Menerapkan Bribery Risk Management (BRM 2021) untuk Pengawas Keuangan

Pengenalan Mengenai Pencegahan Penyuapan

Bribery atau yang biasa dikenal dengan penyuapan, merupakan sebuah tindakan yang sangat dihindari oleh seluruh organisasi atau instasi. Mengapa? Tentu saja karena hal ini memberikan dampak negatif yakni kerugian materiil maupun non-materiil. Lagipula, tindakan penyuapan juga merupakan tindakan yang melanggar hukum tentu saja jika perusahaan melakukan hal ini akan sangat berisiko terhadap kelangsungan perusahaan nantinya. Nyatanya, saat ini masih banyak isu mengenai penyuapan yang terjadi dalam dunia kerja. Oleh sebab itu, untuk mengatasi penyuapan ini maka suatu organisasi harus melakukan sebuah tindakan pencegahan yang dikenal dengan Anti Bribery atau Bribery Risk Management. Meski begitu, sayangnya masih ada organisasi yang belum tahu tentang bagaimana cara melakukan Bribery Risk Management yang powerfull, efektif dan komprehensif untuk mencegah adanya tindak penyuapan. Hal ini terjadi karena meskipun sudah pernah melakukan Bribery Risk Assessment, organisasi tersebut hanya melakukannya sebagai formalitas memenuhi persyaratan ISO 37001 saja. Kebanyakan dari mereka bahkan belum mengetahui secara mendalam mengenai langkah – langkah penting yang perlu menjadi perhatian dalam Bribery Risk Assessment dan apa tindaklanjut untuk mendapatkan hasil sesuai ekspektasi organisasi. Melalui pelatihan ini, Anda akan mempelajari mengenai tujuan dan manfaat Bribery Risk Management, proses Bribery Risk Assesment, merancang kegiatan tindaklanjut dengan RM3P, serta mempelajari berbagai contoh program pengendalian anti penyuapan.

TUJUAN UMUM

Peserta mampu menjelaskan prinsip Bribery Risk Assesment, mempelajari tujuan dan manfaat Bribery Risk Management, mengikuti proses Bribery Risk Assesment, mempelajari contoh program pengendalian, hingga merancang kegiatan tindaklanjut menggunakan RM3P dengan baik dan benar.

TUJUAN KHUSUS

ASPEK KOMPETENSI

A. Pengetahuan

Kompetensi yang dinilai Materi yang diajar

B. Keterampilan

Kompetensi yang dinilai Materi yang diajar

C. Sikap

Kompetensi yang dinilai Materi yang diajar

SESI KONSULTASI

SASARAN KELOMPOK

Pelatihan ini dapat diikuti oleh peserta yang bekerja dengan bidang finance atau keuangan seperti pengawas keuangan, auditor, pemilik usaha, business owner, staf pembukuan, akuntan, jajaran manajemen dan direksi maupun mahasiswa jurusan ekonomika dan bisnis, dan freshgraduate.

SASARAN KOMPETENSI

Pelatihan ini ditujukan untuk peserta yang bekerja dengan bidang finance atau keuangan seperti pengawas keuangan, auditor, pemilik usaha, business owner, staf pembukuan, akuntan, jajaran manajemen dan direksi. Sertifikat Kelulusan ISQ Consulting - Menerapkan Bribery Risk Management (BRM 2021) untuk Pengawas Keuangan Sertifikat Kelulusan ISQ Consulting - Menerapkan Bribery Risk Management (BRM 2021) untuk Pengawas Keuangan

SERTIFIKAT KELULUSAN

METODE AJAR

EVALUASI

STANDAR KOMPETENSI

DURASI AKSES

Siswa mendapatkan akses masuk ke kelas selama 750 hari.

TENTANG PENGAJAR

PT Internasional Sinergi Quantum atau biasa disebut dengan ISQ Consulting adalah sebuah perusahaan yang menyediakan jasa pelatihan dan konsultasi tentang Sistem Manajemen yang berbasis dari SNI ISO. Moch Malik adalah salah satu pengajar di ISQ Consulting yang telah berpengalaman dalam mengembangkan Bribery Risk Management, melakukan Bribery Risk Assessment (BRA) dan Tindaklanjut atas penilaian risiko tersebut di berbagai perusahaan.