Panduan Mobile App Arkademi

1. REGISTRASI

Untuk dapat mengakses dan belajar secara online di Arkademi anda harus lebih dulu memiliki akun Arkademi. MPM Rent telah memilih karyawan yang diikusertakan dalam program online learning MPM Rent di Arkademi. Bila anda termasuk dalam karyawan yang terpilih tersebut, Arkademi dan MPM Rent telah mendaftarkan dan membuatkan anda akun Arkademi. Sehingga anda tak perlu lagi mendaftar atau membuat akun Arkademi.

Silakan cek email MPM Rent anda dan baca email notifikasi dari Arkademi. Di dalamnya terdapat username dan password akun Arkademi anda. Gunakan akun tersebut untuk Login atau Masuk ke Arkademi. Password anda tersebut dibuat otomatis oleh sistem. Silakan melakukan penggantian password dengan mengklik tautan yang tersedia pada email.

2. MENGINSTALL APLIKASI

Download dari install mobile app ANDROID Arkademi di Google Playstore. Cari dengan kata kunci ARKADEMI. Untuk saat ini mobile app baru tersedia untuk Android.

3. LOGIN

Login atau masuk dengan akun Arkademi anda seperti tertera pada email sebelumnya. Tekan ikon PROFILE di sudut kanan bawah atau ikon TAMU di atas.

Isi alamat email anda sebagai USERNAME dan password yang anda diterima di email sebagai PASSWORD (bila anda belum menggantinya). Kemudian tekan tombol MASUK.

Karena anda didaftarkan menggunakan email MPM Rent, maka JANGAN LOGIN dengan menekan tombol Facebook, Google, atau Daftar.

Bila anda berhasil Login, maka tampilan halaman utama akan berubah dan menampilkan nama anda di bagian atas. Anda bisa ke menu Profile untuk memeriksa apakah anda login dengan akun email MPM Rent atau tidak.

 

Bila anda lupa password, cek kembali email anda sebelumnya atau tekan tulisan Lupa Password. Lalu isi alamat email MPM Rent anda (bukan email pribadi non-MPM). Anda akan mendapatkan notifikasi email untuk mereset password. Reset password anda melalui tautan di email yang anda terima, kembali ke aplikasi, lalu login dengan password baru anda.

4. KELAS SAYA

Untuk melihat kelas yang anda ikuti atau kelas dimana anda telah didaftarkan, tekan menu KELAS SAYA. Bila halaman menu ini kosong, artinya anda belum mengikuti atau dimasukkan ke kelas. Khusus untuk kelas MPM Rent, terdapat jadwal dimulainya kelas. Tekan tombol Refresh di bagian atau untuk menyegarkan halaman.

5. MASUK KE KELAS

Untuk dapat bergabung dan masuk ke kelas MPM Rent, anda harus lebih dulu terpilih sebagai siswa yang ditentukan oleh MPM Rent (silakan mendapatkan informasinya dari PIC MPM Rent).

Anda akan mendapatkan notifikasi email dari Arkademi bahwa kelas MPM Rent yang akan anda ikuti telah dibuka. Buka aplikasi, pergi ke menu KELAS SAYA (atau lakukan Refresh). Kelas yang anda ikuti terdapat di dalamnya. Tekan tombol MULAI KELAS.

 

Atau anda bisa juga memilih menu KORPORAT di halaman depan, lalu pilih kelas dimana anda sudah bergabung, lalu tekan tombol MULAI KELAS.

PERHATIAN: Setiap kelas MPM RENT memiliki durasi belajar. Yakni jumlah hari yang anda gunakan untuk menyelesaikan seluruh materi ajar dan kuis di kelas online. Bila durasi belajar habis, maka anda tidak bisa lagi masuk ke dalam kelas (kadaluwarsa).

6. MULAI BELAJAR

Pertama kali anda masuk ke dalam kelas akan tampak KURIKULUM yang mencantumkan seri-seri ajar dan kuis. Seri aja yang BELUM ANDA IKUTI akan menampilkan bulatan kosong. Anda harus belajar secara BERURUTAN DARI SERI TERATAS lalu lanjut ke seri-seri berikut di bawahnya. Anda TIDAK BISA MELOMPATI seri ajar tanpa menyelesaikan seri sebelumnya.

7. BELAJAR DI SERI AJAR

Seri ajar di Arkademi berbentuk VIDEO DAN TEKS.

Untuk seri ajar video, tekan tombol PLAY untuk menyaksikan seri ajar. Tontonlah seri ajar sampai tuntas. Materi pada seri ajar akan diujikan pada kuis.

Anda membutuhkan koneksi internet yang cukup dan stabil agar video bisa berjalan secara baik dan lancar.

Tekan menu layar pada video player untuk membesarkan video.

Beberapa seri juga hanya menampilkan teks. Silakan membaca dan mencermati seri ajar teks tersebut.

PERHATIAN: Bila aplikasi terasa lambat artinya smart phone anda kekurangan/kehabisan memory RAM. Untuk mengatasinya, KELUAR DARI APLIKASI (tidak perlu logout) lalu kembali ke aplikasi dan masuk ke kelas melanjutkan belajar.

