Strategi Menjual Kelas Pra-rilis di Arkademi

Salah satu tantangan besar menjual produk baru bukanlah meningkatkan penjualan dari 10 ke 100. Tapi dari 0 ke 1. Pembeli cenderung enggan menjadi yang pertama (kecuali merk fenomenal) dan menunggu sampai produk itu terbukti. Bukti itu ditunjukkan lewat social proof dalam bentuk digunakannya produk itu oleh orang banyak dan kesaksian. Semut datang ke tempat semut lain berkumpul. Pembeli akan mendatangkan pembeli lainnya.

Kita perlu mendapatkan/mengakuisisi pembeli awal atau early adopter agar bisa menarik pembeli lebih banyak.

Strategi akuisisi early adopter ini jamak di sekitar kita. Biasa disebut early bird. Metodenya adalah memberikan harga lebih murah dan kelangkaan. Misal ada sebuah acara seminar yang menyediakan 100 kursi dengan harga go show Rp 100.000. Panitia memberi harga Rp 50.000 untuk early bird dengan kuota 50 kursi. Artinya panitia menggunakan strategi harga agresif dan kelangkaan untuk mengakuisisi early adopter.

Nah, strategi yang sama bisa digunakan dalam menjual kelas online di Arkademi. Fitur-fitur yang dibutuhkan untuk mengakuisisi early adopter sudah tersedia.

Proses paling memakan waktu dalam mempersiapkan kelas online adalah membuat konten. Waktu yang dibutuhkan beragam tergantung jenis media yang digunakan dan kesiapan materi. Namun, sembari menunggu pembuatan konten selesai, sebuah kelas online di Arkademi sebenarnya sudah bisa dijual kepada early adopter.

Kelas sejenis ini di Arkademi disebut kelas Pra-rilis yang berada dalam status ‘SEGERA DIBUKA’. Laman depan kelas sudah online, namun belum bisa dimasuki siswa. Ibarat sebuah buku, halaman sampul depan berisi judul, sampul belakang berisi pengantar, dan daftar isi sudah tersedia. Calon pembeli sudah mengetahui apa konsep yang akan diuraikan dalam buku dan manfaatnya bagi mereka.

Kelas Pra-rilis juga sudah bisa melakukan transaksi untuk para early adopter. Bayar di depan dengan harga khusus. Ketika kelas sudah rilis mereka tak perlu membayar lagi (dengan harga berbeda).

Kesuksesan menjual kelas Pra-rilis setidaknya ditentukan 4 hal:

1. Popularitas Mentor

Mentor yang sudah populer dan proven (terbukti) mendapatkan kepercayaan tinggi dari komunitasnya. Kelas atau pengajaran apapun yang direncanakan mentor akan disambut antusias dan ditunggu-tunggu.

2. Pasar

Mentor yang telah memiliki komunitas yang ia bina dengan baik dan berhasil mendapatkan kredibilitas akan lebih mudah menjual kelas Pra-rilis.

3. Tema

Pemilihan tema yang sedang trending, hot, memenuhi kebutuhan orang banyak, atau memecahkan masalah serius pada target pasar siswa.

4. Konsep

Pendekatan atau konsep yang kita ajarkan dalam kelas untuk memecahkan masalah atau memenuhi kebutuhan pada tema yang dibawakan dalam kelas. Konsep yang kuat akan menarik banyak orang.

 

CUMA PERLU 2 KOMPONEN

Sebuah kelas Pra-rilis di Arkademi hanya cukup memiliki 2 komponen:

  1. Daftar kurikulum yang berisi judul modul dan judul seri.
  2. Informasi pengantar kelas.

 

Kurikulum berisi daftar modul dan seri yang tampak di laman depan kelas.

 

Informasi pengantar di laman depan kelas yang bisa dilihat semua orang.

 

Semua komponen ini diletakkan di laman depan kelas seperti yang tampak pada semua kelas yang ada di Arkademi. Dua komponen ini bahkan bisa langsung jadi di hari pertama.

