materi pelatihan dan lulus pada post-test akan mendapatkan tanda kelulusan berupa sertifikat elektronik.

METODE AJAR

EVALUASI

Pre-test pada setiap modul dan post-test di akhir pelatihan. Dibutuhkan nilai minimal 60 untuk lulus pada pelatihan ini.

DURASI AKSES

Siswa mendapatkan akses masuk ke kelas selama 60 hari.

TENTANG PENGAJAR

Kelas ini disampaikan oleh pengajar yang telah berkecimpung dalam bidang perpajakan selama lebih dari 7 tahun. Kolaborasi rancangan kelas ini dilakukan bersama oleh Gamatax dan Fismacent. Gamatax sebagai salah satu brand yang dimiliki oleh PT Hansel Primatech Asia telah dan akan selalu memfokuskan diri pada pendampingan untuk kalangan UMKM dan para pemilik bisnis pemula dalam mendukung pengelolaan keuangan dan pajaknya lebih mudah, efisien, dan praktis. Pada 2019, Gamatax telah menjadi sahabat bagi lebih dari 300 UMKM dan komunitas bisnis di berbagai daerah di Indonesia. Fismacent merupakan sebuah organisasi non profit yang berfokus pada pembahasan topik-topik tentang Fiskal dan Moneter. Mulai tahun 2018, Fismacent telah berkontribusi dalam forum-forum nasional dan memberikan berbagai masukan dalam perspektif kebijakan Pajak dan Fiskal secara umum. Fismacent saat ini diketuai oleh Ajib Hamdani, beliau juga sekaligus sebagai Ketua Bidang Keuangan dan Perbankan BPP HIPMI.