Mempelajari Autocad 2D dan 3D untuk Arsitek Bangunan

Autocad 2D dan 3D untuk Desain Engineering (Essential Level)

Menjadi seorang arsitek tentunya lekat dengan mendesain. Salah satu yang harus dikuasai adalah membuat gambar teknik. Pada zaman yang serba digital seperti sekarang ini, proses pembuatan gambar teknik pun beralih dari manual dengan menggunakan komputer yaitu CAD (Computer Aided Design). AutoCad adalah software yang paling banyak digunakan di seluruh dunia saat ini karena memiliki fitur drafting yang cukup lengkap. Dengan autocad peserta akan dapat mendesain gambar denah, bangunan dan objek lainnya dalam tampilan 2 dimensi (2D) dan 3 dimensi (3D). Kelas ini memberikan pelajaran bagi peserta mengenai cara menggunakan AutoCad, memahami tools yang ada pada AutoCad, sampai penjelasan mengenai dasar dalam membuat gambar teknik seperti isometri hingga 3D dan dapat diaplikasikan oleh peserta yang ingin menjadi arsitek bangunan, ataupun posisi sebagai yang berkaitan dengan engineer.

TUJUAN UMUM PELATIHAN

Peserta memahami dan mahir mengoperasikan AutoCAD sehingga mampu menggambar teknik di AutoCAD dengan benar. 

TUJUAN KHUSUS PELATIHAN

ASPEK KOMPETENSI

A. Pengetahuan

Kompetensi yang dinilai Materi yang diajar

B. Keterampilan

Kompetensi yang dinilai Materi yang diajar

C. Sikap

Kompetensi yang dinilai Materi yang diajar

SESI KONSULTASI

Setiap Sabtu, Jam 09:00 - 10.00 bersama Muhamad Mustolihudin

KELOMPOK SASARAN PELATIHAN

Pelatihan ini dapat diikuti oleh peserta yang sudah pernah belajar atau mengetahui Autocad sebelumnya, minimal pendidikan SMA, dan memiliki komputer atau laptop. Tingkat kesulitan pelatihan ini adalah tingkat pemula/tingkat dasar.

PELUANG ATAS KOMPETENSI PELATIHAN

Pelatihan ini ditujukan untuk pekerjaan yang berkaitan dengan konstruksi seperti seorang teknik gambar 2D-3D, Arsitek dan Perancang konstruksi lainnya. Pelatihan ini mengacu pada aturan desain secara umum.SERTIFIKAT - Adhyasta Rekatama Technology Mempelajari Autocad 2D dan 3D untuk Arsitek Bangunan_FRAME

SERTIFIKAT KELULUSAN

  • Siswa yang menyelesaikan seluruh materi pelatihan dan melampaui nilai minimal kelulusan kuis, akan mendapatkan sertifikat penyelesaian berupa sertifikat elektronik.
  • Siswa yang menyelesaikan seluruh materi pelatihan, melampaui nilai minimal kelulusan kuis serta melampaui nilai minimal kelulusan post test pada percobaan pertama, akan mendapatkan sertifikat kompetensi lulusan berupa sertifikat elektronik.
  • Sehingga jika siswa menyelesaikan seluruh materi serta lulus pada kuis dan post-test, akan mendapatkan dua sertifikat, yaitu sertifikat penyelesaian dan sertifikat kompetensi lulusan.
  • Siswa dapat melihat sertifikat yang sudah didapatkan pada Profil, selanjutnya silahkan tekan tombol "Lihat Sertifikat".
  • Sertifikat Prakerja akan dikirimkan kepada PMO melalui marketplace 1x24 jam hari kerja untuk ditampilkan pada Dashboard Prakerja siswa.

METODE AJAR

  • Self-paced Learning dengan metode pembelajaran ceramah (lecturing), latihan soal (exercise) dan tugas praktik (skill practice) di akhir pelatihan.
  • Video ajar berdurasi rata-rata 10 menit/video.
  • Slide materi PDF.

EVALUASI

  • Quiz dengan nilai minimal 80% pada setiap modul
  • Post-Test dengan nilai minimal 60%
  • Tugas Praktik untuk menentukan kelulusan pada pelatihan ini

STANDAR KOMPETENSI

  • Pelatihan ini berbasis kompetensi dengan mengacu pada okupasi Arsitek Bangunan (KBJI - 2161.01).

DURASI AKSES

Siswa mendapatkan akses masuk ke kelas selama 90 hari.

TENTANG PENGAJAR

adhyatama.com adalah lembaga di bidang Pendidikan Non Akademik terutama lebih mengarah ke Engineering Design dan sertifikasi internasional. Berawal dengan didirikannya pada 2013 dan mengalami rebranding pada tahun 2017, nama adhyatama.com besar dan berkembang menjadi salah satu icon Pelaksana training Engineering terbesar di Jabodetabek dan sekitarnya dengan menangani training, seminar maupun sertifikasi di kampus-kampus ternama di Jakarta seperti Politeknik STMI, Universitas Trisakti, Universitas Pertamina, Politeknik Negeri Bandung dsb. Adhyatama.com juga menjadi pilihan training bagi perusahaan korporasi besar di Indonesia seperti Summarecon, PGN, PT.Kereta Api Indonesia, PLN , PT.Pengembang Pelabuhan Indonesia, Badan Tenaga Nuklir Nasional dan sebagainya. Adhatama.com telah sukses melaksanakan training lebih dari 1000 peserta dalam rentan perjalannya hingga saat ini, dengan di dukung oleh tenaga pengajar professional saat ini adhyatama.com masih melayani training dan sertifikasi Internasional secara offline di Jabodetabek dan sekitarnya. Bersama Arkademi kami membuat sebuah urutan materi yang bermanfaat yang bisa diikuti banyak peserta tidak hanya di Jabodetabek tapi bagi seluruh masyarakat Indonesia khususnya dan bagi masyarakat dunia pada umumnya. Instruktur di kelas ini adalah Bapak Muhammad Mustolihudin, ST. yang telah menjadi instruktur AutoCAD sejak 2013 dan bersertifikasi AutoCAD Certified Professional dari Autodesk sejak tahun 2017. Sampai saat ini beliau masih aktif menjadi Guru di SMK Galileo, dan pernah menjadi Pengajar CAD dan Gambar Teknik di Politeknik Negeri Jakarta dan Instruktur AutoCAD di adhyatama.com dan saluran youtube muhammaddin88.