Setelah mendaftar menjadi calon mentor Arkademi lewat mengisi formulir, mentor akan dihubungi oleh Arkademi untuk mendiskusikan rancangan kelas. Yang pertama diminta adalah daftar kurikulum. Seperti mau membuat sebuah buku, Arkademi akan meminta rancangan daftar isi kelas mentor. Kalau mentor belum punya rancangan kurikulum, Arkademi akan bantu membuatkannya.

Setelah rancangan kurikulum jadi dan diterima mentor, selanjutnya mentor akan diminta membuat informasi pengantar kelas. Arkademi akan membantu membuatkannya bila diperlukan. Apapun yang dibutuhkan mentor untuk eksekusi segera, Arkademi pasti akan membantu.

Bila rancangan kurikulum dan informasi pengantar kelas sudah selesai, Arkademi akan menyetel dan membukakan kelas Pra-rilis mentor. Langsung online dengan status ‘SEGERA DIBUKA’. Semua orang akan bisa mengakses halaman depan kelas ini namun masih belum bisa bergabung dan masuk kelas.

Selanjutnya, mentor bisa melanjutkan membuat konten dan memasarkan kelas Pra-rilis miliknya.

Proses dari mendaftar sampai kelas Pra-rilis online hanya membutuhkan waktu kurang dari 1 hari. Arkademi berkomitmen untuk menempuh segala cara yang dibutuhkan agar mentor bisa merilis kelasnya dengan segera.

 

KUPON DISKON

Para early adopter tentu diberikan keistimewaan atau privilage. Yang paling umum adalah harga lebih rendah dan memiliki sesuatu yang terbatas. Kebutuhan ini dipecahkan lewat kupon diskon.

Di Arkademi setiap mentor bisa membuat kode kuponnya masing-masing dalam jumlah tidak terbatas. Kupon terdiri dari 4 bagian:

  • KODE KUPON: nama unik kupon, ditentukan sendiri oleh mentor. Misalnya: DISKONHORE50
  • PROSENTASE DISKON: Besaran diskon dalam bentuk prosentase terhadap harga jual kelas. Misal, harga kelas Rp 100.000. Untuk early bird diberi diskon 50%.
  • MASA BERLAKU: Masa berlaku kupon. Misalnya sampai 31 Januari 2018. Setelah itu kupon otomatis tidak bisa digunakan. Sifatnya opsional. Bisa ditentukan masa berlakunya atau berlaku sepanjang waktu.
  • KUOTA: Jumlah maksimal penggunaan kupon. Misalnya ditentukan kode kupon tersebut hanya bisa digunakan sebanyak 50 kali. Pengguna kode kupon ke-51 tidak bisa menggunakannya lagi. Bersifat opsional.

*Untuk sementara, fitur kupon diskon masih belum diaktifkan di dashboard mentor. Silakan meminta bantuan kepada Arkademi untuk membuat kupon diskon anda.

 

MENJUAL KELAS PRA-RILIS

Kelas Pra-rilis sebaiknya jangan hanya ditawarkan, tapi langsung dijual. Hal ini mengingat moment of truth para calon pembeli sangat langka dan terbatas. Moment of truth adalah waktu dimana seseorang memutuskan untuk membeli dan bersedia melakukan pembayaran. Bila moment of truth ini dilewatkan, maka kita akan kehilangan banyak peluang closing. Saya akan menceritakan pengalaman saya sendiri di Arkademi.

Saya melakukan campaign Pra-rilis untuk kelas Menggali dan Mengembangkan Peluang Kewirausahaan saat masih dalam status ‘Segera Dibuka’. Saya mengumumkan tentang kelas tersebut di Facebook dan menawarkan harga khusus untuk 50 orang pertama yang mendaftar ketika kelas itu dibuka nanti. Lebih dari 40 orang menyatakan minatnya untuk mengikuti dan membeli kelas tersebut. Tapi saat itu saya belum menjualnya.

