Membuat Aneka Olahan Kopi untuk Pramutama Bar/Bartender

Mahir Menyajikan Aneka Olahan Espresso

Menjadi seorang barista bukanlah hal yang mudah, perlu adanya skill dan pengetahuan yang baik mengenai alat-alat untuk membuat aneka olahan kopi. Karakter rasa minuman, konsep minuman, kemasan serta detail-detail lainya sangat penting dalam menarik konsumen. Seiring dengan berkembangnya zaman, beragam variasi sajian minuman mulai populer. Peralatan dan alat pendukung pembuatan kreasi minuman juga cukup bervaritif dan canggih untuk mempermudah pekerjaan. Salah satunya dalam pembuatan kopi, karena fitur-fitur alat kopi sekarang cukup fleksibel dan mudah untuk mengoperasikannya. Oleh karena itu, seorang barista harus pandai dalam membaca tren pasar/tren minuman apa yang sedang banyak peminatnya. Melalui kelas ini, Anda akan mendapatkan pengetahuan tentang mesin/alat kopi masa kini dan cara membuat kreasi minuman sendiri dengan alat-alat kopi, dari alat kopi sederhana hingga peralatan cukup canggih. Penasaran seperti apa? Yuk, gabung kelasnya, dan wujudkan mimpi menjadi Barista!

LKP Arkademi - Membuat Aneka Olahan Kopi untuk Pramutama Bar Bartender

TUJUAN UMUM

Peserta mampu mengetahui cara kerja mesin/alat kopi, serta membuat kreasi minuman olahan kopi pada saat menjadi Pramutama Bar/Bartender dengan olahan bahan baku dengan baik dan benar

TUJUAN KHUSUS

ASPEK KOMPETENSI

A. Pengetahuan

Kompetensi yang dinilai Materi yang diajar

B. Keterampilan

Kompetensi yang dinilai Materi yang diajar

C. Sikap

Kompetensi yang dinilai Materi yang diajar

YANG AKAN SISWA PELAJARI

KEMAMPUAN YANG DIPEROLEH

METODE AJAR

Self-paced Learning dengan metode pembelajaran ceramah (lecturing), peragaan (demonstration) dan studi kasus (study case).

EVALUASI PEMBELAJARAN

SASARAN KOMPETENSI KERJA

Pelatihan ini ditujukan bagi peserta yang bekerja di coffe shop terutama profesi Barista/Bartender/Pramutama

SASARAN PESERTA

Pelatihan ini dapat diikuti oleh peserta dengan minimal pendidikan SMA sederajat atau mahasiswa yang tertarik di bidang kopi atau ingin mengembangkan diri menjadi Barista/Bartender/Pramutama.

PELUANG KARIR

SYARAT KEIKUTSERTAAN

STANDAR KOMPETENSI

Pelatihan ini berbasis kompetensi dengan mengacu pada okupasi Pramutama Bar/Bartender (KBJI - 5132.00).

DURASI AKSES MASUK KE KELAS

Peserta akan mendapatkan akses masuk kelas selama 30 hari

TENTANG LEMBAGA & PENGAJAR

LKP Arkademi merupakan bagian dari PT. Arkademi Daya Indonesia, perusahaan yang bergerak dibidang pengembangan teknologi edukasi dan platform digital Arkademi. Berdiri sejak tahun 2021, LKP Arkademi menyediakan berbagai macam pelatihan keahlian secara online berbasis kompetensi yang mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) dan dibawakan oleh mentor-mentor berkualitas yang memiliki keahlian yang sesuai dengan bidang yang dilatih. Surindraswari Tribhuwanalaras memulai karir sebagai pelaku di industri kopi sejak 2016. Dimulai dari seorang pramusaji di Hero coffee lalu berpindah ke Luk coffee and book menjadi barista. Tak perlu waktu lama untuk menjadi store manager / kepala toko di salah satu kedai kopi di Jalan Kaliurang bernama Fine Coffee. Selama menjadi kepala toko, juga punya pekerjaan lain yaitu menjadi konsultan untuk beberapa kedai kopi yang membutuhkan pengadaan dari awal pembangunan. Pekerjaan terakhir menjadi kepala toko jatuh kepada Moikai Coffee hingga akhir 2020. Setelah itu mencoba profesi baru sebagai RnD / Research and Development di PT marco world. Namun tak bertahan lama juga, akhirnya menjatuhkan hati di awal tahun 2022 menjadi executive sales di PT Toffin Indonesia cabang yogyakarta. Pekerjaan dari 2016 hingga 2022 tak lepas dari industri kopi itu sendiri.