8. MENYELESAIKAN SERI AJAR

Ketika anda sudah selesai menyaksikan video sebuah seri ajar atau membaca teks ajar, tekan TOMBOL MERAH di bagian bawah sebagai tanda anda telah MENYELESAIKAN materi ajar tersebut. Tombol merah akan otomatis berubah menjadi ikon hijau tercentang dan berpindah ke seri ajar berikutnya.

Tombol merah wajib ditekan sebagai tanda bahwa anda telah menyelesaikan seri ajar tersebut.

Tekan tombol KURIKULUM di sisi kiri untuk melihat kurikulum. Di sana akan tampak seri-seri yang sudah anda selesaikan dan belum. Seri yang sudah selesai akan tercentang. Seri yang belum anda selesaikan akan tampak bulatan kosong.

9. MENJEDA BELAJAR

Anda bisa keluar dan masuk kembali ke dalam kelas kapanpun selama masih dalam durasi belajar. Silakan keluar dari kelas atau seri ajar kapan saja, dan masuk kembali ke dalam kelas ketika anda sudah siap belajar.

PERINGATAN: Menjeda belajar hanya bisa dilakukan di seri ajar, BUKAN KUIS. Anda tidak boleh keluar dari kelas ketika sedang mengerjakan kuis.

10. MENGERJAKAN KUIS

Kuis akan menguji pemahaman anda pada materi ajar. Skor kuis akan menentukan lulus atau tidaknya anda dalam kelas yang anda ikuti. Tiap kelas memiliki nilai minimal kelulusan (passing grade) yang diambil dari skor kuis anda. Tiap kuis juga diberi waktu.

PERINGATAN: Hanya diberikan kesempatan 1 KALI mengikuti kuis, dan skor kuis menentukan kelulusan anda. Karena itu pastikan anda sudah BENAR-BENAR SIAP dan fokus dalam mengerjakan kuis. JANGAN MEMULAI KUIS hanya karena anda ingin mencobanya.

Tekan tombol PLAY untuk memulai kuis. Pilihlah jawaban yang anda anggap benar. Ingatlah bahwa anda memiliki durasi untuk menyelesaikan kuis ini.

PERINGATAN: JANGAN MENINGGALKAN KUIS di tengah-tengah atau TANPA MENGUMPULKAN KUIS. Ketika anda meninggalkan kuis tanpa mengumpulkannya, waktu kuis akan terus berjalan. Kuis akan selesai dengan sendirinya saat anda meninggalkannya. Ketika waktu habis dan anda tidak mengumpulkan kuis, anda akan MENDAPATKAN NILAI 0.

Lihat progress bar di atas untuk memastikan bahwa anda telah sampai di akhir pertanyaan kuis. Bila anda sudah selesai, tekan tombol KUMPULKAN. Skor kuis anda akan tampak. Untuk lanjut, tekan tombol panah di bagian kanan bawah.

PERINGATAN: Mengerjakan kuis tanpa menekan tombol KUMPULKAN atau karena KEHABISAN WAKTU, akan membuat skor kuis 0.

11. MENYELESAIKAN KELAS

Ketika anda telah menyelesaikan semua materi ajar dan kuis, anda bisa MENYELESAIKAN KELAS. Pastikan progress belajar anda sudah 100% dan semua seri ajar dan kuis pada kurikulum sudah tercentang. Kemudian tekan tombol SELESAIKAN KELAS.

Bila anda telah menyelesaikan kelas dan mendapat skor kuis yang memenuhi nilai minimal kelulusan (passing grade), anda akan mendapatkan SERTIFIKAT ELEKTRONIK dan LENCANA. Siswa yang tidak menyelesaikan kelas atau tidak memenuhi passing grade tidak mendapat sertifikat elektronik dan lencana.

Ketika anda menyelesaikan kelas, sebuah email notifikasi akan terkirim yang menginformasikan nilai kelas yang anda capai.

12. STATISTIK

Anda bisa melihat skor kuis anda di bagian PROFILE > NILAI.

13. SERTIFIKAT

Bila anda telah menyelesaikan kelas dan mencapai nilai minimal kelulusan (passing grade), anda akan mendapatkan sertifikat elektronik dan lencana.

Untuk saat ini sertifikat hanya bisa dilihat dengan baik dan di-download melalui LAPTOP/PC. Anda harus mengaksesnya lewat Arkademi.com, login dengan akun anda, lalu pergi ke menu PROFILE pada website Arkademi. Untuk mendownload, tekan tombol ikon PDF pada sertifikat yang tampil.

TAMBAHAN:

Bila aplikasi berjalan lambat, anda bisa membersihkan cache aplikasi lewat PROFILE > SETTING > BERSIHKAN CACHE. Atau keluar sesaat dari aplikasi (tanpa harus logout) lalu masuk kembali.

Bila kelas yang anda ikuti tidak tampak di menu KELAS SAYA atau progress belajar anda tidak sesuai dengan yang sudah anda lakukan, kemungkinan karena data anda belum tersinkron. Pergi ke PROFILE > SETTING > SINKRONKAN DATA.

© 2017-2019 PT Arkademi Daya Indonesia