Seminggu kemudian kelas rilis. Saya menghubungi satu per satu teman FB yang menyatakan minat sebelumnya, bahwa kelas sudah dibuka dan bisa dibeli. Dari 40 orang lebih tersebut yang berhasil closing hanya belasan. Momentum yang sebelumnya saya miliki terlepas. Kalau saat itu saya sudah menjual kelas dengan memberi kode kupon diskon, kemungkinan besar 40 orang lebih akan closing sebagai early bird.

Jadi, langsung jual kelas anda meski masih Pra-rilis. Bagikan kode kupon diskon itu untuk para early bird agar bisa segera closing. Mereka yang telah membeli kelas anda meski dalam masa Pra-rilis akan otomatis tertera jumlahnya di laman depan kelas. Ini adalah modal kuat social proof untuk menarik siswa lain pada saat rilis kelas nantinya.

 

MENGUNCI LEWAT SERI TERJADWAL

Menjual kelas Pra-rilis di Arkademi agak tricky. Ini karena kelas dalam status ‘Segera Dibuka’ tidak bisa mengeksekusi pembayaran dan tidak bisa dimasuki. Sehingga kelas harus dibuka agar bisa mengeksekusi pembayaran.

Mungkin ada pertanyaan begini: bagaimana mungkin membuka kelas sementara semua seri masih kosong?

Jawabannya adalah mengunci seri dan membuat seri terjadwal.

Misal kelas anda memiliki 10 seri. Buatlah seri tambahan misalnya bernama ‘Pengantar’ atau ‘Selamat Datang’. Letakkan seri ini di urutan pertama atau teratas. Ini adalah seri pertama yang langsung dilihat oleh semua siswa kelas anda yang sudah membayar dan masuk ke kelas.

Pada dashboard mentor di menu ‘Setelan’, aktifkan opsi ‘Selesaikan seri/kuis sebelumnya untuk melanjutkan ke seri/kuis berikutnya’ menjadi YA. Dengan mengaktifkan opsi ini, siswa tidak bisa melompat-lompat seri tanpa lebih dulu menyelesaikan seri sebelumnya.

Mengunci urutan seri di dashboard mentor.

 

Langkah selanjutnya adalah mengunci seri ke-2 dimana konten pengajaran anda nanti terletak dan hanya bisa dibuka pada tanggal yang sudah anda tentukan. Caranya, pada menu ‘Setelan’ aktifkan opsi ‘Kelas Seri Terjadwal’ menjadi ‘Aktif’. Lalu Simpan Setelan.

Mengaktifkan seri terjadwal di dashboard mentor pada menu ‘Setelan’.

 

Berikutnya pergi ke menu ‘Setel Kurikulum’ dimana terdapat daftar modul dan seri. Sunting seri ke-2. Di bagian Setelan seri, anda akan melihat kolom ‘Tanggal Seri Dibuka’. Masukkan tanggal kapan seri ke-2 tersebut akan anda buka menyesuaikan tanggal rilis resmi kelas anda. Tentukan juga ‘Jam Seri Dibuka’. Lalu ‘Simpan’ seri, ‘Tutup’, dan ‘Simpan Kurikulum’. Selesai.

Menyetel jadwal buka/aktif seri ke-2 di dashboard mentor pada menu ‘Setel Kurikulum’.

 

Mudah, bukan?

Selanjutnya anda tinggal membuat konten dan memasukannya lewat dashboard mentor kapanpun tanpa harus khawatir konten terlihat oleh para siswa early bird.

 

MEMBUAT INFORMASI KELAS PRA-RILIS

Kelas Pra-rilis yang dijual mesti diinformasikan dengan baik. Anda bisa menaruh informasi tersebut pada laman depan kelas di bagian atas, lalu beri highlight. Informasi juga perlu diletakkan di seri pertama ‘Pengantar’ atau ‘Selamat Datang’.

