8. Format

Sebagai platform teknologi pengajaran online, Arkademi memiliki fleksibilitas dalam format pengajaran. Format adalah jenis media digital yang anda gunakan dalam kelas. Di bawah ini adalah format yang dapat diakomodir oleh Arkademi. Anda bisa memilih salah satu atau mengkombinasikannya.

VIDEO TALKING HEAD (VTH)
Video dimana anda berbicara kepada siswa. Dalam video dapat anda susupi slide, gambar, teks, atau video yang menyorot ke objek lain.

VIDEO SCREENCAST (VSC)
Video tangkapan layar yang disertai suara mentor. Video ini umumnya digunakan dalam pengajaran yang berhubungan dengan komputer.

VIDEO SLIDE (VS)
Slide presentasi yang anda buat kemudian dijadikan dalam bentuk video yang disertai suara anda dalam menjelaskan isi slide.

SLIDE (S)
Slide presentasi dalam bentuk power point atau PDF tanpa suara. Slide dipindah secara manual oleh siswa.

ARTIKEL (A)
Gabungan teks, gambar, dan foto yang anda masukkan ke dalam kelas untuk dibaca oleh siswa.

KUIS (K)
Mentor dapat membuat kuis di dalam kelas dengan berbagai bentuk pertanyaan: pilihan ganda, salah-benar, jawaban singkat, atau jawaban panjang. Kuis pilihan ganda dan salah-benar dapat dinilai secara otomatis. Sedangkan untuk kuis jawaban singkat atau panjang harus dinilai secara manual oleh mentor melalui dashboard mentor.

LATIHAN (L)
Mentor bisa meminta siswa untuk berlatih dengan materi yang sudah diajarkan. Misalnya pemecahan sebuah studi kasus yang jawabannya akan mereka isi, kirimkan melalui kelas, dan anda periksa secara manual.

TUGAS (T)
Mentor bisa memberikan tugas yang harus diselesaikan siswa dan dikirimkan melalui kelas. Misalnya menugaskan siswa membuat rancangan pemasaran untuk 1 tahun.

RESOURCE (R)
Resource adalah dokumen yang mentor sertakan dalam kelas untuk diunduh oleh siswa. Misalnya template, powerpoint, PDF, atau aplikasi.

MEMILIH FORMAT

1. Format yang paling digemari adalah dalam bentuk video talking head dan audio visual (screen cast, video slide). Pada prinsipnya, format yang menggabungkan gambar bergerak dan suara adalah yang paling disukai. Arkademi bisa mengakomodir hampir semua format media digital.

2. Pertimbangkan untuk memilih format yang anda kuasai, bisa selesai dengan cepat dan membutuhkan biaya minimal.

3. Gunakan aplikasi atau peralatan pembuatan format yang sudah anda miliki atau kuasai, atau aplikasi baru yang bisa dengan cepat anda kuasai. Sebisa mungkin hindari berinvestasi terlalu besar dalam pembuatan konten kelas bila anda tidak terlalu yakin akan mendapatkan siswa dalam jumlah besar.

4. Anda akan diajarkan cara membuat konten masing-masing format pada bagian Membuat Konten.

© 2017-2019 PT Arkademi Daya Indonesia