Mengunyah permen karet dapat mengurangi stres

Sukses Jadi Sales Executive, dengan Tingkatkan 5 Skill Set Ini

 

Umumnya tiap Perusahaan memiliki divisi Marketing & Sales, yang berperan dalam hal penjualan. Di Startup misalnya, Sales Executive biasanya disebut Account Executive (AE). Tugas AE fungsinya adalah menjalin relasi dengan klien dan melakukan penjualan produk. Seiring perkembangan teknologi, tentunya peran profesi ini akan semakin bergeser dan bisa tergantikan oleh teknologi. Akan tetapi, ini semua bisa diantisipasi jika kamu menguasai keahlian yang relevan dan mampu menjadi Sales yang profesional. Berikut adalah 5 skill set Sales Executive yang dapat kamu tingkatkan:

1. Time management yang terstruktur

Menjadi seorang Sales Executive akan terbiasa bekerja dalam jadwal yang padat. Kondisi ini tentunya harus membuatmu memiliki kemampuan time management yang baik. Kamu harus mampu mengelola jadwal dengan terstruktur dan rapi. Biasakan untuk sellu mencatat agenda harian dan mingguan. Terlebih lagi, di dalam smartphones kita sudah dilengkapi dengan berbagai fitur aplikasi agenda, sehingga memudahkan kamu dalam mengatur jadwal kegiatan harian, mingguan, dan bulanan. Kamu harus bisa mengatur prioritas, apa saja hal yang sifatnya mendesak, aktivitas harian, serta apa pekerjaan yang dapat ditunda, yang sifatnya tidak terlalu penting.

2. Mahir dalam Public Speaking

Skill Public Speaking adalah hal utama yang harus dimiliki seorang Sales Executive. Kemampuan ini tak hanya sekedar jago ngomong saja, tetapi kamu harus mampu berbicara menggunakan data yang relevan. Kamu harus mampu merepresentasikan perusahaan dengan baik. Mengenalkan produk, brand, ataupun mempresentasikan produk di hadapan klien. Komunikasi verbal maupun non verbal, harus dikuasai dengan baik.

3. Bisa menjalin relasi Personal, di Area Profesional

Kemampuan menjalin relasi dengan client, stakeholders, dan anggota perusahaan, merupakan hal yang harus dimiliki Sales Executive. Dalam menjalin relasi, kamu harus mampu melakukan pendekatan secara personal. Terlebih lagi kepada setiap klein perusahaan. Namun perlu diingat, relasi personal ini jangan sampai melewati batas area profesional. Kamu bisa menjalin relasi yang dekat dengan klien, misalnya mengucapkan ulang tahun, menanyakan kabar, maupun mengingatkan suatu hal yang berkaitan dengan pelayanan klien.

4. Tekun dalam mengejar Target

Ketekunan dalam mengejar target adalah bagian dari kehidupan seorang Sales Executive. Biasanya, target Sales Executive adalah target penjualan. Hal ini akan ditentukan dengan data kuantitatif. Terkadang kita merasa ngotot ataupun putus asa saat tidak ada klien yang tertarik dengan produk yang ditawarkan. Akan tetapi, dalam menawarkan produk atau jasa kepada klien diperlukan strategi, ketekunan, dan kesabaran. Biasakan juga untuk melakukan evaluasi diri setiap bulan, untuk mengukur keberhasilanmu dalam mengejar target.

5. Memiliki keahlian copywriting

Tak hanya menawarkan maupun menjual produk, seorang Sales Executive juga harus memiliki skill copywriting. Comtohnya jika kamu bekerja di Perusahaan Start Up, diperlukan kualifikasi multiskill. Sales Executive juga memiliki tantangan untuk bisa membuat tulisan yang sifatnya promosi dan menciptakan konten kreatif yang menarik minat customer.

 

6. Tech Savvy

Era industri 4.0 menuntut semua angkatan kerja untuk akrab dengan perkembangan teknologi. Sekarang sudah banyak aplikasi atau software pendukung pekerjaan sebagai Sales Executive. Misalnya software pengolahan data, atau yang paling dasar adalah software Micosoft Office. Kamu harus mampu mengoperasikan berbagai software tersebut, demi menunjang pekerjaan. Kemampuan teknologi adalah kualifikasi dasar yang harus dikuasai, sebagai SDM di era teknologi saat ini.

7. Mengerti Cara Mengolah Data

Menjadi Sales Executive akan sering berhadapan dengan berbagai data. Misalnya data penjualan, data pembelian, data konsumen, dll. Proses pengolahan data dapat dibantu dengan berbagai jenis software. Selain mengolah data, Sales juga harus mampu menginterpretasikan dan membuat laporan data. Sehingga mampu untuk mengatur strategi penjualan. Kemampuan membaca dan mengelola data, ternyata menjadi hal yang penting bagi seorang Sales Executive.

Itulah lima keahlian yang harus ditingkatkan, jika kamu ingin berkarir di bidang sales. Kamu harus senantiasa beradaptasi dengan berbagai keahlian baru. Terutama sekarang ini kita semua sedang menghadapi perkembangan industri 4.0, dimana semuanya berbasis teknologi. Bila Kamu ingin sukses menjadi seorang Sales Executive, harus mampu menguasai kemampuan lain selain menjual produk. Tunggu apa lagi? Yuk ikuti pelatihan untuk menjadi Sales handal di Arkademi.

2022-01-06

0 komentar untuk "Sukses Jadi Sales Executive, dengan Tingkatkan 5 Skill Set Ini"

Beri Komentar

© 2017-2021 PT Arkademi Daya Indonesia