Anda bisa mengubah atau meng-update isi informasi dua laman tersebut kapanpun melalui dashboard mentor.

Berikut ini contohnya.

(Informasi pada laman depan)

Kelas akan dibuka tanggal 10 Februari 2018. Bergabung dan bayar sekarang dapatkan diskon harga 50% untuk early bird. Gunakan kode kupon DISKONHORE50. Kupon hanya berlaku untuk pembayaran yang dilakukan sampai tanggal 5 Februari 2018 dan terbatas hanya untuk 50 orang.

(Informasi pada seri Pengantar)

Selamat datang!

Terima kasih telah bergabung ke kelas ini dan menjadi siswa early bird. Anda telah membuat keputusan yang tepat.

Anda sudah berada di dalam kelas, namun belum bisa mengikuti pelajaran karena kelas baru akan dibuka resmi tanggal 10 Februari. Seri-seri pelajaran yang anda lihat masih dalam keadaan terkunci dan tidak bisa diakses sampai tanggal di atas. Anda tetap bisa keluar masuk kelas ini kapanpun sebelum atau setelah kelas dirilis.

Sampai ketemu tanggal 10 Februari!

 

PEMASARAN KELAS PRA-RILIS BERJENJANG

Kampanye pemasaran kelas Pra-Rilis bisa dilakukan secara berjenjang mengikuti waktu. Misal kelas anda akan dirlis tanggal 15 seharga Rp 100.000. Pada tanggal 1 anda menyebarkan kode kupon diskon 50% yang berlaku hanya sampai tanggal 3 dengan kuota pengguna kupon sebanyak 30 orang. Ini adalah kampanye pertama.

Kampanye kedua, pada tanggal 10 anda menyebarkan kupon diskon 25% yang berlaku sampai tanggal 14 dengan kuota 50 orang. Pada tanggal 15 kelas anda rilis dan semua seri (seri ke-2) terbuka sesuai jadwal. Lalu anda membagikan kupon diskon 10% untuk 100 pengguna.

Berikut adalah contoh copy writing yang bisa anda letakkan di laman depan.

(Kampanye 1)

Kelas akan dibuka tanggal 15 Februari 2018. Bergabung dan bayar sekarang dapatkan diskon harga 50% untuk early bird. Gunakan kode kupon DISKONHORE50. Kupon hanya berlaku untuk pembayaran yang dilakukan sampai tanggal 3 Februari 2018 dan terbatas hanya untuk 30 orang.

(Kampanye 2)

Kelas akan dibuka tanggal 15 Februari 2018. Bergabung dan bayar sekarang dapatkan diskon harga 25% untuk early bird. Gunakan kode kupon DISKONHORE25. Kupon hanya berlaku untuk pembayaran yang dilakukan sampai tanggal 14 Februari 2018 dan terbatas hanya untuk 70 orang.

(Kampanye Rilis)

Gunakan kode kupon DISKONHORE10 untuk diskon 10%. Kupon berlaku sampai 28 Februari 2018 dan terbatas hanya untuk 100 orang.

Sebelum kelas dirilis resmi, jangan lupa mengganti copy writing pada seri ‘Pengantar’ atau ‘Selamat Datang’.

Dalam jeda waktu antara kampanye ke-1 dan ke-2, anda bisa mengubah status kelas yang terbuka menjadi ‘Segera Dibuka’ melalui dashboard mentor pada menu ‘Harga’. Ketika kampanye ke-2 dimulai, mode ‘Segera Dibuka’ bisa anda non-aktifkan.

(Contoh informasi dalam masa jeda dalam status ‘Segera Dibuka’)

Kelas akan dibuka tanggal 15 Februari 2018. Kami akan memberikan kode kupon diskon 25% untuk early bird yang diumumkan di laman ini pada tanggal 10 Februari nanti.

