1. Home
  2. Dari Arkademi
  3. Kenali 4 Istilah Dalam Dunia Marketing Untuk Pemula

Kenali 4 Istilah Dalam Dunia Marketing Untuk Pemula

Dari Arkademi
istilah dalam dunia marketing

Baru terjun ke dunia marketers dan belum tahu banyak tentang istilah dunia marketing? Tidak perlu khawatir, pada artikel ini Arkawan akan mendapat informasi berupa 4 istilah dalam dunia marketing yang lazim untuk diketahui pemula dan akan selalu berguna dalam industri yang dijalankan.

Sebelumnya, Arkawan perlu paham terlebih dahulu bahwa marketing terbagi menjadi dua yaitu online/digital marketing dan offline marketing. Pada artikel ini kita akan membahas istilah dalam dunia marketing online, di era digital saat ini pastilah Arkawan harus punya pengetahuan dasar mengenai istilah yang nantinya akan berkaitan dengan pekerjaan sehari-hari kalian yaa.

istilah dalam dunia marketing
Yuk langsung kita cari tahu 4 istilah dalam dunia marketing yang wajib banget kamu ketahui.
  1. Buyer Persona

Dalam memasarkan sesuatu, Arkawan tentunya dituntut untuk menghadirkan produk/jasa yang dibutuhkan oleh konsumen maka dari itu penting untuk memahami buyer persona atau klasifikasi calon konsumen dengan mengidentifikasi kemampuan ekonomi, demografi, status sosial dan kebiasaan-kebiasaan yang nantinya akan menjadi pengetahuan bagi perusahaan untuk menawarkan produk/jasa yang tepat sasaran.

Mengenali konsumen merupakan titik awal dan paling penting bagi seluruh kegiatan marketing sehingga aktivitas yang dilakukan tidak membuang tenaga maupun biaya secara sia-sia, jadi pastikan Arkawan belajar untuk mengidentifikasi calon konsumen menggunakan berbagai platform atau tools yang biasa digunakan perusahaan ya.

istilah dalam dunia marketing
  1. Search Engine Optimization (SEO)

Istilah dalam dunia marketing yang satu ini erat hubungannya dengan ragam aktivitas digital marketing, memanfaatkan program pencarian (umumnya Google), Arkawan bisa menemukan informasi apa yang bisa dicari oleh para konsumen dan menentukan tahapan selanjutnya.

Arkawan mungkin sudah pernah mendengar blogger atau wordpress ya, kedua media ini paling umum digunakan marketers untuk menyasar consumer menggunakan keyword yang tepat, seperti halnya yang artikel ini lakukan Arkawan akan menemukan banyak kata kunci istilah dalam dunia marketing. Tujuannya agar artikel atau pemberitaan bisa terdeteksi oleh baik dan menempati halaman pertama Google sehingga saat ada calon orang yang sedang mencari informasi menggunakan keyword istilah dalam dunia marketing, artikel ini bisa muncul dan menjawab pertanyaannya. Penasaran sama kelasnya? Lihat Teknik SEO di Google untuk Spesialis Periklanan.

istilah dalam dunia marketing
  1. Pay per Click (PPC)

Istilah dalam dunia marketing yang selanjutnya perlu Arkawan pahami adalah PPC, istilah ini lazim digunakan jika perusahaan Arkawan memanfaatkan advertising/strategi iklan dalam kegiatan marketingnya. Untuk mudah memahaminya, arti dari PPC cukup harfiah, setiap iklan yang di klik oleh orang yang sedang berselancar di internet, aka nada beban bayaran yang harus dibayar oleh perusahaan pada penyedia jasa iklan. Lain waktu Arkawan tidak sengaja mengklik sebuah iklan, perusahaan tetap akan membayarkan harga klik sesuai dengan rate yang sudah disetujui. Ini mengapa kegiatan digital marketing bisa sangat mahal, dan murah di waktu yang bersamaan jika menggunakan Teknik yang tepat.

istilah dalam dunia marketing
  1. Landing Page

Dari daftar istilah dalam dunia marketing diatas mungkin kawan sudah lebih sering mendengar istilah yang satu ini ya, landing page atau halaman awal yang otomatis terbuka setiap kali ada orang atau consumer yang mengklik sebuah link. Nah di tempat ini, sebagai marketers harus mampu menginformasikan produk dan jasa yang ditawarkan secara menarik namun efektif untuk menggugah calon pembeli membaca keseluruhan informasi dan meningkatkan keinginan untuk membeli dan menggunakan produk yang ditawarkan.

Halaman ini menjadi salah satu media paling krusial dalam digital marketing, seperti halnya dengan first impression biasanya pada halaman inilah keputusan orang untuk mengenal produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan terjadi, apakah lanjut atau berhenti dan keluar dari halaman tersebut.

Jadi, untuk Arkawan yang baru saja bergabung ke dalam dunia marketing tidak perlu berkecil hati ya kalau belum kenal banyak istilah dalam dunia marketing. Begitu banyak istilah lain yang bisa Arkawan temukan di mesin pencarian. Selamat terus belajar!

Terakhir, untuk Arkawan yang tertarik mengetahui lebih dalam apa itu Arkademi.com, silahkan daftarkan diri melalui website atau unduh aplikasinya di Google Play Store sebagai penyedia kursus online bersertifikat Arkademi sudah terdaftar resmi di Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Rekomendasi