1 – Dunia Tanpa Pembatas

Kita akan belajar tentang:

  • Tantangan UKM sebelum berekspansi ke dunia maya.
  • Ledakan internet dan perubahan perilaku konsumen.
  • Besarnya peluang yang tersedia di dunia maya untuk pengembangan binis UKM.

Pengantar

Selamat datang di kelas SEO UKM di Arkademi!

Pada seri pertama ini anda akan diceritakan tentang bagaimana internet mengubah perilaku manusia, terutama perilaku belanja. Sekup internet dalam lingkup global membuat sebuah bisnis UKM lokal sangat mungkin untuk memperdagangkan komoditasnya hingga ke seluruh dunia dengan cara yang sangat efisien. Semua ini adalah peluang yang terbuka lebar bagi UKM untuk mengembangkan usahanya bahkan hingga tingkat dunia.

Kelas ini disajikan lewat jalan cerita yang mengalir dimana anda diminta membantu seorang karakter fiksi bernama Gita memanfaatkan internet dan SEO (search engine optimization, optimasi mesin pencari) untuk mengembangkan usahanya. Di sepanjang kelas ini anda akan diminta menyelesaikan berbagai masalah dengan skenario dunia nyata.

Nikmatilah petualangan anda.

Tekan tanda panah di bawah untuk menggulirkan laman.

Mari Kita Mulai…

Kesuksesan Gita

Berkat bantuan anda di kelas Menguji Ide, Produk, dan Pasar, teman kita Gita telah berhasil menumbuhkan usaha katering dietnya. Kini usaha Gita sudah cukup populer di komunitas diet di kotanya dan pelanggan terus bertambah. Bahkan Gita sekarang melembagakan usahanya dengan nama CV Gita Kuliner Sehat. Sebagai seorang wirausahawan, Gita tidak ingin berhenti sampai di situ. Ia ingin usahanya terus berkembang dan pelanggannya terus bertambah.

Namun, untuk melakukan hal tersebut Gita dihadapkan pada empat tantangan penting.

Tekan tanda panah di bawah untuk mengetahui tantangan usaha Gita.

Empat Tantangan Gita

Pertama, selama ini promosi hanya ia lakukan dari mulut-ke-mulut. Gita ingin melakukan cara promosi yang lebih luas. Namun cara promosi itu harus efektif dan efisien untuk menjangkau lebih banyak calon konsumen, terutama di kotanya.

Kedua, Gita harus menemukan cara paling efektif dan efisien untuk melayani calon konsumen yang datang atau on-boarding yang selalu bertanya-tanya lebih dulu. Bahkan konsumen on-boarding ini sering mengontak Gita tengah malam atau ketika ia sedang sibuk sekali.

Ketiga, Gita ingin calon konsumennya lebih mandiri dalam melakukan pemesanan. Sehingga baik calon konsumen dan Gita akan mendapatkan proses pemesanan yang lebih efisien.

Keempat, Gita ingin calon konsumennya lebih mandiri dalam melakukan pemesanan. Sehingga baik calon konsumen dan Gita akan mendapatkan proses pemesanan yang lebih efisien.

Tekan tanda panah di bawah untuk membantu Gita memecahkan masalahnya.

Pemanasan

Gita ingin cara promosi lanjutan yang sekaligus bisa langsung melayani calon konsumen on-boarding serta pemesanan secara efektif dan efisien.
Apa saran anda?

Perlukah Gita Sebuah Website?

Banyak yang bilang memiliki sebuah website bagi UKM itu penting. Tapi membuat dan mengurus website juga bukan sesuatu yang mudah bagi UKM. Apalagi memiliki website juga tidak gratis. Tapi, bila memang Gita harus memiliki sebuah website, sebelum memutuskan ke sana dia harus tahu dulu apa hasil nyata yang bisa diberikan sebuah website untuk usahanya.

Untuk membantu Gita memahami hal tersebut, mari kita kenalkan pada dia bagaimana internet telah mengubah dunia dan manusia.

Tekan tanda panah di bawah untuk menggulirkan laman.

Ledakan Internet

Tonton video singkat di bawah ini tentang jumlah pengguna internet di dunia dan apa yang terjadi di internet setiap 60 detik.

Internet Mengubah Konsumen

Internet sudah menjadi kebutuhan penting di era ini dan telah mengubah cara manusia menjalani hidup. Mulai dari belajar, bekerja, berkomunikasi, bersosialisasi, menjalankan usaha, hingga mengubah cara konsumen berbelanja.

Pelajari perilaku belanja konsumen dulu dan sekarang di bawah ini.