Mengaktifkan mode ‘Segera Dibuka’ pada dashboard mentor. Pada mode ini kelas tidak bisa dibeli/dibayar dan dimasuki oleh siswa baru.

 

YANG PERLU DIPERHATIKAN

Dalam menjual kelas Pra-rilis, anda perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut.

Anda sudah harus tahu kapan tepatnya kelas tersebut akan dirilis resmi. Dengan menjual kelas Pra-rilis anda berkomitmen pada waktu penyelesaian konten. Sampaikan kepada calon siswa anda kapan dan tanggal berapa kelas akan dirilis. Jangan terlambat merilis kelas.

Jangan menurunkan harga resmi saat kelas rilis, hal ini akan mengecewakan para early bird karena mereka merasa kehilangan hak istimewa sebagai early adopter. Misal, saat menjual kelas Pra-rilis anda menyatakan harga resmi Rp 100.000 dan memberi diskon 50% kepada early bird, lalu anda mengubah harga resmi menjadi Rp 50.000 ketika kelas rilis. Hal ini akan mengecewakan early bird dan merusak reputasi anda.

Bila anda berencana melakukan beberapa tahapan campaign Pra-rilis, jangan samakan diskon antar tahap tersebut. Mereka yang membayar paling awal semestinya mendapatkan diskon paling banyak dibanding yang setelahnya.

 

PENARIKAN DANA KELAS PRA-RILIS

Arkademi ingin agar mentor mendapatkan penghasilan sebesar-besarnya dari kelas, termasuk menggunakan strategi kelas Pra-rilis ini. Namun harus diakui menjual kelas Pra-rilis adalah menjual janji, karena produk berupa konten pengajaran belum ada. Kami ingin kepentingan siswa tetap terlindungi. Karena itu, dana yang dihasilkan dari pembayaran kelas Pra-rilis akan disimpan dulu oleh Arkademi dan akan dikirimkan kepada mentor pada hari dimana kelas sudah dirilis secara resmi.

Karena itu mentor harus menginformasikan kepada Arkademi tanggal kelasnya akan dirilis. Penundaan mungkin terjadi. Karena itu Arkademi memberikan waktu kepada mentor paling lama 7 hari penundaan dari tanggal rilis yang dijanjikan. Melebihi batas waktu tersebut, kami akan mengembalikan secara penuh (full refund) pembayaran kepada siswa yang menginginkan refund.

 

BANTUAN PENUH

Arkademi adalah sebuah elearning platform D-I-Y (do it yourself) yang menyerahkan kontrol sepenuhnya kepada mentor dalam mengatur kelas dan kontennya dalam semua aspek. Kontrol itu dilakukan lewat dashboard mentor, antarmuka khusus untuk mentor dimana para mentor bisa membuat, menyetel, memasukkan konten, merilis, dan mengelola kelas mereka secara mandiri.

Namun, mungkin belum banyak orang yang terbiasa menggunakan dashboard learning management system (LMS) seperti ini. Arkademi sadar perlu waktu bagi mentor untuk mengadopsi dan beradaptasi pada dashboard mentor. Tapi Arkademi juga berkomitmen untuk melayani mentor dan mempermudah mereka, bukan mempersulit. Terutama mempermudah mentor mengeksekusi kelas mereka agar bisa segera rilis. Oleh karena itu, Arkademi menyediakan bantuan penuh kepada mentor pada semua aspek dan proses perancangan, penyetelan, pemasaran, dan rilis kelas. Apapun yang mentor butuhkan, pasti akan dibantu oleh Arkademi. Kami akan bekerja bersisian dengan para mentor untuk memastikan hadirnya kelas yang berkualitas dan bernilai tinggi untuk siswa.

Selamat mengajar dan menciptakan penghasilan baru tak terbatas dari kelas anda, serta menjadi inspirasi bagi orang banyak! (*)


© 2017-2019 PT Arkademi Daya Indonesia