Membuat Rancangan Rumah Tinggal Sederhana untuk Arsitek Bangunan

Merancang Sendiri Rumah Pertamamu

Sebagai salah satu kebutuhan primer manusia, rumah tinggal merupakan salah satu tipologi arsitektur yang paling mudah kita jumpai di sekitar kita. Sayangnya, meskipun mendasar, masih banyak pembangunan rumah tinggal dengan susunan seadanya dan sekadar memenuhi keinginan penghuni/pemilik rumah. Melalui kelas Membuat Rancangan Rumah Tinggal Sederhana ini, Anda akan mendapatkan pengetahuan mengenai berbagai aspek tentang landasan dalam merancang rumah tinggal sederhana yang baik, melakukan eksplorasi desain, hingga menuangkanya ke dalam dokumentasi rancangan yang terstruktur, dengan harapan setelah adanya kelas ini, peserta dapat merancang hunian sederhana milik mereka sendiri dan dapat memahami pengetahuan dasar untuk menjadi Arsitek Bangunan.

Membuat Rancangan Rumah Tinggal Sederhana untuk Arsitek Bangunan

TUJUAN UMUM

Peserta mampu membuat rancangan rumah tinggal melalui landasan perencanaan, persiapan pengadaan, dan pelaksanaan konstruksi pada saat membuat rancangan rumah tinggal sederhana secara mandiri dengan cara yang benar.

TUJUAN KHUSUS

ASPEK KOMPETENSI

A. Pengetahuan

Kompetensi yang dinilai Materi yang diajar

B. Keterampilan

Kompetensi yang dinilai Materi yang diajar

C. Sikap

Kompetensi yang dinilai Materi yang diajar

YANG AKAN SISWA PELAJARI

KEMAMPUAN YANG DIPEROLEH

METODE AJAR

Self-paced Learning dengan metode pembelajaran ceramah (lecturing), peragaan (demonstration) dan studi kasus (study case).

EVALUASI PEMBELAJARAN

SASARAN KOMPETENSI KERJA

Pelatihan ini ditujukan bagi peserta yang bekerja di bidang arsitektur terutama biro konsultan arsitektur, developer, maupun kontraktor

SASARAN PESERTA

Pelatihan ini dapat diikuti oleh peserta dengan minimal pendidikan SMA sederajat atau mahasiswa yang tertarik di bidang arsitektur khususnya yang sudah pernah mempelajari dasar ruang, bentuk, prinsip estetika, struktur, dan utilitas.

PELUANG KARIR

SYARAT KEIKUTSERTAAN

STANDAR KOMPETENSI

Pelatihan ini berbasis kompetensi dengan mengacu pada okupasi Arsitektur Bangunan (Indotask - 2161).

DURASI AKSES MASUK KE KELAS

Peserta akan mendapatkan akses masuk kelas selama 30 hari

TENTANG LEMBAGA & PENGAJAR

LKP Arkademi merupakan bagian dari PT. Arkademi Daya Indonesia, perusahaan yang bergerak dibidang pengembangan teknologi edukasi dan platform digital Arkademi. Berdiri sejak tahun 2021, LKP Arkademi menyediakan berbagai macam pelatihan keahlian secara online berbasis kompetensi yang mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) dan dibawakan oleh mentor-mentor berkualitas yang memiliki keahlian yang sesuai dengan bidang yang dilatih. Wisnu Agung Hardiansyah merupakan seorang desainer, pengajar, dan peneliti di bidang arsitektur dan teknologi. Saat ini, ia aktif sebagai dosen di Departemen Teknik Arsitektur dan Perencanaan (DTAP), Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Wisnu menyelesaikan pendidikan masternya dari The Bartlett School of Architecture, UCL, London dan memiliki pengalaman mengajar di berbagai workshop dan lembaga pendidikan sejak tahun 2015