DULU

Mencari produk

Pergi ke berbagai toko

Memahami produk

  • Bertanya kepada pemilik/karyawan toko
  • Bertanya kepada keluarga atau teman

Membandingkan harga

Pergi ke berbagai toko

Memilih produk

Terbatas pada penyedia di lingkup wilayah

Memutuskan membeli

Keterbatasan informasi dan lingkup wilayah membuat harga menjadi tinggi

Membayar

Dilakukan secara fisik di toko

Menerima

Pengantaran barang dengan jarak yang jauh membutuhkan waktu lama dan berbiaya tinggi.

Merekomendasikan

Merekomendasikan secara verbal ke lingkungan terdekat.

SEKARANG

Mencari produk

  • Mengkesplorasi di mesin pencari
  • Berkunjung ke berbagai toko online

Memahami produk

  • Mengeksplorasi di mesin pencari
  • Bertanya kepada pemilik/karyawan toko online melalui berbagai aplikasi
  • Bertanya kepada keluarga, teman dan siapapun di jejaring sosial.
  • Melihat review di berbagai situs.

Membandingkan harga

  • Mengeksplorasi mesin pencari
  • Mengeksplorasi berbagai toko online
  • Bertanya ke jejaring sosial

Memilih produk

Tidak terbatas pada lingkup wilayah

Memutuskan membeli

Luasnya informasi, banyaknya jumlah penyedia produk, dan tak terbatas pada lingkup wilayah membuat harga lebih rendah.

Membayar

Dilakukan secara digital/elektronik melalui toko online dengan berbagai metode pembayaran

Menerima

Pengantaran barang dengan jarak yang jauh hanya membutuhkan waktu singkat, berbiaya rendah, dan pilihan yang sangat luas.

Merekomendasikan

  • Merekomendasikan ke media sosial
  • Merekomendasikan melalui blog
  • Merekomendasikan melalui pemeringkatan.

Sebagai sebuah usaha katering yang hanya bisa melayani dalam kota, apa manfaat internet untuk Gita dalam hal perilaku konsumen MENCARI PRODUK?

Jangkauan Tanpa Batas

Menjaring konsumen di dunia maya

Namun yang paling menarik dan menguntungkan bagi Gita dengan memiliki website adalah usahanya akan mampu berkembang tanpa batas di masa depan. Sebagai usaha lokal yang saat ini memiliki produk yang hanya bisa diantarkan di dalam kota, internet dan mesin pencari bisa memudahkan calon konsumen dalam kota menemukan dan mengeksplorasi usaha katering Gita.

Namun, bagaimana dengan kemungkinannya di masa depan?

Tujuan Jangka Panjang Gita

Misal, tahun depan Gita berencana memperluas usahanya menjual bumbu-bumbu khas kateringnya yang bisa dikemas secara ringkas dan punya masa kadaluwarsa cukup lama. Misalnya saos, bumbu menu masakan, atau mungkin bahan organik yang diolah ulang. Bisa juga misal Gita membuat camilan organik untuk konsumen diet. Semua produk ini bisa dijual dan dikirimkan hingga luar kota.

Dengan demikian, tujuan jangka pendek Gita memiliki website adalah mempermudah calon konsumen di lingkup kota menemukan usaha katering dietnya. Sedangkan tujuan jangka menengah adalah menjual produk-produk diet yang bisa dikirimkan ke calon konsumen di seluruh Indonesia. Tujuan jangka panjangnya, popularitas usaha Gita di tingkat nasional bisa membuat Gita melebarkan usaha kateringnya ke berbagai daerah melalui waralaba (misalnya), dan menjual produk diet kemasan ke seluruh dunia.

Wow! Sungguh dunia yang tidak terbatas untuk Gita!

Anda memiliki sebuah toko baju khusus wanita. Apa tujuan jangka pendek anda dengan memiliki sebuah website?

Perusahaan Tradisional vs Perusahaan Modern

Tonton video di bawah ini untuk mempelajari perbedaan antara UKM dengan pemasaran tradisional dengan UKM dengan pemasaran modern.

Kini Giliran Anda

Gita sudah memutuskan untuk memiliki website usahanya sendiri. Tapi ia tidak tahu cara membuat website, apalagi programming. Sementara, ia juga tidak mau mengeluarkan dana terlalu besar di awal. Gita meminta masukan anda apa yang sebaiknya ia lakukan.

Apa yang anda sarankan?

Tekan tombol ‘Materi Terselesaikan’ di bawah untuk bisa lanjut ke seri berikutnya.

SEE ALL Add a note
YOU
Add your Comment
 
© 2017-2019 PT Arkademi Daya Indonesia