Mempelajari Skema Pengukuran dan Pemetaan untuk Surveyor Kadastral

Diklat Surveyor Kadastral Pertama- Persiapan Sertifikasi BNSP

Salah satu pekerjaan penting dalam instansi Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia yaitu melakukan survei pengukuran dan pemetaan kadastral. Pengukuran kadastral ini merupakan proses untuk pendaftaran tanah dengan mewujudkan kepastian objek dan subjek pemegang hak atas tanah yang sah sesuai ketentuan perundang-undangan. Oleh sebab itu sebagai seorang surveyor kadastral, tentu perlu memperhatikan penerapan kaidah-kaidah pengukuran. Mengapa? karena pengukuran kadastral membutuhkan spesifikasi informasi yang lengkap dan detil. Kesalahan akibat ketidaktahuan dan kurangnya wawasan mengenai kaidah dan prosedur ketika melakukan survei kadastral ini dapat berakibat pada terhambatnya proses legalitas untuk pendaftaran tanah tersebut. Sehingga untuk meminimalisir kesalahan dalam survei, dan dapat mempercepat penyelanggaraan pendaftaran tanah maka penting untuk memiliki pengetahuan akan proses melakukan survei kadastral ini. Dalam pelatihan ini Anda akan mendapatkan materi tentang cara mengidentifikasi batas bidang tanah, mengukur target terestris, hingga membuat rintisan jalur pengukuran dan benchmark/ hydro pilar melalui praktik penerapannya. Pelatihan ini merupakan DIklat Surveyor Kadastral Pertama yang merupakan Kursus Persiapan Sertifikasi BNSP.

SERTIFIKAT - PT Frasta Era Teknologi Cemerlang_FRAME

TUJUAN UMUM

Peserta mampu mengidentifikasi batas bidang tanah, mengukur target terestris, hingga membuat rintisan jalur pengukuran serta benchmark atau hydro pilar secara baik dan benar melalui tugas praktik pengukuran yang sesuai dengan SKKNI.

TUJUAN KHUSUS

ASPEK KOMPETENSI

A. Pengetahuan

Kompetensi yang dinilai Materi yang diajar

B. Keterampilan

Kompetensi yang dinilai Materi yang diajar

C. Sikap

Kompetensi yang dinilai Materi yang diajar

YANG AKAN SISWA PELAJARI

KEMAMPUAN YANG DIPEROLEH

METODE AJAR

EVALUASI PEMBELAJARAN

SASARAN KOMPETENSI KERJA

Pelatihan ini ditujukan kepada Asisten surveyor di bidang kadastral contoh Pengukuran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) dari BPN, Swakelola Pengukuran bidang tanah (BPN), Kantor Jasa Surveyor Kadaster Berlisensi (KJSKB) dan bidang pekerjaan lain yang membutuhkan keahlian dalam Survei Kadastral.

SASARAN PESERTA

Pelatihan ini dapat diikuti oleh peserta yang bekerja sebagai asisten surveyor atau surveyor bidang kadastral, mahasiswa jurusan teknik geomatika, geografi, teknik sipil, perencanaan wilayah dan kota, freshgraduate, maupun lulusan SMK teknik geomatika dan pemetaan, lulusan SMA dan lulusan BLK/ BBPLK/ LPK yang telah memiliki sertifikat pelatihan survei kadastral/terestris jenjang 2.

PELUANG KARIR

SYARAT KEIKUTSERTAAN

STANDAR KOMPETENSI

Pelatihan ini berbasis kurikulum yang mengacu pada okupasi Surveyor Kadastral (KBJI - 2165.06)

DURASI AKSES MASUK KE KELAS

Peserta akan mendapatkan akses masuk kelas selama 30 hari

TENTANG LEMBAGA & PENGAJAR

Frasta Education Training Center (FETC) didirikan pada bulan oktober tahun 2011 di Bawah naungan PT. Frasta Survey Indonesia yang bergerak dibidang Jasa Survey Profesional dan pembangunan Jasa Sistem Informasi Geografis (SIG) Tahun 2017 Frasta Education Training Center dibentuk menjadi sebuah Perseroan yaitu PT. Frasta Era Teknologi Cemerlang yang semakin unggul dalam pengembangan SDM. Perijinan yang telah dimiliki PT. FETC antara lain : 1. Sertifikat perijinan dari Dinas Tenaga Kerja dengan nomor : SER.003/V/2017 2. Sertifikat Izin Gangguan dari Dinas Pemerintah Kabupaten Sleman nomor : 503/002899.68.17/0215/IG/2017 3. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) nomor : 503/003438/PK/VI/2017 4. Tanda Daftar Perusahaan (TDP) nomor : 120218502590 5. NIB (Nomor Induk Berusaha) : 220204102175 Ir. Arif Setiawan, ST, IPM Berpengalaman lebih dari 16 tahun di bidang Survei dan Pemetaan baik pertambangan, kadastral dll. Sejak tahun 2014 sampai sekarang dipercaya sebagai Direktur 1 PT Frasta Survey Indonesia, yaitu perusahaan Konsultan Jasa Layanan Survei Pemataan dan GIS. Dan sebagai instruktur training survey professional di FETC, baik pemerintah, swasta maupun mahasiswa. Tahun 2015 dan 2017 dipercaya sebagai Tenaga Ahli Perseorangan di lembaga informasi geospasial nasional Indonesia yaitu Badan Informasi Geospasial (BIG). Tahun 2018 dinyatakan kompeten sebagai Asesor Kompetensi bidang Survey Terestris di LSP Ikatan Surveyor Indonesia (ISI).