CPNS 2021 Segera Dibuka! Siapkan Diri dengan 5 Hal Penting Berikut!

Pendaftaran tes CPNS 2021 sudah di depan mata. Segera siapkan diri dengan memperhatikan hal-hal penting berikut!

Pengumuman terkait rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2021 telah resmi dikeluarkan. Nantinya pengumuman formasi dan pendaftaran CPNS dijadwalkan berlangsung mulai akhir Maret hingga April 2021. Sebuah kabar gembira bagi Anda para pemburu kerja serta yang berminat untuk jadi abdi negara. Terlebih untuk tahun ini, pemerintah juga tak hanya membuka lowongan CPNS daerah dan pusat, tetapi juga PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja).

Jika mengacu pada data tahun sebelumnya (CPNS 2019), jumlah pelamar CPNS  bisa mencapai angka 5.056.585. Sebuah angka fantastis yang menunjukkan betapa profesi ini masih sangat digandrungi. Adanya jaminan masa depan karir dan hari tua masih menjadi alasan utama mengapa profesi abdi negara ini banyak diminati. Selain itu, menjadi PNS juga dianggap sebagai posisi aman karena tidak akan terkena imbas dari fluktuasi ekonomi. Bahkan, ketika negara sedang dalam kondisi krisis moneter pun, dampak ekonomi yang dirasakan oleh profesi ini takkan sebesar profesi lain.

Di sisi lain, banyaknya peminat juga menjadi tanda bahwa persaingan yang harus dilalui sangatlah ketat. Dalam satu formasi, pesaing Anda bisa berjumlah ratusan bahkan ribuan dan bisa berasal dari seluruh pelosok negeri. Dengan persaingan ketat seperti ini, tak heran jika para peserta mengerahkan segala daya dan upayanya untuk bisa lolos. Mulai dari mengikuti bimbel atau kursus, hingga ada pula yang percaya pada oknum-oknum berbayar agar bisa lolos dan menjadi ASN.

 

Nah, bagi Anda yang juga tertarik untuk mengikuti pendaftaran CPNS 2021, berikut persiapan penting yang harus diketahui:

  1. Mengetahui Tahapan dan Proses Seleksi

Untuk memudahkan persiapan mengikuti tes, pastinya Anda harus mengetahui tahapan dan proses seleksi. Anda harus paham seperti apa alur pendaftaran, jadwal pelaksanaan, hingga jenis tes atau seleksi yang akan dihadapi. Jangan sampai Anda ketinggalan informasi sehingga tidak tahu kapan seleksi dimulai atau bahkan ditutup. Jadi, usahakan untuk selalu memantau informasi melalui website atau media sosial resmi BKN atau instansi terkait.

  1. Persiapkan Diri

Jika Anda memang berniat mengikuti tes CPNS, alangkah baiknya jika memulai persiapan dari jauh-jauh hari. Hal ini tentu penting mengingat jumlah pesaing yang besar dan tidak boleh disepelekan.

Intinya, setelah ada informasi pasti terkait penerimaan CPNS, Anda sudah harus mempersiapkan diri dengan memperbanyak latihan. Mengacu pada tes tahun sebelumnya, setidaknya ada dua jenis tipe ujian yang harus dilalui, yakni; Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Kompetensi Bidang (SKB). Sedangkan untuk materi CPNS, secara garis besar berhubungan dengan Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

  1. Lengkapi Dokumen Persyaratan

Selain mempersiapkan diri dengan belajar, jangan lupa pula untuk menyiapkan segala dokumen persyaratan. Karena bagaimanapun, ini adalah syarat awal untuk bisa lolos tahap administrasi sehingga bisa mengikuti tes CPNS.

Silakan cek terlebih dulu dokumen apa saja yang dibutuhkan, dan jika ada yang belum lengkap, Anda bisa segera mengurusnya. Secara garis besar, dokumen yang dibutuhkan terdiri dari KTP, ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir, foto, dan sertifikat akreditasi kampus/program studi. Selebihnya, bisa tergantung masing-masing instansi.

Ketika akan mendaftar dan mengunggah, pastikan bahwa data yang diisikan sudah benar dan lengkap. Usahakan, jangan terlalu tergesa-gesa guna menghindari terjadinya kesalahan pendaftaran.

  1. Ikut Kursus atau Bimbel

Agar belajar bisa lebih optimal, tak ada salahnya jika Anda mengikuti kursus tes CPNS. Kini, beragam kursus telah tersedia, baik online maupun offline. Salah satu di antaranya adalah kursus CPNS yang disediakan oleh Arkademi.com; sebuah lembaga penyelenggara kursus online tepercaya di Indonesia.

Di sini, Anda akan dibimbing oleh mentor-mentor berpengalaman dan ahli di bidangnya. Latihan soal CPNS pun selalu diperbarui, sehingga akan memudahkan Anda belajar dan mempersiapkan diri. Dengan ikut kursus tes CPNS online ini, Anda juga bisa mengukur kemampuan dan bisa terus meningkatkannya.

  1. Jaga Kesehatan, Berdoa, dan Optimis

Terakhir, ketika menjelang tes, jangan lupa untuk jaga kesehatan, makan makanan yang bergizi, jaga pola tidur,  senantiasa berdoa, dan bangun rasa optimis. Semoga bermanfaat dan salam sukses!

© 2017-2021 PT Arkademi Daya Indonesia